Senin, 18 Maret 2013

8 Cara Memperkenalkan Produk Baru Secara Online


Bismillahirahmanirahim
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





Saat ini jalur media online banyak dilirik oleh para pengusaha yang baru saja menjalankan usahanya dan meluncurkan produk- produk yang dimilikinya. Hal itu dikarenakan internet merupakan wadah yang cukup efektif dan efisien untuk melakukan branding, terlebih lagi biaya yang dikeluarkan pun tidak sebesar memasang iklan di TV atau papan-papan iklan di pinggir jalan. Berikut ini ada 8 cara yang dapat diambil dalam melakukan proses branding secara online: 

1. Berikan Identitas Bagi Bisnis Anda 

Membuat logo sepertinya hal pertama yang penting untuk dilakukan, karena itu merupakan sebuah tanda yang dapat digunakan para calon konsumen dalam mengingat usaha atau produk Anda. Setelah logo, bangun identitas lainnya seperti warna, jenis huruf sampai ke gaya bahasa yang sekiranya mewakili usaha yang Anda jalankan. 

2. Website Usaha 

Setelah Anda mengetahui gaya tampilan yang diinginkan, bangunlah sebuah website yang disajikan berdasarkan identitas bisnis yang telah Anda rencanakan sebelumnya. Pastikan website usaha Anda mampu membantu para pengunjung dalam mengenal produk yang Anda tawarkan yang selanjutnya dapat diingat oleh mereka. 

3. E-mail Signature 

Terapkan pemanfaatan kop surat dalam surat- menyurat pada kegiatan komunikasi Anda melalui e-mail. Anda dapat memasang logo dan info lainnya seperti alamat perusahaan pada bagian akhir e-mail. Selain membuat e-mail Anda lebih profesional, hal itu dapat meningkatkan popularitas brand usaha Anda. 

4. Ikuti Trend 

Ikuti trend yang ada setiap saat tanpa harus membuat brand Anda kehilangan jati dirinya. Improvisasi usaha berdasarkan trend yang berlangsung saat itu akan membantu usaha Anda lebih terasa ramah dan mudah dikenal di mata konsumen. 

5. Social Media Branding 

Manfaatkan media sosial seperti Facebook dan Twitter untuk mempromosikan brand dan usaha Anda. Sebarkan info-info penting dan berguna yang berkaitan dengan produk secara berkjala agar konsumen Anda tidak cepat melupakan produk-produk yang Anda miliki. 

 6. Gratisan 

Tawarkan sejumlah "gratisan" kepada para calon konsumen seperti voucher yang bisa didapatkan setelah menjadi member di website Anda. Hal itu dapat memperbesar kemungkinan mereka untuk mencicipi produk Anda. 

7. Masuki Forum Online 

 Bergabunglah ke dalam forum-forum online yang sekiranya banyak dikunjungi oleh para calon konsumen yang sekiranya masuk ke dalam target pasar Anda. 

8. Blog Usaha 

Meskipun website usaha Anda sepertinya sudah cukup memberikan informasi bagi para calon konsumen, pastikan juga Anda menyediakan sebuah alamat khusus sebagai pusat informasi yang selalu up-to-date atau kini lebih dikenal dengan blog. Saat ini tampilan blog dirasa lebih memudahkan bagi para pengunjung web untuk menelusuri info- info penting yang berkaitan dengan produk usaha Anda. 

Semoga bermanfaat adanya. 

Wassalam,
Salam sejahtera selalu. 

M C Heru Purnomo 

Owner of Duta Synergy
Green Duta and 
Co-Founder of Organic Duta. 


Sumber artikel : Sumber

Tidak ada komentar: