Selasa, 19 Maret 2013

5 Cara Sukses Mendatangkan Penjualan di Toko Online




Bismillahirrahmanirahim
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Meningkatnya daya beli konsumen di Indonesia, ternyata turut memicu trend belanja online di kalangan masyarakat luas. Bila sebelumnya masyarakat kita lebih nyaman berbelanja langsung di toko konvensional, sekarang ini mereka mulai terbiasa melakukan transaksi pembelian via internet untuk memenuhi segala macam kebutuhannya. Sehingga tidak heran bila belakangan ini pertumbuhan bisnis toko online di Negara kita kian hari menunjukan perkembangan yang signifikan.
Nah, untuk membantu para pemula yang ingin terjun di bisnis toko online. Pada kesempatan kali ini sengaja kami informasikan kepada para pembaca mengenai 5 cara sukses mendatangkan penjualan di toko online yang bisa Anda jalankan dengan cara yang mudah dan juga murah.

Kira-kira tips dan trik apa saja yang bisa Anda jalankan? Berikut informasi selengkapnya.

1. Lengkapi toko online Anda dengan form yang simple dan jelas

Dewasa ini, trend belanja online di kalangan masyarakat Indonesia memang cukup menarik. Kemudahan yang diberikan kepada para konsumen serta beragamnya variasi produk yang ditawarkan, menjadi daya tarik tersendiri bagi mereka. Karenanya untuk memancing konsumen melakukan transaksi pembelian, ada baiknya bila Anda memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para konsumen.

Salah satunya saja seperti menyediakan form pembelian yang simple dan juga mudah dipahami calon pembeli. Biasanya, calon konsumen kurang suka bila diminta mengisi form yang terlalu panjang dan berbelit-belit. Untuk itu hilangkan kolom yang kurang penting agar konsumen Anda tak merasa terbebani untuk mengisi form pemesanan dan segera melakukan transaksi pembelian di toko online Anda.

2. Hindari proses registrasi konsumen

Sampai hari ini masih banyak situs website yang memaksa konsumennya untuk melakukan registrasi terlebih dahulu sebelum mereka melakukan transaksi pembelian. Cara ini ternyata kurang disukai para konsumen, sebab sebagian besar dari mereka tidak senang dengan proses pembelian yang terbilang rumit. Untuk menyiasati permasalahan ini, ada baiknya bila Anda memberikan alternatif bagi para pelanggan untuk menyelesaikan transaksi pembelian terlebih dahulu, baru kemudian diberi pilihan untuk kembali ke halaman utama atau melakukan registrasi lanjutan untuk mendaftar sebagai member di toko online Anda.


3. Yakinkan konsumen dengan memberikan gratis ongkos kirim
 

Bagi sebagian besar pelaku bisnis toko online, ongkos kirim merupakan salah satu beban yang sering membatalkan minat beli para konsumen. Tak heran bila sekarang ini mereka mulai memberikan gratis ongkos kirim bagi pelanggan setianya untuk meningkatkan omzet penjualan setiap bulannya.
Menurut hasil survey di lapangan, pengiriman yang diberikan secara gratis menjadi salah satu faktor pendorong yang cukup kuat bagi para konsumen untuk melakukan transaksi pembelian. Untuk itu, tidak ada salahnya bila Anda mencoba memberikan gratis ongkos kirim bagi para pelanggan di Pulau Jawa, atau memberikan gratis ongkos kirim ke berbagai daerah dengan menentukan minimal pembelian di atas nominal tertentu.

4. Yakinkan konsumen bahwa Anda bisa dipercaya


Banyaknya kasus penipuan bisnis online, menjadikan para konsumen lebih waspada untuk melakukan transaksi pembelian di ranah maya. Untuk itu, penting bagi Anda untuk meyakinkan calon konsumen agar bisa merasa lebih aman ketika berbelanja. Contohnya saja dengan memberikan garansi 100% uang kembali bila dalam waktu yang telah ditentukan namun barang yang dipesan belum sampai tujuan, atau bisa juga meyakinkan calon konsumen dengan testimoni dari pelanggan-pelanggan sebelumnya. Dengan begitu, para calon konsumen bisa lebih yakin dengan bisnis Anda dan tak ragu lagi untuk melakukan transaksi pembelian.

5. Tawarkan produk pendukung yang masih berhubungan dengan bisnis Anda

Strategi lain yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan yaitu dengan menawarkan produk-produk pendukung yang masih berhubungan dengan bisnis toko online yang Anda jalankan. Contohnya saja bila Anda mengembangkan toko online yang khusus melayani jual beli handphone, maka tidak ada salahnya bila kemudian Anda menjual beberapa aksesoris tambahan untuk telepon genggam seperti misalnya casing, hard case handphone, screen guard, dompet handphone, baterai handphone, charger, dan lain sebagainya.


Dengan menerapkan kelima tips bisnis di atas, semoga para pemula maupun pelaku bisnis online di Indonesia bisa mendatangkan omzet besar setiap bulannya serta bisa sukses mengembangkan usahanya di ranah maya. Maju terus UKM Indonesia dan salam sukses!

Dapatkan artikel-artikel bermanfaat seperti diatas di BISNIS UKM.COM. Silahkan klik DISINI.
 

Semoga bermanfaat adanya.


Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

M C Heru Purnomo

Owner of Duta Synergy
Green Duta and 
Co-Founder of Organic Duta. 


Artikel ini disponsori oleh :  Duta Synergy

Tidak ada komentar: