Rabu, 03 Oktober 2012

Mengenal PPOK Yuukkk...

Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





Selain jantung, paru-paru merupakan salah satu organ vital bagi kehidupan manusia. Paru-paru berperan penting dalam system pernapasan. Organ ini menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah. Tanpa paru-paru kebutuhan oksigen Anda bakal terganggu.

Tak hanya itu, masih ada lagi tugas paru-paru yang lain. Paru-paru menyeleksi dan mengeluarkan partikel jahat yang masuk lewat saluran pernapasan, seperti debu atau zat kimia dari polusi.

Sayang, seringkali kita kurang memperhatikan kesehatan paru-paru. Padahal, indikator kesehatan paru-paru terganggu cukup mudah terlihat. Misalnya, sulit bernafas ketika berjalan cepat atau sering mengalami batuk-batuk. Para perokok dan orang yang sering tidur larut malam juga tidak luput dari ancaman penurunan fungsi paru-paru.

Jumlah penderita PPOK saat ini semakin meningkat. Menurut WHO di Amerika hampir 32 juta orang terkena PPOK dan diprediksi pada tahun 2020 akan menduduki peringkat 4 sebagai penyakit yang mematikan. Di Indonesia pun mengalami penambahan jumlah penderita PPOK, hal ini disebabkan karena meningkatnya jumlah perokok ( baik aktif maupun pasif ) dan polusi yang ditimbulkan akibat limbah pabrik dan kendaraan bermotor yang terus meningkat. 

Agar kesehatan paru-paru kita tetap terjaga , Pakar Penyakit Dalam Rumah Sakit Mochtar Riady Comprehencive Cancer Centre ( MRCCC) Siloam Hospitals, Jakarta, Martin Rumende menyarankan kita untuk mengecek kondisi paru-paru.

“Supaya kita tahu apa yang terjadi dalam paru-paru. Jangan sampai tahu-tahu Anda sudah terkena penyakit kronis”, papar Martin.

Siapkan pelindung pernapasan

Penyakit yang mengganggu kesehatan paru-paru Anda adalah penyakit yang termasuk kategori Penyakit Paru Obstruktif Konik ( PPOK ). Penyakit kronik ini ditandai oleh adanya hambatan aliran udara di saluran napas yang bersifat progresif non-reversibel atau reversible parsial.

Penyebab penyumbatan aliran udara pada PPOK adalah bronkitis kronik, emfisema, atau gabungan keduanya. Bronkitis kronik adalah kelainan saluran napas yang ditandai dengan batuk kronik berdahak minimal selama tiga bulan dalam satu tahun tanpa adanya pengaruh dari penyakit lain.

Sedangkan emfisema adalah kelainan anatomis paru yang ditandai dengan pelebaran rongga udara distal dan disertai kerusakan dinding alveoli. Pedoman Diagnosis dan Penatalaksanaan Asma dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia menyebut, seringkali penderita bronkitis kronik memperlihatkan tanda-tanda emfisema.

Tak hanya itu, penyakit tuberculosis atau TBC yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis juga jadi ancaman. Penyakit ini bersifat menular melalui percikan ludah saat penderita batuk. Ada pula pneumonia yang disebabkan terjadinya infeksi pada jaringan paru ( parenkim ). Umumnya infeksi ini disebabkan oleh bakteri mycoplasma peneumoniae.

Kanker paru-paru merupakan momok paling menakutkan bagi tubuh. Sebab, berdasarkan data medis, kanker paru-paru termasuk kanker yang menyebabkan banyak kematian di seluruh dunia, seperti halnya kanker serviks pada perempuan.

Sudah begitu, penyakit kanker ini, saat memasuki stadium lanjutan, dapat tumbuh dan menyebar ke bagian tubuh yang lain. Menurut Suhanto Kasmali, Kepala Bidang Pelayanan Medis Rumah Sakit Mediros, Jakarta, penyakit paru-paru merupakan ancaman serius bagi Anda yang tinggal di kota besar dengan tingkat polusi tinggi, seperti Jakarta.

Karena itu, setiap orang perlu menyiapkan alat yang mampu melindungi system pernapasan seperti masker. Bahkan masker wajib hukumnya bagi pengendara motor serta mereka yang bekerja di bidang konstruksi, seperti tukang cat, atau buruh pabrik kimia. Nah sudahkah Anda peduli dengan paru-paru Anda ? 

Berikut adalah beberapa tips hidup sehat untuk penderita PPOK :

1. Berhenti Merokok

Paparan polusi udara terus menerus memang faktor utama yang menyebabkan PPOK, tetapi merokok sama juga dengan paparan polusi. Ketika paru-paru itu sendiri sudah mengalami kerusakan sebaiknya kita menghindari hal-hal yang dapat membuat semakin parah seperti merokok.

2. Konsumsi Obat Secara Teratur

Obat untuk PPOK memang tidak dapat menimbulkan efek secara spontan, namun yang terutama adalah ketaatan untuk terus mengkonsumsinya. Mungkin membutuhkan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan ataupun bertahun-tahun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Saat ini obat PPOK sangat mudah digunakan karena dikemas dalam bentuk inhaler.

3.  Perhatikan Berat Badan

Pada penderita PPOK mempunyai energy yang sangat terbatas sekali, sehingga dengan penambahan berat badan yang berlebihan akan meningkatkan beban kerja tubuh dan mempersulit pernapasan.

4. Hindari Zat Polusi

Sama seperti asma pada umumnya, penderita PPOK akan mengalami peningkatan sensitivitas terhadap udara, seperti bau parfum yang terlalu kuat, debu, asap rokok dan lalin-lain. Oleh karena itu sebaiknya lakukan tindakan pencegahan seperti menggunakan masker saat bepergian, selalu menggunakan saringan AC, rutin membersihkan AC dan lain sebagainya.

5. Jaga Stamina Tubuh

Pada penderita PPOK akan mudah mengalami infeksi paru. Seperti flu biasa hingga menyebabkan pneumonia. Oleh karena itu disarankan untuk selalu menjaga stamina dengan melakukan vaksinasi berkala, rutin konsumsi vitamin dan segera memeriksakan diri ke dokter pada saat awal sakit.

6. Istirahat Cukup

Pada penderita PPOK cenderung mengalami gangguan tidur seperti henti napas mendadak saat tidur atau hipoventilasi. Sehingga membutuhkan terapi oksigen terus menerus. Tanda-tanda mengalami gangguan tidur antara lain nyeri kepala pada pagi hari, mudah mengantuk, mendengkur sangat keras.

7. Rutin Mengikuti Rehabilitasi Paru

Rehabilitasi tidak akan membuat fungsi paru kembali normal namun hal ini sangat  diperlukan untuk membuat tubuh menyesuaikan keadaan akibat PPOK.

8. Lakukan Latihan Bernapas

Ada dua latihan dasar pernapasan, antara lain pertama latihan bernapas dengan mengerutkan bibir, ini dilakukan untuk membantu memperpanjang napas sehingga tidak mudah sesak. Yang kedua adalah latihan bernapas dengan otot pernapasan. Hal ini untuk memperkuat kekuatan otot diafragma sehinnga penderita hanya menggunakan sedikit energy untuk bernapas.

9. Tetap Beraktivitas

Penderita PPOK akan mengalami keterbatasan akibat gejala sesak yang ditimbulkan namun dengan rutin melakukan aktifitas akan membantu memperbaiki kondisi. Aktifitas tidak akan memperbaiki fungsi paru secara langsung namun meningkatkan fungsi jantung dan otot pernapasan sehingga dapat memperbaiki keadaan.

10.  Lakukan Terapi Oksigen Jika Keadaan Parah

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa penderita PPOK berat yang melakukan terapi oksigen akan hidup dua kali lebih panjang dari yang tidak melakukan terapi oksigen.

11. Konsumsi Makanan Sehat

Kebanyakan penderita PPOK akan mengalami penururnan berat badan akibat menurunnya nafsu makan. Hal tersebut disebabkan akibat penderita sesak napas yang sering timbul. Gizi yang tidak tercukupi pada penderita PPOK akan menyebabkan penurunan fungsi paru juga, berkurangnya massa otot pernapasan, menurunnya kemampuan aktifitas sampai meningkatnya resiko kematian.

Berikut adalah beberapa tips mengenai konsumsi makanan untuk penderita PPOK :

1.  Makan lebih sering dengan porsi kecil

Penderita PPOK saat beraktifitas akan membutuhkan energy 10 kali lebih besar daripada orang normal. Saat kekenyangan kita akan menjadi lemas karena otomatis pernapasan terganggu. Oleh karena itu disarankan konsumsi makanan dalam porsi kecil namun ssering sehingga tidak akan cepat kekenyangan. Untuk sehari makanan dapat dibagi menjadi 4 – 6 porsi kecil dan 3 porsi sedang.

2. Pentingnya sarapan

Banyak orang dengan PPOK akan merasa cepat letih saat beraktifitas seharian, oleh karena itu sangat penting untuk konsumsi sarapan bergizi di awal hari saat energy masih tinggi. Konsumsilah 25 – 30 gram serat seperti sereal atau gandum untuk memulai hari. Dapat pula konsumsi oatmeal yang penuh serat tinggi, kalsium, besi dan vitamin. Sumber serat yang baik lainnya adalah kacang-kacangan kering ( kacang polong ), beras merah, buah-buahan segar dan sayuran.

3.  Utamakan makanan tinggi protein

Biasanya penderita PPOK akan cepat lelah saat makan, oleh karena itu makanlah dahulu protein yang tinggi asupan kalori seperti ayam, daging sapi tanpa lemak, ikan panggang, telur kacang-kacangan, tahu.

4.  Minumlah banyak air putih

Konsumsi banyak air putih akan membantu mengurangi lender dari jalan napas. Sebaiknya minum dilakukan setelah makan sehingga tidak menyebabkan cepat kenyang. Saat makan sebaiknya hindari minum setelah makan sehingga tidak menyebabkan cepat kenyang.

 5. Hindari kafein

Kafein dapat menyebabkan meningkatnya rasa gugup dan gelisah yang akan membuat kekambhan PPOK. Maka dari itu hindari produk kafein seperti kopi, teh. Soda berkafein dan coklat.

 6.  Kurangi garam

Garam akan menyebabkan restriksi cairan dalam tubuh sehingga akan membuat sulit bernapas.

7.  Cemilan sehat

Jika Anda perlu untuk mendapatkan berat badan, sebaiknya konsumsi cemilan yang tinggi kalori seperti kacang-kacangan, puding rendah lemak, biskuit gandum, buah-buahan dan sayuran seperti bit, jagung, wortel, dan labu yang kaya vitamin dan mineral serta memiliki lebih banyak kalori dibandingkan sayuran lainnya.

Synergy WorldWide, dengan produk-produk unggulannya pantas untuk Anda pertimbangan dalam rangka mempertahankan performa tubuh Anda sehingga daya tahan tubuh lebih baik dan secepatnya dapat membantu proses pengobatan dari penderita PPOK. Dengan layanan Konsultasi Dokter Gratis dan Jaminan 30 hari uang kembali 100 %, serta diskon 30 % untuk member Synergy WorldWide, maka produk-produk dari Synergy WorldWide layak Anda jadikan pilihan yang pertama. Dapatkan Produk yang sangat bermutu dari Kami. Penggunaan suplemen makanan SynergyWorldWide dapat membantu  Anda agar tetap bugar dan sehat, serta sekaligus untuk memperbaiki status gizi Anda juga.

Adapun produk-produk unggulan dari Synergy WorldWide untuk membantu mempercepat kesembuhan penderita PPOK adalah sebagai berikut :

1. Synergy Liquid Chlorophyll



Klorofil merupakan molekul kimia yang terdapat pada tumbuhan yang aktivitas utamanya adalah membantu reaksi fotosintesis.
Bagi tumbuhan, klorofil diibaratkan seperti darah dalam tubuh manusia. Struktur kimia klorofil pun serupa dengan haemoglobin (sel darah merah). Perbedaan hanya pada inti atom pusat. Klorofil inti atom pusatnya magnesium (Mg), sedangkan haemoglobin inti atom pusatnya adalah besi (Fe).



Liquid Chlorophyll diekstrak dari daun alfalfa (Medicago Sativa) yang disebut “Bapak dari semua tumbuhan yang mengandung lebih dari 60 nutrisi. Liquid Chlorophyll dengan rasa mint yang segar, dapat membantu meningkatkan daya tahan dan membersihkan tubuh dari zat-zat berbahaya.



Keistimewaan


1. Menguatkan sistem peredaran darah, organ reproduksi, pernapasan, pencernaan dan sistem imun.
2. Memaksimalkan pengangkutan oksigen dan membersihkan racun-racun (toksin) dalam tubuh (detoksifikasi) dan mengurangi bau pada mulut & tubuh (antiseptik)
3. Sebagai penyeimbang (regulator), menjaga dan memperbaiki sel-sel yang rusak.
4. Sebagai antioksidan yang kuat, mencegah kanker dan sebagai antiradang.
5. Mengandung minyak Spearmint (Mentha Piperita) yang berguna untuk mengatasi masalah pencernaan seperti sakit perut, muntah dan kembung.



Dapat digunakan untuk penyakit :



1. Anemia (kurang darah)
2. Diabetes, Kolesterol, asam urat tinggi
3. Tumor dan kanker
4. Atherosklerosis, hipertensi dan jantung
5. Nyeri sendi (rheumatoid arthritis), nyeri tulang, nyeri otot (myalgia)
6. Demam berdarah
7. Ginjal
8. Radang tenggorokan, influensa, asma, bronkhitis
9. Sariawan, bau mulut, bau badan
10. Sakit maag (gastritis), sembelit, perut kembung, wasir/ambeien
11. Gangguan menstruasi
12. Hepatitis dan gangguan liver lainnya
13. Osteoporosis
14. Hemofilia
15. Luka baru, luka lama yang sukar sembuh.


Anjuran pemakaian : 

Dewasa : satu sendok teh (5ml) dalam 1 gelas air (240 ml) dua kali sehari
anak dibawah usia 12 tahun : 1/2 sendok teh (2,5 ml) dalam 1/2 gelas air (120 ml) dua kali sehari.



2.Synergy Noni Supreme



Noni (Morinda citrofolia) adalah produk alami untuk kesehatan yang luar biasa. Selama berabad-abad, penduduk di kepulauan Pasifik menggunakan noni sebagai minuman tradisional penambah tenaga.
Noni Supreme bisa membantu proses penyembuhan penyakit :

1. Alergi
2. Asam Urat
3. Batu ginjal
4. Rheumatik
5. Migrain
6. dll.

Dikemas secara khusus agar khasiatnya terjaga, Noni Supreme berfungsi untuk memperbaiki kondisi tubuh serta meningkatkan stamina, kekebalan dan penyerapan nutrisi. Noni Supreme memiliki kemampuan untuk menetralisir radikal bebas. Tidak seperti produk noni lain, Noni Supreme mengandung unsur polisakarida yang tinggi. Polisakarida merupakan senyawa berkhasiat yang telah dikenal dalam dunia kedokteran dan ilmu pengetahuan sebagai senyawa yang mudah diserap oleh tubuh. Oleh karenanya akan membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh dan mengurangi bahaya radikal bebas.

Manfaat

1. Membantu mengurangi sakit persendian dan kerusakan sendi
2. Membantu mengatasi masalah pencernaan
3. Memperkuat sistim kardiovaskular
4. Menunjang sistim struktur tubuh (kulit, rambut, kuku)
5. Meningkatkan keremajaan dan menambah energi
6. Meningkatkan kesehatan mental
7. Merangsang sistim imun
8. Memperbaiki kualitas tidur
9. Menurunkan gula darah

Anjuran pemakaian : 

Dewasa : 30 ml (1 tutup botol kemasan), 1 atau 2 kali sehari.
12 tahun keatas : 15 ml (½ tutup botol kemasan), 1 atau 2 kali sehari.
Usia dibawah 12 tahun : 5 ml (± 2 sendok teh), 1 atau 2 kali sehari.
Kocok dahulu sebelum digunakan.


3. Synergy Colostrum

Colostrum berasal dari susu sapi pilihan, kaya protein dan Immunoglobulin G (Ig-G) yang merupakan faktor utama dalam kekebalan tubuh. Colostrum adalah susu perdana berupa cairan kekuning-kuningan dan kental, yang dihasilkan kelenjar susu wanita atau mamalia beberapa jam setelah melahirkan.


Colostrum merupakan substansi supernutrisi yang disekresikan oleh kelenjar susu sapi (bovine). Sekresi terjadi pada 24-48 jam pertama setelah sapi melahirkan. Colostrum mengandung 5 jenis immunoglobulin (antibodi) dan lactiferin yang dapat bertindak sebagai antivirus, antibakteri dan berperan dalam proses pengikatan protein dengan zat besi. Peran colostrum tak ubahnya antibiotika serba bisa. Bedanya, ia berasal dari alam. Sejumlah dokter di dunia menyampaikan pengakuan kalau jasa colostrum memang sungguh luar biasa. Belum ada zat pengganti lain yang sekuat dan selengkap yang bisa colostrum berikan ketika usia kita kian merangkak tua. Bagi tubuh orang dewasa, colostrum tak ubahnya imunisasi alami. Imunisasi yang tak ada duanya karena paling lengkap kemampuan perlindungannya. Satu-satunya zat spesial untuk melindungi tubuh dari beraneka ragam penyakit infeksi.

Manfaat :

• Suplemen gizi bagi anak-anak maupun orang dewasa;
• Nutrisi yang cocok untuk ibu hamil dan usia lanjut;
• Membantu meningkatkan daya tahan tubuh;
• Memberikan kontribusi kalsium;
• Berfungsi sebagai antibakteri, antitoksin dan antivirus;
• Kandungan IGF-1-nya berguna untuk menormalkan kadar gula darah.

Anjuran pemakaian : 

1 kapsul 4 kali sehari,
Satu jam sebelum makan dan sebelum tidur malam.
Aturan pakai untuk anak bisa dikonsultasikan lebih lanjut. 



Semoga bermanfaat adanya.



Wassalam,
Salam sehat ber-Synergy



Untuk mendapatkan produk ini bisa menghubungi kami :
Independen Distributor Synergy WorldWide


Mochamad Choliq Heru Purnomo ( 
Mas Heru)
email : cholicm@gmail.com
No. Telp. : 083866947437


Disadur dari sumber :

1. Tips Hidup Sehat pada Penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronik PPOK

2. Penyakit paru-paru ancam warga kota besar

3. Katalog Produksi Synergy Worldwide.


Tidak ada komentar: