Bismillahirahmanirahim
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Berjualan di dunia maya sudah bukan sesuatu yang aneh lagi. Dulu mungkin tak banyak orang yang melakukan hal ini, tapi sekarang hampir seluruh orang yang berjualan mulai merambah dunia maya.
Persaingan semakin ketat. Berbagai strategi pemasaran pun disiapkan dan dilancarkan demi meningkatkan profit. Tapi tidak usah khawatir, tersedia banyak ruang di dunia maya baik untuk veteran maupun pemula.
Mark Kirschner, Vice CMO Rakuten, salah satu situs belanja online terbesar di Jepang membagi tips untuk sukses berjualan melalui dunia maya. Berikut empat tips darinya yang dikutip dari Business Daily, Senin (4/6/2012).
Berjualan di dunia maya itu seperti berbelanja minuman lewat mesin alias vending machine tapi berukuran super besar. Anda lihat, Anda bayar, Anda terima barang. Pihak penjual selalu berharap barang diterima konsumen tanpa cacat, dijual di harga terbaik sesuai spesifikasi. Supaya semuanya terpenuhi dengan baik ini sangatlah krusial.
Jika semuanya terpenuhi, maka Anda sudah siap untuk berjualan di dunia maya dan konsumen pun dipastikan akan mulai melirik Anda. Agar konsumen bisa setia, Anda harus menciptakan sebuah layanan yang tak terlupakan bagi konsumen.
Layanan seperti ini disebut Omotenashi oleh orang Jepang, yaitu layanan yang diberikan secara maksimal tanpa melihat bentuk barangnya, baik itu murah maupun mahal. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan bonus, diskon, atau hadiah kecil. Loyalitas konsumen itu tidak bisa dibeli dengan uang.
2. Biarkan pembeli punya kenyamanan berbelanja sendiri
Pembeli jaman sekarang tidak bisa 'dipaksa' hanya melalui iklan. Mereka
terhubung dengan baik ke berbagai sumber di dunia maya, mulai dari blog,
review, tweet dan bahkan Facebook. Penjual yang baik adalah yang bisa
menyediakan barang dagangannya di berbagai media tersebut.
Internet adalah media yang sangat tepat untuk bercerita.
Dengan memberikan kisah serta latar belakang toko, si penjual biasanya
bisa menarik hati pelanggan lebih dalam dari hanya ketimbang memberikan
diskon atau bonus.
Pelanggan selalu ingin tahu lebih dalam mengenai produk yang mereka gunakan, dan ingin percaya terhadap toko yang menjualnya. Berceritalah tanpa batas, mulai dari di blog, Twitter hingga Facebook. Jangan pelit gunakan ruang, pakai foto, video dan penghias laman lainnya.
Jangan sampai Anda hanya menjadi situs jual-beli yang kaku tanpa keinginan untuk menjadi teman dari pelanggan Anda.
4. Dekati teman Anda, tapi lebih dekati lagi musuh Anda
Jual-beli online semakin hari semakin marak. Inovasi-inovasi baru
diciptakan banyak orang untuk menjaring pelanggan. Jangan tinggal diam,
perhatikan juga apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda.
3. Tanpa keberanian, kita tak akan maju maka berani mengambil tindakan dan resiko adalah perlu.
4. Buat target yang akan dicapai dalam berjualan dan jadikan itu sebagai motivasi.
5. Belajarlah dari orang-orang sukses dan carilah mentor sebagai konsultan dalam berjualan.
6. Yang penting bukan siapa yang kita kenal tapi siapa yang kenal kita. Perbanyak jaringan teman/bisnis.
8. Rumus sakti dalam berjualan: Amati, Tiru dan Modifikasi ( ATM )
10. Tambahkan 'sesuatu' pada bisnis jualan kita agar berbeda dengan kompetitor lainnya.
17. Jangan pernah menyalahkan konsumen, tak ada yang mau disalahkan jadi bijaklah bila timbul salah paham.
27.
Bangun merek agar diingat orang.
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Berjualan di dunia maya sudah bukan sesuatu yang aneh lagi. Dulu mungkin tak banyak orang yang melakukan hal ini, tapi sekarang hampir seluruh orang yang berjualan mulai merambah dunia maya.
Persaingan semakin ketat. Berbagai strategi pemasaran pun disiapkan dan dilancarkan demi meningkatkan profit. Tapi tidak usah khawatir, tersedia banyak ruang di dunia maya baik untuk veteran maupun pemula.
Mark Kirschner, Vice CMO Rakuten, salah satu situs belanja online terbesar di Jepang membagi tips untuk sukses berjualan melalui dunia maya. Berikut empat tips darinya yang dikutip dari Business Daily, Senin (4/6/2012).
1. Selalu sediakan yang terbaik
Berjualan di dunia maya itu seperti berbelanja minuman lewat mesin alias vending machine tapi berukuran super besar. Anda lihat, Anda bayar, Anda terima barang. Pihak penjual selalu berharap barang diterima konsumen tanpa cacat, dijual di harga terbaik sesuai spesifikasi. Supaya semuanya terpenuhi dengan baik ini sangatlah krusial.
Jika semuanya terpenuhi, maka Anda sudah siap untuk berjualan di dunia maya dan konsumen pun dipastikan akan mulai melirik Anda. Agar konsumen bisa setia, Anda harus menciptakan sebuah layanan yang tak terlupakan bagi konsumen.
Layanan seperti ini disebut Omotenashi oleh orang Jepang, yaitu layanan yang diberikan secara maksimal tanpa melihat bentuk barangnya, baik itu murah maupun mahal. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan bonus, diskon, atau hadiah kecil. Loyalitas konsumen itu tidak bisa dibeli dengan uang.
2. Biarkan pembeli punya kenyamanan berbelanja sendiri
Pembeli jaman sekarang tidak bisa 'dipaksa' hanya melalui iklan. Mereka
terhubung dengan baik ke berbagai sumber di dunia maya, mulai dari blog,
review, tweet dan bahkan Facebook. Penjual yang baik adalah yang bisa
menyediakan barang dagangannya di berbagai media tersebut.
Kecepatan
juga menjadi kunci dalam berjualan online. Respon penjual harus cepat
tanggap dalam menyediakan barang yang diinginkan pembeli. Jika sedikit
lambat saja, si pembeli biasanya sudah menemukan barang yang diinginkan
di tempat lain.
3. Berceritalah kepada pelanggan
Pelanggan selalu ingin tahu lebih dalam mengenai produk yang mereka gunakan, dan ingin percaya terhadap toko yang menjualnya. Berceritalah tanpa batas, mulai dari di blog, Twitter hingga Facebook. Jangan pelit gunakan ruang, pakai foto, video dan penghias laman lainnya.
Jangan sampai Anda hanya menjadi situs jual-beli yang kaku tanpa keinginan untuk menjadi teman dari pelanggan Anda.
4. Dekati teman Anda, tapi lebih dekati lagi musuh Anda
1 komentar:
Sama-sama agan Adit Irawan yang tengah merintis jual baju gamis. Semoga bisa bermanfaat ya gan...
Posting Komentar