Rabu, 17 Oktober 2012

Peluang Usaha Keripik Buah dan Sayur


Bismillahirahmanirahim
Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Indonesia adalah negara yang subur dengan jumlah penduduk yang besar. Jumlah penduduk yang besar dan kekayaan alam yang berlimpah merupakan potensi yang besar apabila kita dapat memanfaatkannya. Oleh karena itu pengembangan agribisnis dan agroindustri diharapkan semakin meningkat dan maju seiring dengan kondisi ini.
Komoditas agribisnis yang paling tepat untuk dikembangkan adalah komoditas hortikultura, yaitu usaha yang bergerak di bidang pengolahan bahan pangan seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Sangatlah mudah menemukan buah-buahan dan sayur-sayuran setiap harinya di Indonesia yang sebenarnya memberikan kesempatan peluang usaha yang besar.
Selain itu masyarakat saat ini juga semakin sadar akan perlunya pemenuhan kebutuhan gizi dalam tubuhnya, sehingga dengan keunggulan yang dimiliki oleh buah dan sayur sebagai pemenuhan gizi dan kemudahan dalam mendapatkannya maka ini bisa menjadikan peluang besar bagi kita untuk memanfaatkannya sebagai usaha.
Tetapi kenyataanya, dibalik kekayaan alam yang berlimpah terselip sekelumit masalah yang dihadapi petani kita. Apa itu?
Banyak buah dan sayur yang terbuang sia-sia… Seperti kita ketahui, buah dan sayur merupakan hasil pertanian yang mempunyai sifat tidak tahan lama. Apa lagi jika musim panen raya tiba, petani kebingungan menjual hasil kebunnya karena harga jual buah dan sayur anjlok, bahkan busuk di pohon karena tidak bisa terjual. Alangkah sayang bukan jika potensi yang besar ini kemudian tidak tergarap secara maksimal!!
Bagaimana solusinya?
Mengolah buah-buahan dan sayuran menjadi keripik dengan sedikit bantuan teknologi sederhana merupakan salah satu solusi cemerlang yang dapat mendatangkan keuntungan berlimpah. Setelah diolah menjadi keripik buah atau keripik sayur akan menyebabkan nilai jual buah dan sayuran akan semakin tinggi. Keripik pisang, ubi jalar, sukun mungkin sudah sering kita jumpai, tapi kalau keripik nangka, salak, jamur tiram, bahkan apel dan melon yang banyak mengandung air, bisakah dijadikan keripik? Tentunya akan sangat sulit untuk mengeringkan buah/sayur dengan kadar air yang tinggi secara alami. Namun dengan bantuan alat vacuum frying kita dapat menyulap buah-buahan dan sayur-sayuran segar menjadi cemilan keripik yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan makanan ringan yang penuh serat dan menyehatkan.
Mengapa harus dengan vacuum frying?
1.    Vacuum frying bisa mengontrol suhu sehingga buah atau sayur yang di goreng tidak akan lembek atau meleleh seperti jelly, bisa krispi tanpa menjadi gosong.
2.    Dapat menghasilkan keripik buah dan sayur dengan kualitas, rasa dan aroma yang hampir rata-rata sama dengan buah segarnya sehingga mempermudah masyarakat dalam mengkonsumsi buah dan sayuran.
3.    Dengan teknologi vacuum frying, akan mampu menurunkan titik didih minyak sehingga buah-buahan berkadar air tinggi yang diolah menjadi keripik tidak mudah hangus, krispi serta warna, aroma, dan cita rasa alami buah/sayuran bisa dipertahankan.

Untuk informasi mengenai Vacuum Frying ini bisa mengunjungi site berikut ini www.anekamesin.com atau bisa juga mengunjungi http://www.vacuumfrying.com




Seperti inilah bentuk dari Vaccum Frying

Tertarik memulai bisnis ini??

Bicara masalah bisnis tentu tak akan lepas dari melihat 

peluang-peluang yang ada.
Jadi bagaimana peluang usahanya?!


1. Sayuran dan buah yang sudah diolah menjadi keripik bisa mendatangkan keuntungan yang lebih besar dari pada diolah biasa. Peluang pasar keripik buah dan sayur sangat baik, mengingat tingkat persaingan yang masih rendah.

2.  Peluang pasar cukup luas. Kita bisa menjual keripik buah ini di mana saja. Kita bisa membentuk tim penjualan. Caranya, mengumpulkan pedagang kaki lima dan asongan atau menitipkan produk di toko swalayan ataupun toko-toko makanan.

3.  Sebagai snack alternatif yang cukup sehat dan bergizi, produk ini juga cukup diminati di pasar ekspor karena merupakan produk pangan yang tidak mengandung bahan-bahan kimia.
Bisnis camilan memang tak pernah sepi permintaan. Kehidupan masyarakat yang cukup lekat dengan kebiasaan ngemil, ternyata menjadi salah satu faktor keberhasilan bisnis camilan di Indonesia. Terbukti, kriuk-kriuk peluang bisnis camilan kini bisa mendatangkan untung besar setiap bulannya.
Dari sekian banyak camilan yang beredar di pasaran, keripik sayur merupakan salah satu jenis makanan ringan yang belakangan ini banyak digemari para konsumen. Rasanya yang gurih, renyah, dan juga menyehatkan, tidak hanya diterima pasar dengan baik, namun juga mendatangkan banyak keuntungan bagi para pelakunya.
Keripik merupakan salah satu jenis makanan ringan yang paling digemari oleh semua orang. Sebagai camilan favorit, keripik dikenal memiliki rasa yang gurih, renyah, dan enak dinikmati dalam beragam suasana. Bagi kebanyakan orang, menikmati keripik seperti terhipnotis, dimana belum akan berhenti ketika keripik tersebut belum habis. Saat ini mulai banyak bermunculan inovasi-inovasi keripik berbahan sayuran yang tentunya memiliki kandungan gizi tinggi, sehingga bisa menjadi alternatif makanan ringan yang menyehatkan.
Bayam, seledri, kemangi, kenikir, dan daun singkong merupakan sayur-sayuran yang banyak dikreasi menjadi keripik sehat. Cita rasanya pun tidak kalah dengan keripik-keripik dengan bahan baku lain yang sudah umum di mata masyarakat. Bahkan, keripik sayur dijamin memiliki manfaat yang bisa menyehatkan tubuh karena memiliki kandungan gizi yang tinggi. 


Keripik Daun Kenikir


Manggleng Pedas Manis


Keripik Daun Kemangi
Info foto diambil dari BisnisUKM.com


Bagaimana tertarik memulai bisnis ini??

Anda bisa mengawalinya dengan menjadi Agen / Reseller produk aneka jenis keripik sayur ini di seluruh Indonesia.
Info cara pemesanan silahkan klik BisnisUKM.com

Semoga bermanfaat adanya.

Wassalam,
Salam sejahtera selalu,
M C Heru Purnomo



Artikel ini bersumber dan disponsori oleh : BisnisUKM.com

4 komentar:

Ferry mengatakan...

trims pak infonya



silakan visit http://gudangkeripik.com untuk produk keripik yang berkualitas :)

Catatan Mas Heru mengatakan...

Sama-sama pak Ferry. Terimakasih ya untuk kunjungannya di blog sederhana ini....siap menuju ke TKP penjenengan....

Unknown mengatakan...

untuk pendukung pengolahan keripik buah silahkan mampir ke blog sya pak http://saranamesin.blogspot.com/2014/08/mesin-vacuum-frying-js-vf50.html
maturnuwun

Catatan Mas Heru mengatakan...

Siap agan Rhaka Dhanan Bhrawijaya...langsung meluncur ke TKP....