Minggu, 27 Oktober 2013

Emotional Branding

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillahirahmanirahim



Pagi ini (27 Oktober 2013) ketika membaca harian SOLOPOS, bukan artikel tentang SBY imbau kader blusukan atau Mengaku bodoh, Jokowi tolak Dr.H.C. yang menarik perhatian saya, memang saya baca tapi hanya sekilas. Justru saya tertarik dengan artikel di halaman VII dengan judul : Emotional Branding Itu Penting. Istilah apa lagi ini ?  Kalau soal brand, branding, product branding maupun personal branding tentunya teman-teman pernah membaca di blog maupun website, bahkan ada juga di blog sederhana saya ini. Tapi Emotional branding ? Terminologi baru atau saya yang ketinggalan wacana yaaa....???

Dalam artikel di harian tersebut sebagian saya kutipkan tertulis seperti ini : ".....Konsultan bisnis nasional, Yuswohady, mengungkapkan bila branding dilakukan untukproduk fungsional saja, maka produk itu gampang ditiru. Namun, bila branding yang dilakukan juga menampilkan produk dengan emotional experience (emotional branding), menurut Yuswo, sapaan akrabnya, maka produk itu tidak bisa ditiru atau dibajak...." 

Lebih lanjut Yuswo memberikan 4 strategi jitu untuk mengalahkan pasar global tanpa harus khawatir produknya dibajak.

1. Smart Challenge, yakni sebuah produk yang nyeleneh dan unik

2. Local  Challenge, menampilkan warna lokal sebagai trend produk. 

3. Global Chaser, produk harus bisa lari ke luar negeri. Ekspor bukan satu-satunya jalan agar produk dinikmati sampai luar negeri, tapi bisa memanfaatkan jaringan orang Indonesia di luar negeri.

4. National Champagne, yakni dengan menggunakan identitas Nusantara, seperti batik dan sebagainya.....demikianlah tutur Yuswo.

Pertanyaaan saya waktu membaca artikel ini adalah apa sih Emotional Branding itu ? akhirnya saya dapatkan ilmunya setelah googling, sebuah kebiasaan yang saya lakukan bila butuh tambahan wacana baru....hehehehe....kelihatan bodoh banget ya sob.....



Emotional branding menyediakan alat serta metodologi untuk menghubungkan produk ke konsumen secara emosional dengan cara yang mangagumkan. Emotional branding memfokuskan pada aspek yang paling mendesak dari karakter manusia; keinginan untuk memperoleh kepuasan material, dan mengalami pemenuhan emosional. Suatu merk berada pada posisi yang unik untuk memperoleh aspek-aspek ini, karena merk dapat memanfaatkan dorongan-dorongan aspirasional yang mendasari motivasi manusia.

Demokrasi konsumen telah menjadi sebuah isu yang semakin menuntut perhatian. Kesalahan konsep terbesar dalam strategi branding adalah keyakinan bahwa branding berkaitan dengan pangsa pasar, padahal branding sesungguhnya berkaitan dengan”pangsa pasar dan emosi”.

Emotional branding adalah saluran dimana orang secara tidak sadar berhubungan dengan perusahaan dan dengan produk dari perusahaan tersebut dalam suatu metode yang mengagumkan secara emosional. Merk menjembatani kesenjangan antara penyedia(provider) dan penerima(receiver); antara otoritas dan kebebasan. Merk adalah mengenai kepercayaan dan dialog.

 
Emotional branding yang kuat dihasilkan dari kemitraan dan komunikasi. Membangun emosi yang tepat adalah investasi terpenting yang biasa dilakukan pada suatu merk. Hal tersebut adalah janji yang dibuat kepada konsumen, yang memberikan akses kepada mereka untuk menikmati dunia merk tersebut.

Empat pilar penting dari emotional branding :

1. Hubungan

tentang menumbuhkan hubungan yang mendalam dan menunjukkan rasa hormat pada jati diri konsumen yang sebenarnya, serta memberikan mereka pengalaman emosional yang benar-benar mereka inginkan.

2. Pengalaman pancaindera

suatu area yang sangat besar dan belum dieksplorasi sepenuhnya, dan juga merupakan tambang emas potensial untuk merk pada abad ke-21.

3. Imajinasi

dalam penetapan desain merk, adalah upaya membuat proses emotional branding menjadi nyata.tantangan untuk merk masa depan adalah menemukan cara yang langsung maupun tersirat untuk tetap dapat mengejutkan dan menyenangkan konsumen.

4. Visi

faktor utama kesuksesan merk dalam jangka waktu panjang. merk berkembang melalui suatu daurhidup yang alami dalam pasar dan untuk menciptakan serta memelihara keberadaannya dalam pasar, merk harus berada dalam kondisi keseimbangan sehingga bisa memperbarui dirinya kembali secara terus menerus. ( 1 )

Semoga bermanfaat adanya.

Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

M C Heru Purnomo

Owner of Duta Synergy
Owner of DUTA DEXON

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan beri tanggapan dan komentar karena komentar teman-teman sangat berarti untuk saya dalam rangka perbaikan dan pengembangan blog ini.