Selasa, 30 Oktober 2012

Uniknya Rumah Bambu Di Green Village

Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





Bekerja sama dengan Green School, “Green Village” merupakan sebuah desa yang terdiri atas kumpulan bangunan rumah bambu yang ramah lingkungan yang dibangun di sepanjang Sungai Ayung oleh Lembaga Pendidikan Green School di Bali. Jarak antara Green School dengan Green Village bisa dicapai dengan berjalan kaki dari lembaga pendidikan tersebut.




Green School sendiri merupakan salah satu pusat pendidikan yang sudah dianugerahi penghargaan oleh U.S. Green Building Council’s Center sebagai “sekolah alam terhijau di bumi” tahun 2012. Sedangkan Green Village merupakan desa yang terdiri atas kumpulan rumah-rumah yang sengaja dibangun untuk bisa disewakan ke turis, dimana hasil pendapatan sewa rumah tersebut akan didonasikan untuk pemberian beasiswa kepada murid-murid di Green School.
Elora Hardy, arsitek sekaligus CEO dari proyek pembangunan rumah di Green Village, mengajak para tukang kayu setempat untuk ikut berpartisipasi merancang pembangunan rumah di Green Villge. Konsep hunian rumah yang hidup berdampingan dengan pemandangan alam ini, hanya menggunakan bambu sebagai satu-satunya bahan bangunan.



Ya, bambu memang termasuk kayu-kayuan yang fleksibel. Bambu dengan mudah bisa ditekuk-tekuk mengikuti bentuk arsitektur yang diinginkan. Selain itu bambu juga termasuk material yang kuat dan tahan terhadap tekanan. Hanya saja untuk bisa awet, butuh pengawetan secara khusus sebelum dipakai menjadi bahan bangunan. Apalagi rayap sangat suka memakan material bambu yang bisa menyebabkan konstruksi rumah menjadi keropos.




Fitur unik lain dari rumah ini selain bahan materialnya yang semuanya terbuat dari bambu, adalah bentuk jendela dan pintunya yang dibuka dengan cara diputar. Semua pintu dan jendela diberi kaca besar transparan sehingga cahaya matahari dapat keluar masuk dengan bebas. Desain interior rumah ini juga sangat futuristik dan lepas dari kesan ketinggalan zaman. Lihat saja bentuk kursi, meja, kasur dan furnitur bamboo lainnya yang berbentuk sangat unik, fashionable dan nyaman.







Semoga bermanfaat adanya.

Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

Mochamad Choliq Heru Purnomo


Dikutip dari : SUMBER

Disponsori oleh :


Solusi tepat alih belanja pulsa Anda. Daftar GRATIS dan bonus MELIMPAH.
















Tidak ada komentar: