Selasa, 07 Agustus 2012

Mengenal Penyakit Kista


Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh






Kista adalah suatu struktur seperti gelembung yang tidak normal yang bisa ditemukan di manapun diseluruh bagian tubuh. Kista biasanya mengandung zat gas, cair, atau setengah padat dan memiliki dinding luar, yang dikenal sebagai kapsul. Kista bisa saja terlihat kecil dan hanya terlihat dengan menggunakan mikroskop, atau bisa saja tumbuh dengan ukuran yang sangat besar dan memindahkan struktur tubuh normal.

Kista pada umumnya tumbuh di berbagai jaringan dan organ-organ tubuh. Dan biasanya penamaan dari penyakit kista disesuaikan dengan lokasi tertentu dimana ia tumbuh. Misalnya kista ovarium, kista kandung kemih, kista payudara, kista hati, kista ginjal, kista pancreas, kista vagina, kista kulit, kista tiroid. Tapi ada beberapa jenis kista yang memiliki sebutan khusus. Kista yang memiliki sebutan khusus ini meliputi :

Ganglion Kista : Kista yang ada di sekitar tendon, paling sering terjadi pada pergelangan tangan.
Baker Kista : Kista yang berisi cairan sendi yang terletak di poplitea ruang di belakang lutut.
Bartholin Kista : Kista yang terjadi karena pembesaran kelenjar kecil di dekat lubang vagina.
Nabothian Kista : Kista yang penuh lender pada permukaan uterus leher rahim.
Pilonidal Kista : Kista yang timbul di jaringan lunak di dasar tailbone (tulang ekor) dari punggung bawah,       tepat di atas celah natal (perpecahan antara pantat).
Dermoid Kista : Jenis tumor jinak dari ovarium yang mengandung spasi cystic berganda dan berbagai jenis jaringan.





















Penyebab Penyakit Kista

Kenapa terjadi benjolan kista ? Jawabannya adalah sangat sederhana. Yaitu karena terjadi penyumbatan pada saluran yang berisi cairan, dari sinilah kista itu terbentuk. Sedangkan penyumbatan itu sendiri terjadi karena adanya infeksi karena bakteri dan virus. Misalnya pembentukan kista bartholin terjadi karena terjadi penyumbatan pada saluran kelenjar bartholin. Dari sekian banyak bakteri yang dapat menyebabkan kista salah satunya adalah Escherichia coli. Escherichia coli merupakan jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kelenjar bartholin. Sehingga tumbuh menjadi kista bastholin. Selain karena terinfeksi virus dan bakteri, kista dapat terjadi karena faktor genetis, umur, dan kondisi inflamasi yang kronis.

Menurut Dr. dr. T. Z.Jacoeb, SpOG-KFER, kista tidak hanya dapat tumbuh di ovarium atau indung telur wanita saja, tetapi juga dapat tumbuh di paru-paru, usus dan bahkan di otak. Penyakit kista dapat disebabkan oleh polusi udara dan debu. Adanya dioksin dari asap pabrik dan pembakaran gas bermotor dapat menurunkan daya tahan tubuh manusia yang kemudian akan membantu tumbuhnya kista. Selain itu dari faktor makanan, lemak berlebih atau lemak yang tidak sehat akan mengakibatkan zat-zat lemak tidak dapat dipecah dalam proses metabolisme sehingga akan meningkatkan hormon testosteron.

Ada 4 macam kista indung telur. Kista fungsional, dermoid, cokelat (endometriosis) dan kista kelenjar (cystadenoma). Kista biasanya tumbuh sangat pelan dan sering terjadi keganasan pada umur lebih 45 tahun. Dari keempat kista ini yang paling banyak dan justru sering mengecil sendiri seiring dengan membaiknya keseimbangan hormonal adalah kista fungsional.
Penyakit kista juga dapat dikatakan penyakit degeneratif atau keturunan. Jika orang tua atau nenek anda pernah menderita penyakit kista atau mioma, maka dapat dipastikan anda termasuk salah satu keturunan pembawa sifat penyakit kista.

Sementara itu menurut Dr Tagor Sidabutar. SpOG dari Rumah Sakit PGI Cikini, menuturkan, kista di kandungan berasal dari indung telur. Kista ovarium membahayakan karena menyerang dan mendesak sel telur. Kista menekan indung telur sehingga nyeri. Lalu timbul perlengketan dan pergesekan di usus dan menimbulkan nyeri.
Hingga kini penyebab kista belum diketahui. ‘”Dugaan sementara, karena faktor genetik. Bila orangtuanya ada kista atau tumor, kemungkinan ia terserang kista,” kata dokter alumnus University of Paris, Perancis itu. Makanan mengandung hormon dan kolsterol -makanan cepat saji kaya hormon estrogen- juga memicu kista endometriosis. Begitu pula kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung radikal bebas. Dampaknya, menurunkan antioksidan dalam tubuh sehingga imunitas berkurang.
Pola hidup juga memicu kista. Contohnya, merokok menyebabkan perubahan genetik dalam sel. Menurut Sidi, kista terjadi karena sumbatan dan peradangan. Akibat sumbatan kolesterol pada saluran tertentu, sel-sel tumor tumbuh di tempat itu. Jika karena peradangan pada sel kelenjar terjadi sekresi berlebih. Sayangnya, gejala tidak tampak pada fisik seseorang. Oleh karena itu kista kerap ditemukan secara kebetulan lewat pemeriksaan USG.

Tanda-tanda (Gejala) Penyakit Kista






Untuk organ luar yang terlihat oleh mata, cara mendeteksi apakah organ kita telah terkena penyakit kista atau tidak sangatlah mudah. Kista bisa dideteksi dengan adanya benjolan yang tumbuh di organ kita. Gejala lain yang dapat timbul adalah adanya rasa sedikit sakit dan nyeri pada benjolan tersebut.

Sementara untuk gejala kista pada organ dalam seperti kista ovarium, sangat sulit untuk dideteksi oleh penderita. Untuk mendeteksi secara jelas apakah seseorang terkena penyakit kista ialah dengan cara memfoto dengan sinar X-ray. Meski sulit untuk dideteksi oleh penderita, tanda yang bisa dirasakan adalah adanya rasa sakit dan adanya tekanan pada benjolan/gelembung kista yang tumbuh pada organ dalam. Secara spesifik gejala penyakit kista ovarium dapat dirasakan sebagai berikut ini :

Perut terasa penuh, berat, kembung
- Tekanan pada dubur dan kandung kemih (sulit buang air kecil)
- Haid tidak teratur
- Nyeri panggul yang menetap atau kambuhan yang dapat menyebar ke punggung bawah
dan paha.
- Nyeri sanggama.
- Mual, ingin muntah, atau pengerasan payudara mirip seperti pada saat hamil.


Cara Mengobati Penyakit Kista

Karena begitu banyak jenis penyakit kista, ada yang sangat berbahaya dan ada yang tidak begitu bahaya, maka pengobatannya juga beragam cara. Ada yang harus melalui cara yang sangat kompleks, sedang, dan bahkan ada kista yang tidak memerlukan pengobatan. Mulai dari mengambil tindakan secara medis dan dengan cara perawatan sendiri.

Pengobatan Kista dengan Jalan Operasi

Pengobatan dengan jalan operasi atau pengangkatan gelembung kista dilakukan pada jenis kista yang tumbuh pada organ dalam seperti kista ovarium dan kista hati. Selain pada organ-organ dalam yang sangat penting, pengobatan dengan cara operasi diperlukan pada kista yang tumbuh besar. Pangobatan ini tergolong pada tindakan secara medis.

Pengobatan dengan Cara Sederhana

Pengobatan dengan cara sederhana bisa diberlakukan pada jenis yang tidak begitu parah. Pengobatan ini biasanya bisa dilakukan sendiri oleh si penderita. Misalnya untuk mengobati kista bartholin, penderita hanya cukup nerendam [ada air hangat secara rutin 10-15 menit perhari, dan dilakukan 3 kali seminggu.

Kista Tanpa Pangobatan

Jika kista tidak berbahaya dan sangat kecil, kemungkinan tidak memerlukan tindakan pengobatan.

Cara Mencegah Penyakit Kista

Berdasarkan pendapat Dr. dr. T.Z.Jacoeb, SpOG-KFER dan Dr Tagor Sidabutar. SpOG yang mengatakan bahwa pemicu dari kista adalah polusi udara dan debu, asap pabrik dan pembakaran gas bermotor, faktor makanan, lemak berlebih atau lemak yang tidak sehat, makanan mengandung hormon dan kolsterol, makanan cepat saji kaya hormon estrogen, kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung radikal bebas, dan pola hidup juga memicu kista contohnya merokok. Dari pendapat ini maka dapat disimpulkan bahwa sebetulnya kita bisa mencegah munculnya kista ini dengan jalan menjalani hidup ini secara sehat. Hindari segala makanan yang tidak sehat, berlemak, berkolesterol dan jalani pola/gaya hidup yang sehat pula. Maka Insya Allah Anda akan terhindar dari penyakit kista ini. Salah satu gaya hidup sehat yang bagus dan sangat direkomendasikan adalah dengan secara rutin melakukan detoksifikasi (proses mengeluarkan segala racun yang ada dalam tubuh kita). Dengan rutinnya kita menjalani detoksifikasi maka tubuh kita akan bersih dari segala racun dan tubuh kita menjadi terhindar dari sakit, salah satunya adalah sakit kista ini.
      
Synergy WorldWide, dengan produk-produk unggulannya, mempunyai program detox ini dan layak Anda jalani agar tubuh Anda bersih dari segala racun. Program Detox Your Body telah berhasil dijalankan dibeberapa negara dan sekarang telah menjadi trend baru di Indonesia dalam hal menjalankan program detox. Dan sekaranglah saatnya Anda untuk membuktikan segala keunggulan produk Synergy WorldWide sekaligus menjadi pertimbangan utama Anda dalam menjalankan sebuah program detox. Dengan layanan Konsultasi Dokter Gratis dan Jaminan 30 hari uang kembali 100 %, serta diskon 30 % untuk member Synergy WorldWide, maka produk-produk dari Synergy WorldWide layak Anda jadikan pilihan yang pertama. Dapatkan Produk yang sangat bermutu dari Kami. Penggunaan suplemen makanan Synergy WorldWide dapat membantu Anda menjalani Program Detox Your Body secara sehat dan sekaligus untuk memperbaiki status gizi Anda juga.

Wassalam,
Salam sehat ber-Synergy,

Untuk mendapatkan produk ini bisa menghubungi kami :


Independen Distributor Synergy WorldWide



Mochamad Choliq Heru Purnomo ( Mas Heru )

email : cholicm@gmail.com
No. Telp. : 083866947437 

Disadur dari beberapa sumber di internet.

Disponsori oleh : SYNERGY WORLDWIDE










3 komentar:

Banyak cara seseorang bisa menjaga kesehatan, akan tetapi jika ditawarkan JAGA KESEHATAN DAPAT TOUR GRATIS 2 kali dalam setahun, apakah ada yang akan menolakya? mengatakan...

Luar Biasa Mas Heru....
Akmi sangat senang dengana adanya catatan-catatan ynag Mas Heru buat...
Terima Kasih karena telah berbagi informasi bagus kepada semua orang tanpa terkecuali...

Salah Sehat BerSynergy

Banyak cara seseorang bisa menjaga kesehatan, akan tetapi jika ditawarkan JAGA KESEHATAN DAPAT TOUR GRATIS 2 kali dalam setahun, apakah ada yang akan menolakya? mengatakan...

Terima Kasih Mas Heru telah banyak berbagi dengan kami.....

Catatan Mas Heru mengatakan...

Sama-sama POSITIVE LEGACY...terimakasih untuk masukkannya...hanya ini yang bisa saya Share sebagai perwujudan dari Care saya pada sesama. Semoga catatan kecil ini bisa diambil manfaatnya dan membuka cakrawala edukasi tentang kesehatan itu sendiri. Hingga pada akhirnya bangsa ini perduli dan berusaha untuk tetap menjaga kesehatan, baik kesehatan sebagai bangsa maupun kesehatan pribadi. Salam sehat berSynergy juga untuk POSITIVE LEGACY.