Sabtu, 22 September 2012

Sinar Matahari, Antara Manfaat dan Pengaruh Buruknya

Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh







Sinar Matahari atau radiasi Matahari adalah sinar yang berasal dari matahari. Tanaman menggunakan cahaya Matahari untuk berfotosintesis dan membuat makanan. Tanpa cahaya Matahari, takkan ada kehidupan di Bumi.
Sinar Matahari bisa berakibat baik maupun buruk kepada kesehatan seseorang. Dalam terang, tubuh manusia memproduksi vitamin D sendiri. Terlalu lama terpajan sinar Matahari bisa menyebabkan kulit terbakar.
Tanaman memerlukan cahaya Matahari tumbuh hijau. Dengan air tanpa cahaya Matahari, tanaman akan tumbuh tinggi dengan cepat, namun akan terlihat kuning dan kekurangan air, meskipun saat disentuh, daunnya teraba amat basah.
Radiasi Matahari adalah pancaran energi yang berasal dari proses thermonuklir yang terjadi di Matahari. Energi radiasi Matahari berbentuk sinar dan gelombang elektromagnetik. Spektrum radiasi Matahari sendiri terdiri dari dua yaitu, sinar bergelombang pendek dan sinar bergelombang panjang. Sinar yang termasuk gelombang pendek adalah sinar x, sinar gamma, sinar ultra violet, sedangkan sinar gelombang panjang adalah sinar infra merah. Jumlah total radiasi yang diterima di permukaan bumi tergantung 4 (empat) faktor.

1. Jarak Matahari. Setiap perubahan jarak bumi dan Matahari menimbulkan variasi terhadap penerimaan energi Matahari.

2. Intensitas radiasi Matahari yaitu besar kecilnya sudut datang sinar Matahari pada permukaan bumi. Jumlah yang diterima berbanding lurus dengan sudut besarnya sudut datang. Sinar dengan sudut datang yang miring kurang memberikan energi pada permukaan bumi disebabkan karena energinya tersebar pada permukaan yang luas dan juga karena sinar tersebut harus menempuh lapisan atmosphir yang lebih jauh ketimbang jika sinar dengan sudut datang yang tegak lurus.

3. Panjang hari (sun duration), yaitu jarak dan lamanya antara Matahari terbit dan Matahari terbenam. 

4. Pengaruh atmosfer. Sinar yang melalui atmosfer sebagian akan diadsorbsi oleh gas-gas, debu dan uap air, dipantulkan kembali, dipancarkan dan sisanya diteruskan ke permukaan bumi.selain itu, radiasi matahari bisa menangkal black hole yang KATANYA bisa memerangkap cahaya

Sinar matahari berperan besar terhadap kerusakan kulit Anda. Meski sinar matahari merupakan sumber vitamin D, eksposur yang terlalu intens sangat berbahaya bagi kulit Anda. Cari tahu bagaimana sinar matahari mempengaruhi kesehatan kulit Anda, seperti yang dilansir di Boldsky.com.

1. Kulit kasar. 

Sinar matahari dapat menembus jauh ke dalam kulit dan merusak sel kolagen. Hal ini membuat kulit tampak kering dan kasar. Sinar matahari juga menyerap kelembaban dari sel-sel kulit. Setelah kolagen rusak, tidak mudah untuk memperbaiki. Sel-sel dapat memperbaiki diri mereka sendiri dalam beberapa bulan atau tahun.

2. Kerutan 

adalah salah satu efek dari paparan sinar matahari pada kulit Anda. Ketika kolagen rusak, kulit menjadi kasar dan kelembaban juga hilang. Hal ini menyebabkan pembentukan kerutan. Yang mengejutkan, 75-80 % dari penuaan kulit disebabkan oleh sinar ultraviolet.

3. Sun tan 

adalah tanda yang menunjukkan terjadinya kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet pada kulit Anda. Saat kulit Anda terkena sinar matahari, sel-sel melanosit memproduksi melanin, yakni pigmen yang menghasilkan bintik gelap pada kulit. Jika tidak disembuhkan, sun tan bisa berubah menjadi luka bakar matahari pada tahap selanjutnya.

4. Kulit terbakar. 

Paparan sinar ultravio
let menyebabkan kulit terbakar. Sinar menembus ke dalam lapisan kulit yang dalam sehingga terjadi pembakaran sel kulit yang hidup. Aliran darah pun meningkat di daerah yang terbakar sehingga menyebabkan kemerahan dan benjolan. Kerusakan ini bisa sulit untuk disembuhkan jika tidak segera ditangani.

5. Komedo. 

Kerusakan kulit akibat sinar matahari dapat menyebabkan komedo. Komedo akan lebih terlihat di ujung hidung dan dahi. Paparan sinar matahari yang berlebihan menyebabkan komedo muncul pada wajah.

Ini adalah beberapa efek samping dari paparan sinar matahari pada kulit Anda. Lindungi kulit dengan penggunaan tabir surya dan krim pelembab setiap hari. 


Berikut adalah satu contoh akibat/efek dari radiasi Sinar Matahari :



Secara teoritis, radiasi ultraungu (sering disingkat UV, dari bahasa Inggris:ultraviolet) adalah radiasi elektromagnetis terhadap panjang gelombang yang lebih pendek dari daerah dengan sinar tampak, namun lebih panjang dari sinar-X yang kecil. Sinar ultraviolet dapat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup, namun juga ada efek negatifnya.

Dari gambar yang ditampilkan, Anda bisa melihat wajah seorang supir truk berumur 69 tahun, yang mengalami kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

"Pria ini adalah seorang supir truk untuk sebagian besar hidupnya dan tidak pernah memakai tabir surya. Kami berpikir paparan sinar matahari yang hanya pada satu bagian wajahnya yang menyebabkan kerusakan," kata dokter kulit Jennifer Gordon dari Northwestern University, menurut LiveScience.

Contoh ini dapat menjadi pelajaran bagi kita semua. Paparan sinar ultraviolet dengan mudah bisa melalui kaca jendela, bahkan jika kendaraan Anda menggunakan kaca film untuk mencegah sinar matahari.

Para ahli memperingatkan sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, mempengaruhi jaringan penghubung dari kulit, seprti kolagen dan elastin. "Hasilnya akan menyebabkan efek penuaan,seperti keriput," jelas Gordon.

Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan kanker kulit. American Academy of Dermatology merekomendasikan penggunaan tabir surya dengan SPF minimal 30 yang memberikan perlindungan terhadap efek dari ultraviolet dan UVB.

Hal ini bukanlah berarti Anda tidak harus selalu menghindari sinar matahari, karena sinar matahari memiliki banyak manfaat kesehatan juga. Seperti sebagai sumber vitamin D. Selain itu, sinar matahari dapat membantu pasangan memiliki anak lebih cepat. 

Adakah produk dari Synergy Worldwide yang bisa digunakan untuk mengatasi penuaan dini akibat terpapar sinar matahari ini ?

Synergy Worldwide sebagai perusahaan herbal yang perduli dengan kesehatan secara global dan holistic tidak hanya menyediakan nutrisi-nutrisi sehat yang bisa kita konsumsi setiap hari, tapi juga menyediakan produk-produk untuk perawatan badan ( Synergy Body Care Products ) dan produk-produk untuk perawatan kulit ( Synergy Skin Care Products ). Berikut produk-produk tersebut :

1. Synergy Elemence Cleansing Gel

Elemence Cleansing Gel tidak hanya membersihkan kulit dengan busanya yang ringan dan lembut, tapi juga memurnikan dan menyegarkannya. Pembersih dengan kandungan pH yang seimbang ini berisi campuran bahan-bahan pembersih alami yang secara lembut dan efektif membersihkan bekas makeup, minyak yang berlebih pada wajah dan kotoran-kotoran yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Ekstrak sitrus yang terkandung didalamnya menyeimbangkan fungsi pembersih dan menyeimbangkan pH wajah. Kombinasi unik dari ekstrak herbal menghidrasi kulit sambil tetap menormalkan produksi minyak pada kulit. Antioksidan yang terkandung didalamnya melawan radikal bebas dan penuaan kulit prematur. Kulit tidak hanya terasa sehat, tapi juga terlihat sehat, dan bersih.

Manfaat :

Pembersih alami yang berasal dari minyak kelapa terasa lembut dan ringan pada kulit.

Acai berry (euterpe oleracea) kaya antioksidan yang kuat, pitosterol dan anthocyanin untuk melawan proses penuaan dini kulit.

Kombinasi jeruk keprok (citrus reticulate), jeruk (citrus aurantium dulcis), dan jeruk grandis memberikan efek pembersihan ketika menyeimbangkan dan memurnikan kulit.

Campuran herbal unik Melissa officinalis untuk meringkan dan menenangkan kulit, Canina rosa untuk melembabkan dan meningkatkan keseimbangan, Sebum dan Rosemary untuk melawan radikal bebas dan inflamasi.

- Vitamin A,B,C dan E memelihara dan mengkondisikan kulit, memberikan perlindungan antioksidan, dan mendukung kesehatan kulit.

- Segar, aroma alami Yuzu.

- Bebas bahan-bahan kimia.

- Uji dermatology, aman untuk alergi.

Info Harga Retail : Rp. 321.100


Saran Penggunaan :

Aplikasi busa pada tangan yang lembab, pijat perlahan-lahan pada wajah dan leher yang sebelumnya telah dibasahi air. Bilas dengan air, gunakan pagi dan malam hari.


2. Synergy Elemence Hydrating Toner


Elemence Hydrating Toner dengan formula pH-seimbang yang lembut mengangkat kotoran dan mempersiapkan kulit untuk mendapatkan perawatan nutrisi dan pelembaban yang optimal. Bebas alkohol dan lembut untuk kulit, formula ini termasuk hydrators kulit ampuh yang memulihkan kelembaban penting dan mendukung perlindungan fungsi kulit.

Ekstrak murninya menyediakan zat alami dan tonik pada tekstur kulit dan meminimalkan ukuran pori-pori. Tumbuhan tambahan lainnya berfungsi untuk menenangkan kulit sambil membantu mencegah iritasi. Hydrating Toner akan membuat kulit Anda terhidrasi, kencang, dan seimbang.

Manfaat :

- Secara efektif menghidrasi dan mengkondisikan kulit dengan inulin, gula tumbuhan alami yang menyediakan zat dan pelembab kulit yang sangat baik.
- Ekstrak tumbuhan Witch Hazel memberikan zat dan aksi anti-inflamasi alami, dan membantu keseimbangan kulit berminyak, memutihkan dan menyegarkan kulit.
- Campuran terpilih dari ekstrak buah - blackberry, raspberry dan strawberry - mengandung zat alami dan sebagai tonik untuk menyegarkan dan menenangkan kulit.
- Acai berry Brazil (euterpe oleracea) kaya antioksidan yang kuat, pitosterol dan anthocyanin untuk memerangi penuaan dini kulit.
- Cucurbita pepo, berasal dari biji labu, adalah ekstrak alami yang baik untuk anti-iritasi dan anti-alergi molekul.
- Ekstrak algae dan artemisia vulgaris untuk anti-penuaan memberikan manfaat sementara meringankan, menenangkan, serta membantu mencegah iritasi dan peradangan kulit.
- Vitamin A, B, C dan E memelihara dan mengkondisikan kulit, memberikan perlindungan antioksidan, dan mendukung kesehatan kulit.
- Segar, aroma alami dari minyak esensial.
- Bebas bahan-bahan kimia.
- Uji dermatolog, aman bagi alergi.

Info Harga Retail : Rp. 321.100

Saran Penggunaan :

Gunakan toner pada kapas kecantikan lalu usapkan dengan lembut ke seluruh wajah dan leher. Gunakan pada pagi dan malam hari.


3. Synergy Elemence Moisturizing Cream


Elemence Moisturizing Cream krim pelembab menghidrasi dan mengkondisikan kulit saat melengkapi kembali minyak dan asam lemak esensial yang penting untuk fungsi perlindungan kulit alami. Dengan teknologi mutakhir generasi III berfungsi jauh di dalam kulit agar kulit terlihat muda.

Seiring dengan peningkatan pergantian sel dan perangsangan produksi kolagen, kulit tampil lebih sehat dan kuat. Ekstrak herbal unik mendukung fungsi yang berhubungan dengan sel, serta menyediakan antioksidan untuk memerangi radikal bebas yang mendukung proses penuaan kulit.

Nutrisi kaya vitamin menyegarkan kembali dan memelihara kulit saat mereka menembus lapisan kulit. Kirim pelembab membuat kulit kuat, kencang, dan lembab sempurna.

Manfaat :

- Pasokan pelembab esensial serupa dengan minyak kulit dan asam lemak alami.
- Teknologi antipenuaan liposome bertindak cepat membantu meningkatkan pembaharuan sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen.
- Barrier Repair Technology membantu menjaga fungsi kulit dalam keadaan optimal, menjaga kelembaban dan mengeluarkan elemen-elemen penting berbahaya.
- Liquid Crystal Technology memberikan kecanggihan sistem emulsi seimbang yang menjamin pengiriman bahan yang paling menguntungkan ke daerah kulit.
- Kombinasi khusus herbal adaptogenic menormalisir fungsi kulit dan memberikan anti-penuaan dan sifat anti-stres untuk membantu mengatasi kulit dari faktor-faktor stres internal dan eksternal.
- Acai berry Brazil (euterpe oleracea) kaya antioksidan yang kuat, pitosterol dan anthocyanin untuk memerangi penuaan dini kulit.
- Vitamin A, B, C dan E memelihara dan mengkondisikan kulit, memberikan perlindungan antioksidan, dan mendukung kesehatan kulit.
- Segar, aroma alami dari minyak esensial.
- Bebas bahan-bahan kimia.
- Uji dermatolog, aman bagi alergi.

Saran Penggunaan :

Usapkan dengan menepuk atau gerakan memijat ke seluruh wajah dan leher dengan lembut. Gunakan pagi dan malam hari.

Info Harga Retail : Rp. 555.100


4. Synergy Aloe Magic

Aloe Magic adalah jel kulit multifungsi mengandung aloe yang menyejukkan, bahan tumbuhan yang menenangkan, enzim pemulih DNA dan teknologi anti-penuaan GEN III™. Aloe Magic nyaman digunakan untuk krim cukur, mendinginkan kulit akibat terbakar matahari, dan sangat tepat untuk menyejukkan kulit yang teriritasi.

Synergy WorldWide telah mengkombinasikan teknologi ilmiah terbaru dengan yang terbaik dari tradisi herbal. Digunakan selama ribuan tahun untuk memberikan kesejukan kulit, aloe berfungsi sebagai bahan dasar untuk produk yang sangat luar biasa ini.

Selain mengandung aloe tradisional, Aloe Magic juga mengandung enzim T4 V endonuklease. Enzim yang sudah melalui proses biofermentation dari jenis bibit tertentu ini dikemas dalam sebuah sistem pengiriman liposomal. Liposomes yang sudah mendapat paten ini menempati lapisan di atas kulit, memberikan enzim untuk beraktivitas secara maksimum dan aman.

Aloe Magic juga mengandung teknologi Gen III. Para ilmuwan baru-baru ini menemukan secara biologi penyebab terjadinya penuaan. Berdasarkan hasil penelitian dari penyebab proses penuaan sel, Synergy WorldWide telah mengembangkan formula eksklusif yang berisi age-defying sebagai bahan kompleks.

Aloe Magic yang diperkaya dengan perpaduan unik terkini menangkal radikal bebas dengan vitamin dan tumbuhan. Termasuk di dalamnya adalah vitamin A, C, dan E, ekstrak Centella asiatica, ekstrak teh hijau Jepang, ekstrak Ginkgo biloba, dan ekstrak Echinacea purpurea.

Manfaat :

- Memperbaiki sel-sel kulit yang membutuhkan peremajaan.
- Mengembalikan kulit dari tanda-tanda penuaan pada tingkat jaringan.
- Menstimulasi fibroblast pada lapisan dermis kulit dan meningkatkan produktivitas kolagen dan elastin untuk membantu kulit melawan penuaan.

Saran Penggunaan :

Tuangkan secukupnya ke telapak tangan, lalu oleskan pada bagian tubuh yang membutuhkannya.


Info Harga Retail : Rp. 371.000


5. Synergy Hand & Body Lotion

Lotion mewah ini akan melengkapi kelembaban kulit Anda dan memberikan semua manfaat dari Gen III dan Gen IV Technologies. Synergy Hand & Body Lotion memiliki aroma jeruk. tekstur lembut yang akan menembus kulit Anda dengan sensasi halus. Kulit Anda akan terasa lembut dan lentur dan benar-benar akan mulai tampak sehat setelah digunakan terus menerus. Dengan Liquid Crystal exclusive dan Barrier Restoration Technologies, lotion ini tidak akan merusak lapisan kulit Anda. Lotion ini bekerja untuk membantu mengisi dan mengembalikan kulit tanpa merusak keseimbangan kulit Anda. lotion ini sangat baik untuk digunakan setelah mandi. Hal ini dapat digunakan pada kulit Anda kering untuk memberikan kelembaban yang Anda butuhkan. Membuat kulit Anda semua perlindungan dan nutrisi yang dibutuhkan.

Manfaat :

• Melembabkan serta memberikan kelembutan kulit.
• Diperkaya dengan teknologi Liquid Crystal dan Barrier Restoration sehingga tidak akan merusak permukaan halus dari kulit.
• Disertai dengan keharuman citrus yang menyegarkan.
• Kelembutan teksturnya dapat dengan mudah menembus kulit tanpa meninggalkan bekas berminyak.

Saran Penggunaan :

Usapkan ke seluruh bagian tangan dan tubuh, dapat dipakai kapan saja di saat anda inginkan.


Info Harga Retail : Rp. 423.000


6. Synergy Total Body Wash
    
Produk ini mudah digunakan untuk seluruh keluarga. Berfungsi sebagai mencuci tubuh dan pelembut kulit. Total Body Wash adalah solusi yang nyaman untuk semua kebutuhan perawatan tubuh Anda. Total Body Wash memberikan solusi kebutuhan kulit Anda menjadi bersih tanpa bahan kimia atau beracun. Total Body Wash dikemas dengan pelembab alami yang membuat kulit terasa lembut dan halus. Total Body Wash terkonsentrasi berisi campuran bahan yang canggih untuk memanjakan tubuh Anda. Hal ini diperkaya dengan perpaduan unik dari vitamin untuk mencegah radikal bebas. Antara lain vitamin A, dan E, lidah buaya, ekstrak Centella asiatica, ekstrak teh hijau Jepang, ekstrak Ginkgo biloba dan ekstrak Echinacea purpurea.

Manfaat :

- Lembut dan ringan
- Mencegah radikal bebas
- Nyaman untuk seluruh keluarga
- Empat fungsi dalam satu langkah mudah
- PH seimbang

Saran Penggunaan :

Tuangkan di tangan Anda atau spons, gosok hingga berbusa di seluruh tubuh. Bilas secara menyeluruh. Cukup lembut untuk digunakan sehari-hari. Untuk penggunaan luar saja. Hindari kontak dengan mata.


Info Harga Retail : Rp. 416.100

Semoga bermanfaat adanya.


Wassalam,
Salam sehat ber-Synergy.


Untuk mendapatkan produk-produk diatas bisa menghubungi kami :
Independent Distributor Synergy WorldWide


Mochamad Choliq Heru Purnomo ( Mas Heru )

Email : cholicm@gmail.comNo.
Telp. : 083866947437

Artikel Disadur dari berbagai sumber : 

Disponsori oleh : SYNERGY WORLDWIDE



Tidak ada komentar: