Selasa, 02 April 2013

Idealnya Makan Buah, Sebelum Atau Sesudah Makan ?

Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Makan buah-buahan adalah cara terbaik untuk meningkatkan energi karena mengandung gula alami dan karbohidrat yang sehat, serta nutrisi lainnya yang bisa menjadi bahan bakar tubuh. Buah-buahan tidak hanya memberikan serat yang cukup untuk tubuh tetapi juga bisa memberikan energi tambahan karena kandungannya yang berfungsi sebagai peningkat energi.

Pada umumnya, konsumsi buah dilakukan usai memakan makanan berat seperti nasi dan sebagainya dengan istilah pencuci mulut. Terkadang para orang tua melarang anaknya makan buah sebelum makan karena khawatir dapat menyebabkan sakit perut. Mereka beranggapan bahwa konsumsi dalam keadaan perut kosong atau sebelum diisi dengan makanan berat merupakan hal yang menyalahi aturan pola makan karena akan berdampak tidak baik bagi tubuh. Apakah anggapan tersebut tepat dengan aturan konsumsi kebutuhan gizi yang benar?

Ternyata makan buah-buahan juga ada aturan mainnya. Buah-buahan kaya akan serat dan berbagai macam vitamin. Konsumsi buah harus mengikuti pola makan yang baik dan pada waktu yang tepat. Namun tidak banyak orang yang tahu kapan waktu makan buah yang benar, sebelum makan ataukah sesudah makan? Tentu ada saat yang tepat untuk menyantap buah, dan dinilai baik untuk kesehatan. Lalu seperti apa waktu yang tepat menikmati buah?

Buah yang kita nikmati biasanya akan memberikan efek segar, akan tetapi tentu tak hanya dirasakan sebatas pada kesegarannya saja, namun sekaligus harus didapatkan pula manfaatnya. Setelah bahan pangan yang mengandung karbohidrat seperti nasi atau bahkan roti masuk ke dalam tubuh maka akan diproduksi L-Tryptophan, yaitu asam amino yang menjadi bahan dasar terbentuknya Niacin, dan vitamin B.

Niacin yang terbentuk akan digunakan dalam pembuatan serotonin yang merupakan zat penghantar sinyal di otak. Serotonin itu sendiri berfungsi sebagai zat yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan menyebabkan kita mudah tertidur. Makanan yang kaya karbohidrat akan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, sehingga digunakan sebagai penyimpan cadangan makanan di dalam tubuh.

Berbagai jenis asam amino terdapat di dalam tubuh kita. Selanjutnya beberapa asam amino lain yang tadinya terkandung di dalam darah, bersama-sama dengan L-Tryptophan, akan masuk ke dalam sel otot sehingga terjadi peningkatan pada konsentrasi relatif L- Tryptophan dalam darah. Keadaan seperti ini mengakibatkan serotonin yang terbentuk membuat kita mengantuk. Itulah mengapa sebabnya setelah makan berat biasanya akan membuat kita mengantuk dan ingin segera tidur.

Buah merupakan sumber bahan makanan yang mengandung fruktosa sehingga dapat berpengaruh dan menimbulkan peningkatan kadar insulin. Oleh karena itu, waktu makan buah yang baik dianjurkan sebelum makan nasi karena untuk menghindari kerja berat dari pankeras yang menghasilkan insulin. Apabila konsumsi buah dilakukan setelah makan makanan berat misalnya nasi, pankreas akan bekerja berat untuk mengolah nasi dan protein yang ada dalam lauk pauk bahkan memerlukan waktu berjam-jam. Buah yang sudah berada di dalam saluran pencernaan di perut akan mengalami proses antrian yang panjang untuk diproses sehingga menjadi busuk karena buah bersifat tak tahan lama.

Menurut penelitian Dr Stephen Carr Leon, beliau pernah melakukan pengamatan selama 8 tahun di Israel. Hasil yang ia dapatkan menunjukkan bahwa orang Yahudi (Israel) terkenal cerdas karena salah satunya mereka sangat menjaga pola makan, yaitu dengan membiasakan makan buah sebelum makan nasi. Selain itu, mereka sangat menjaga prinsip untuk tidak makan daging dan ikan secara bersamaan. Stephen juga menyebutkan bahwa anak-anak di negara ini dibiasakan untuk makan buah-buahan dahulu sebelum hidangan utama. Maka jangan heran jika dalam jamuan makan di rumah mereka, dihidangkan buah-buahan terlebih dahulu. Menurut mereka, dengan memakan hidangan kabohidrat (nasi atau roti) terlebih dahulu kemudian diikuti dengan menyantap buah-buahan akan menyebabkan kita merasa ngantuk. Hal ini dapat mengakibatkan kondisi tubuh menjadi sangat lemah dan sulit untuk memahami pelajaran di sekolah.

Banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan mengonsumsi buah secara teratur. Buah kaya akan serat, vitamin, mineral dan yang terpenting adalah zat warna buah (phytochemicals) sebagai antioksidan. Buah merupakan alat untuk detoksifikasi dan penyedia gula alami. Bila dimakan dengan cara yang benar, maka buah akan sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Makan 3 porsi buah setiap hari bisa membersihkan tubuh dari racun dan membantu sistem pencernaan.

Ditinjau dari sisi yang berbeda, menurut Dr Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI-RSCM dalam artikelnya, mengemukakan bahwa sistem pencernaan manusia sudah diciptakan dengan sempurna. Maka makan buah dapat dilakukan kapan saja, baik sebelum atau sesudah makan.

Berkaitan dengan pernyataan tersebut, tentu harus ada penyesuaian antara kondisi tubuh dengan waktu yang dirasa baik dan sesuai untuk mengkonsumsi buah. Apabila seseorang tidak memiliki permasalahan pada lambung, maka waktu makan buah sebelum makan akan memberi hasil terbaik. Hal ini akan membuat nutrisi dalam buah akan lebih banyak terserap oleh tubuh. sama halnya bagi orang yang ingin menurunkan berat badan, makan buah sebaiknya dilakukan sebelum makan, sehingga perut cepat merasa kenyang.

Tapi berbeda aturannya untuk orang yang memiliki penyakit tertentu seperti peradangan pada lambung atau lebih dikenal dengan sakit maag, sebaiknya memakan buah sesudah makan agar tidak menaikkan asam lambung.

Ada beberapa cara untuk memaksimalkan penyerapan nutrisi dari buah bagi tubuh kita, yakni dalam keadaan perut kosong kemudian beri jeda sekitar 30 menit sebelum memakan makanan lainnya. Namun tak ada salahnya jika kita tetap ingin mengkonsumsi buah setelah makan, hanya saja perlu diperhatikan tenggang waktu sekitar 3 jam sebelum menyantap buah. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya masuk ke dalam tubuh sudah dicerna dengan baik.

Mengkonsumsi buah di pagi hari merupakan hal yang tepat untuk dijadikan suatu kebiasaan yang baik. Hal ini dapat membantu meningkatkan gula darah secara perlahan tanpa tergesa-gesa karena sistem pencernaan yang telah beristirahat sepanjang malam. Tak heran restart lembut yang paling baik adalah dengan cara makan buah. Oleh karena itu, makan buah sebagai pencuci mulut tidak memberi hasil terbaik untuk tubuh, meski tetap saja harus disesuaikan dengan kondisi tubuh setiap individu, mengingat adanya permasalahan pada lambung yang banyak terjadi di masyarakat. Setelah waktu yang baik dan tepat untuk konsumsi buah, semuanya kembali kepada diri kita sendiri. Mana yang akan kita pilih untuk memulai pola hidup sehat menjadi kebiasaan yang baik serta sesuai dengan kondisi tubuh untuk memenuhi gizi seimbang bagi tubuh kita?. (Sumber : Kompasiana)

Secara khusus detik health juga memberikan saran dan alasan mengapa kita harus  mengkonsumsi buah-buahan sebelum makan besar, seperti yang dilansir dari Boldsky, Kamis (21/2/2013) berikut ini :


1. Mengonsumsi buah-buahan sebelum makan bisa membantu menurunkan berat badan. Bila Anda mengonsumsinya setelah makan, maka butuh waktu sekitar 3 jam untuk mencernanya. Oleh karena itu, konsumsilah buah 20-30 menit sebelum makan.

2. Karena tubuh tidak mendapat makanan apapun selama 8-9 jam saat tidur, maka dianjurkan mengonsumsi buah setiap pagi sebelum sarapan. Cara ini akan membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Makan buah adalah cara lembut untuk memulai hari Anda.

3. Hindari mengonsumsi buah sebagai lauk makanan. Demikian juga, makan buah sebagai dessert atau pencuci mulut tidak akan memberikan hasil terbaik bagi tubuh, apalagi bila dicampur dengan salad tinggi gula atau es krim.

4. Hindari mengonsumsi buah kaleng, buah beku atau buah-buahan yang diproses seperti jus. Buah-buahan seperti ini biasanya lebih banyak mengandung gula, pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang berbahaya bagi tubuh.

5. Makan buah-buahan yang sehat setiap pagi pada kondisi perut kosong (sebelum sarapan), membantu tubuh untuk menyerap semua nutrisi penting yang diperlukan dan ditemukan dalam buah-buahan.
(Sumber : Detik Health)


Bila ingin tetap sehat ada baiknya kalau kita perhatikan dan laksanakan saran dalam mengkonsumsi buah-buahan diatas. Ada cara yang mudah untuk mengambil manfaat dari sari buah ini, yaitu dengan cara mengkonsumsi suplement yang benar-benar aman untuk dikonsumsi oleh tubuh kita. Dengan didahului oleh research bertahun-tahun di laboratorium sendiri, dilakukan oleh para pakar peraih hadiah nobel, diproses dengan tehnologi yang modern, maka Synergy WorldWide mempersembahkan beberapa produk yang bahan dasarnya adalah buah-buahan. Ada beberapa produk dari Synergy ini yang memiliki bahan dasar buah seperti :

1. Nutriburst


Keseluruhan kandungan NutriBurst adalah alami yang berasal dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kandungannya kaya dgn enzim alami, flavonoids serta phytonutrient yg sangat bermanfaat buat mempertahankan tubuh selalu sehat karena dapat memberantas infeksi kronis.

NutriBurst berguna buat mencukupi nutrisi harian serta mencegah penyakit. Produk ini sangat bermanfaat buat orang yg sedang melaksanakan program manajemen berat badan dan dalam masa penyembuhan penyakit. Para pakar kesehatan percaya bahwa mengkonsumsi makanan yang salah dapat menurunkan kualitas kesehatan bahkan menimbulkan penyakit. Tubuh perlu makanan yg berserat. Serat membantu usus besar berfungsi normal. Sehingga serat penting untuk ditingkatkan dalam makanan kita.
Keseimbangan vitamin, mineral, nutrisi penambah energi serta 18 macam sumber serat disediakan oleh NutriBurst Synergy.

Nutriburst dapat memberikan kesehatan yang prima dengan meningkatkan kesehatan pencernaan serta usus besar. Nutriburst juga menjamin anda mendapat kecukupan essensial harian tanpa memperhatikan makan lain yang anda pilih untuk dikonsumsi.

Jika anda tidak mendapat paling sedikit 6 porsi dari roti gandum, 3 porsi sayur sayuran, 2 porsi buah buahan dan 2 porsi susu dan protein setiap hari, anda harus serius mempertimbangkan pemakaian Nutriburst dalam makanan anda. Pastikan anda mendapat nutrisi dengan serat tinggi terbaik.

2. Mistica 

 

Acai Berry merupakan kandungan utama Mistica yang dapat mengatasi ancaman radikal bebas dengan kekuatan antioksidan alami berupa antosianin. Antosianin merupakan salah satu jenis antioksidan sangat kuat, yang merupakan pigment/zat warna yang dapat ditemukan di buah berry, anggur merah, dan makanan sehat lainnya.


Sebagai tambahan kekuatan antioksidan, acai juga mengandung kandungan alamiah dari asam lemak essensial, asam amino, dan sterol tumbuhan, dimana kesemua senyawa tersebut mirip dengan sterol. Sterol membantu menjaga kadar kolesterol agar tetap dalam kadar normal. Selain itu juga bermanfaat untuk memelihara kesehatan prostat dan membantu sistem imun.


Sekarang, dengan paduan buah yang luar biasa dari Mistica Synergy, anda dapat menikmati cita rasa alami dan kekayaan kehidupan dari makanan sempurna ini. Masukan satu takar Mistica dalam porsi harian diet makanan akan membantu meningkatkan vitalitas,secara bersamaan memperkuat sistem imun dan kesehatan kardiovaskular. Mistica merupakan sari makanan para dewa yang sesungguhnya.


Paduan buah yang terdapat pada Mistica berisi:


- Antioksidan 
Membantu melawan keruskan sel akibat radikal bebas dan antipenuaan dini
 
- Antosianin


Menyokong sistem kardiovaskular

- Asam Lemak Essensial
Membantu fungsi saluran pencernaan
 
- Fitosterol


Membantu menjaga kadar normal kolestrol dan kesehatan prostat

- Asam Amino
Meningkatkan aktivitas otot

3. Noni Supreme 


Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti dan ilmuwan Synergy, ditemukan bahwa didalam buah noni terkandung lebih dari 140 komponen medis aktif seperti Pro-Xeronin yang diubah menjadi Xeronin didalam usus  yang berfungsi membantu aktivasi enzim dan struktur protein dan proses perbaikan sel-sel tubuh manusia. Selain itu Antioksidan dalam Pro-Xeronin 100 kali lebih kuat dibandingkan dengan Vitamin C dan 25 kali lebih berpotensi dibandingkan dengan Vitamin A Beta Karoten.


Noni Supreme hasil produksi dari Synergy Worldwide dikemas dalam bentuk minuman jus dengan berkonsentrat tinggi dengan memadukan buah noni yang berasal dari Hawaii dan Samoa yang sudah terkenal kualitasnya, serta kontrol yang super ketat dalam proses produksinya. Melalui proses seperti itulah Synergy Worldwide dapat menghasilkan produk terbaik Noni Supreme yang dapat meningkatkan kualitas kesehatan.


Kandungan Noni Supreme
Buah Noni mengandung bahan-bahan aktif yang berkhasiat bagi kesehatan seperti senyawa polisakarida, xeronin, scopoletin, anthraquinones, limonen, asam linoleat, aucubin, asperulosid, vitamin dan mineral. Kandungan-kandungan yang terdapat pada Noni Supreme sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, dengan penjelasan sebagai berikut :


- Senyawa polisakarida 
sangat membantu meningkatkan dan mengatur kerja sistem imun tubuh, anti bakteri, anti tumor dan anti kanker.


- Xeronin 
berfungsi sangat membantu meningkatkan aktifitas enzim dan struktur protein didalam sel tubuh.


- Scopoletin 
sangat membantu melebarkan pembuluh darah, melancarkan aliran darah, anti jamur, anti bakteri, anti radang, alagesik/anti nyeri, anti alergi dengan menghambat pelepasan histamin dan anti depresi.


- Melatonin 
berfungsi untuk mengatur tidur, rasa lapar, mengatur suhu dan perilaku seksual.


- Anthraquinones 
berfungsi untuk merangsang sistem imun tubuh dengan mengaktifkan sel T yang dapat membantu penyembuhan pasien dengan gangguan seperti sistem imun tubuh seperti AIDS, Multiple Sclerosis, SLE (Systemic Lupus Erythemataos). Selain itu Anthraquinones juga dapat memperbaiki proses pencernaan dengan membantu pengeluaran enzim pencernaan, merangsang pengeluaran asam empedu, meningkatkan aktifitas pencernaan, anti bakteri, anti septik, anti kanker, dan dapat mencegah kerusakan DNA. Unsur yang terpenting dari Anthraquinones adalah damnacanthal yang mempunyai kemampuan menghambat perkembangbiakan sel kanker ditingkat genetiknya.


- Limonen dan Asam Linoleat 
sangat membantu mengurangi kadar kolesterol, anti arteriosklerotik atau menghambat pengerasan akibat penimbunan lemak pada dinding dalam pembuluh darah dan sebagai anti kanker.


- Aucubin dan Asperulosid 
mempunyai fungsi mempercepat buang air besar, aucubin berperan sebagai anti oksidan dan anti bakteri dan asperulosid membantu mengurangi radang.


- Vitamin dan Mineral 
sebagai sumber anti oksidan dan pengatur metabolisme tubuh.


- Chokeberry Juice (Aronia Arbutifolia) dan Natural Black Raspberry (Rubus Occidentalis) 
berfungsi sebagai anti oksidan, membantu mengurangi degenerasi mata, mencegah kanker, mengurangi efek gangguan penurunan daya ingat, penyembuhan luka pada lambung, memperbaiki fungsi pembuluh darah dan jantung, membantu mengurangi lemak jahat (LDL) didalam tubuh dan meningkatkan NO (Nitrit Oxide) yang bekerja pada otot pembuluh darah sehingga dapat relaksasi dan memberikan efek pelebaran pembuluh darah serta memperlancar aliran darah. 

Semoga bermanfaat adanya.

Wassalam,
Salam sehat Ber-Synergy

M C Heru Purnomo

Note :

Bila Anda membutuhkan beberapa produk dari Synergy WorldWide diatas, silahkan hubungi kami di pesawat 086766947437.

Tidak ada komentar: