Bismillahirahmanirahim
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Mengupaya semaksimal mungkin dan tetap mempertahankan pelanggan anda puas adalah kunci sukses usaha anda. Apapun usaha anda baik menjual produk atau memberikan pelayanan atau service, tentu mengupayakan agar pelanggan puas dengan apa yang anda berikan. Kepuasan pelanggan adalah titik sentral bagaimana masa depan bisnis anda. Pelanggan puas apa yang anda sajikan adalah jaminan sukses masa depan bisnis, pelanggan kecewa adalah proses menuju kehancuran bisnis.
Percayalah pelanggan pasti akan berbicara terhadap produk atau jasa anda. Berbicara pada keluarga mereka sendiri maupun orang lain. Mereka puas pasti mereka akan rekomendasi bisnis anda kepada teman-teman mereka, sebaliknya mereka akan mencegah ketika teman mereka akan pergi ke bisnis anda. Pelanggan memang bagaikan virus pemasaran, baik atau tidaknya virus pemasaran ini tergantung bagaimana cara melayani pelanggan.
Menjaga pelanggan puas melebihi harapan mereka sendiri adalah fokus utama bisnis anda. Pelanggan puas adalah sarana promosi gratis punya efek dahsyat. Jika anda berharap untuk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, beberapa tips sukses memuaskan pelanggan adalah sebagai berikut :
Pastikan anda memahami
secara menyeluruh dari apa yang pelanggan inginkan dari produk atau jasa yang
anda berikan. Gunakan inforamsi seakurat mungkin. Mencari alasan pelanggan
datang ke bisnis, beberapa keinginan mereka. Gunakan informasi tersebut sebagai
kendali mutu untuk bisnis anda dan sebagai rencana bisnis untuk tindakan
ataupun solusi tepat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
2. Akses
2. Akses
Orang-orang ingin
kemudahan dalam melakukan bisnis atau menghubungi sewaktu-waktu dengan anda.
Menawarkan beberapa metode komunikasi (telepon, SMS, web, atau call center)
bagaimana pelanggan selalu terhubung dengan anda. Memastikan pelanggan
merasakan pengalaman adalah cepat, efisien, mudah dan menyenangkan pada bisnis
anda.
3. Menghormati
3. Menghormati
Setiap pelanggan adalah
seorang manusia yang menginginkan seseorang mengerti dan menanggapi atas
kebutuhan mereka. Seorang pelanggan membutuhkan pengakuan dengan memperlakukan
mereka secara hormat untuk mendapatkan kepercayaan mereka atau juga pada bisnis
mereka. Selalu menyapa dengan menyebut nama pelanggan.
4. Personalisasi
4. Personalisasi
Seorang pelanggan
selalu ingin bahwa mereka adalah orang istimewa. Membuat hubungan seperti teman
atau keluarga, tahu hari-hari istimewa bagi pelanggan atau keluarga mereka. Membantu
memberi saran, memberi sesuatu secara spesifik khusus buat pelanggan adalah
hal-hal penting untuk menjalin hubungan atau keakraban secara personal.
5. Merampingkan
5. Merampingkan
Saat memberikan produk
atau pelayanan dilakukan secara efisien dan otomatis. Selalu memiliki panduan,
bimbingan atau konfirmasi pada akhir proses penyerahan untuk memastikan bahwa
tanggapan pelanggan, order, pelayanan dan lainnya telah diselesaikan atau
dipenuhi. Selalu memiliki pilihan bila ada masalah saat penyerahan akhir.
6. Melacak Informasi
6. Melacak Informasi
Membuat basis
pengetahuan sehingga pelanggan tidak perlu berulang kali memberikan kontak
mereka, produk, atau rincian masalah. Membuat database terhadap pelanggan
sehingga dengan mudah mengetahui siapa pelanggan anda, rumah, keluarga, hari
istimewa, produk/jasa mereka, rincian masalah mereka, sehingga anda tidak perlu
menanyakan segala sesuatunya pada pelanggan secara berulang kali.
7. Sasaran
7. Sasaran
Menggunakan data yang
proaktif dan menggunakannya untuk tujuan yang ditargetkan. Gunakan pendekatan
kepada pelanggan yang mungkin paling tertarik atas produk atau layanan.
Pilihlah sasaran tepat, waktu tepat dan tempat tepat. Jangan mencoba untuk
menjual produk yang sama atau layanan untuk seluruh basis pelanggan.
8. Memberdayakan
8. Memberdayakan
Memberdayakan karyawan
khusus untuk menyelesaikan masalah di tempat, termasuk diskon atau menawarkan
layanan khusus untuk mempertahankan pelanggan, jika pesaing memiliki beberapa
keunggulan dari bisnis kita.
9. Mudah Melakukan Bisnis
9. Mudah Melakukan Bisnis
Beberapa tips sukses memuaskan pelanggan ini adalah langkah-langkah penting yang dapat anda kerjakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan. Memberikan solusi yang tepat atas masalah mereka melebihi harapan mereka sendiri adalah sukses untuk bisnis anda. Bisnis pada hakekatnya adalah mengatasi masalah.
Semoga bermanfaat adanya.
Wassalam,
Salam sejahtera selalu,
Mas Heru
Dikutip dari : SUMBER
Disponsori oleh : PULSAGRAM
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan beri tanggapan dan komentar karena komentar teman-teman sangat berarti untuk saya dalam rangka perbaikan dan pengembangan blog ini.