Jumat, 04 Mei 2012

Daun ALFALFA (Medicago sativa) "Bapak semua Makanan"

Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



 Daun alfalfa (Medicago sativa)  – dianggap sebagai "Bapak semua Makanan." yang merupakan sumber nutrisi yang sangat baik , yang bermanfaat membantu meningkatkan nafsu makan, meringankan sembelit dan pembengkakan yang sering menyertai rematik dan radang sendi. Herbal ini sangat membantu sekali dalam mengobati ginjal dan infeksi saluran kencing dan detoksifikasi tubuh, terutama hati. Dan juga menghilangkan kembung serta retensi air. 

Alfalfa yang merupakan keluarga: Leguminoseae (legum) - Fabaceae (kacang) , juga memiliki nama umum lainnya: Herbal Kerbau , Lucerne, Purple Medic, Rumput Kerbau , dan Medicago .

Tanaman Alfalfa atau Medicago Sativa yang merupakan salahsatu spesies tanaman sebagai makanan ternak untuk sapi perah, kuda, sapi potong, domba, & kambing ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan manusia.


Tanaman Alfalfa  pertama kali ditemukan di Persia sekitar 500 SM, dan mencapai benua Mediterania Eropa oleh orang Yunani, pada awal 490 SM . Karena Medes dari Persia kuno diyakini sebagai  orang pertama yang membudidayakan tanaman tersebut, maka diberikan nama botani-nya yaitu Medicago Sativa, yang artinya dalam bahasa Latin adalah "menabur dengan median." 

Alfalfa mulai dibudidayakan di Inggris pada abad 16, di mana ia digunakan sebagai obat penenang dan memperkuat tubuh, dan kemudian tersebar di koloni-koloni Amerika pada tahun 1736, di mana digunakan terutama untuk mengobati sakit perut. Penduduk asli Amerika memanen biji Alfalfa untuk menguatkan dan memperkaya diet mereka dan makan daun alfalfa sebagai sayuran lezat. 

Eklektik, yaitu sebutan dokter yang menggunakan terapi herbal di Amerika pada abad kesembilan belas, menggunakan daun Alfalfa sebagai tonik untuk pencernaan, dispepsia, anemia, kehilangan nafsu makan dan asimilasi kekurangan nutrisi. Dokter ini  juga merekomendasikan tanaman alfalfa untuk merangsang laktasi pada ibu menyusui, dan bijinya dibuat menjadi tapal untuk pengobatan bisul dan gigitan serangga. 

Alfalfa merupakan tanaman tahunan yang dapat dibudidayakan hampir di mana saja, bahkan di daerah kering, dan tumbuh subur sebagai tanaman dalam terang, baik tanah kering, tanah netral - alkali terhadap  matahari. Kelebatan Alfalfa dapat mencapai ketinggian sekitar tiga kaki dengan akar yang dapat tumbuh seratus tiga puluh kaki ke dalam tanah, yang memungkinkan akses yang luar biasa ke sumber nutrisi: rutin, silikon, seng, kalsium, tembaga, kolin, folat, besi, magnesium, mangan, kalium, fosfor, saponin, alpha-carotene , beta karoten (yang ke duanya bermanfaat untuk  penyakit jantung), serta vitamin B , A, D, E dan K. 

Daun alfalfa mengandung 8 (delapan) asam amino yang penting dan merupakan sumber klorofils yang baik , dan juga mengandung saponin triterpen (aglikon AE sojasapogenol asam medicagenic, hederagenin), flavon, isoflavon (glikosida formononetin, genistein, daidzein, biochanin A, coumestrol), lutein, sigmasterol, spinasterol, sianogen glikosida, sterol dan turunan kumarin (coumestrol, coumestrol 3'-metoksi, lucernol, sativol, trifol, medicagol). 

Kegunaan :

Daun Alfalfa adalah pencahar yang baik dan diuretik alami yang melancarkan aliran air seni dan sering digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing dan menghilangkan kelebihan air yang tertahan. 


Alfalfa sangat berguna untuk mengganti vitamin K yang habis selama proses pengobatan dengan berbagai obat, termasuk diantaranya antibiotik. 

Alfalfa bertindak sebagai pemurni darah dan telah membantu banyak penderita arthritis. Kegunaannya sebagai anti racun dan pembersih darah sangat bermanfaat untuk berbagai penyakit, termasuk gangguan hati, nafas yang berbau, infeksi, gangguan tulang dan sendi, dan penyakit kulit. 

Alfalfa memiliki efek alkalizing pada tubuh. Ini adalah sumber suplemen mineral yang besar, yang semuanya alkalin / basa, yang memiliki efek menetralkan pada saluran usus, sehingga mengurangi masalah pencernaan, seperti nyeri lambung, gastritis lambung dan gangguan pencernaan. 

Alfalfa mengandung kalsium tinggi dan kadar magnesium, dan penelitian menunjukkan bahwa migrain dapat dicegah dan / atau dikurangi ketika kedua mineral tersebut bergabung. Semua mineral berada dalam bentuk seimbang, yang juga memudahkan penyerapan. 

Alfalfa sebagai bahan obat herbal sejak 1.500 tahun yang lalu, mengandung vit. B kompleks, C, E, K & kandungan protein lainnya yang sangat tinggi. Berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh, bersifat antioksidan pencegah kanker & penyakit kardiovaskular. Kandungan bahan ini juga mampu mengatasi alergi, mencegah penumpukan plak dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, penyakit yang berhubungan dengan saluran pencernaan (ginjal), bisul. radang sendi & dapat membantu membersihkan racun dalam darah atau yang disebut detoksifikasi.


 Para Herbalis telah lama menggunakan daun Alfalfa untuk mengobati bisul, dan bioflavonoid yang ditemukan di Alfalfa mengurangi radang selaput perut dan membangun kekuatan kapiler, sedangkan vitamin A di Alfalfa membantu menjaga kesehatan perut secara keseluruhan . Ramuan enzim-enzim membantu assimulasi makanan. Selama Dinasti Han (200 AD), Alfalfa digunakan untuk mengobati bisul dan dalam pengobatan Tradisional Cina (TCM) terus digunakan untuk memperkuat saluran pencernaan dan merangsang nafsu makan. 

Alfalfa juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan plak aterosklerosis (dengan menghalangi penyerapan kolesterol ke dalam tubuh dari usus), menyelaraskan gula darah (terutama jika diambil dengan mangan) dan meningkatkan fungsi kelenjar pituitari

Daun Alfalfa adalah stimulan sistem kekebalan yang mendorong pembekuan darah normal dan kandungan vitamin K-nya membantu mengobati gusi berdarah dan mimisan, tetapi tidak mengganggu sirkulasi normal.  Bioflavonoid yang ditemukan di Alfalfa dipercaya dapat memperkuat penyerapan / kapiler. 

Daun Alfalfa mengandung phytoestrogen, dan rempah tersebut memiliki beberapa aktivitas estrogenik pada wanita yang produksi hormon seksnya menurun, sehingga Alfalfa telah membantu banyak wanita ketika terjadi  ketidaknyamanan pada gejala menopause, terutama hot flashes. Vitamin K2 yang ditemukan di Alfalfa sebagian mungkin juga mencegah keropos tulang yang disebabkan oleh kekurangan estrogen.


     
Semoga bermanfaat adanya.
Wassalam,Salam sehat selalu, Mas Heru Disadur dari : SUMBER Disponsori oleh : SYNERGY WORLDWIDE  


Tidak ada komentar: