Selasa, 18 Juni 2013

Demam Berdarah Dengue














Bismillahirahmanirahim
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Demam Berdarah (DB) adalah penyakit demam akut yang disebabkan oleh virus dengue, yang masuk ke peredaran darah manusia melalui gigitan nyamuk dari genus Aedes, misalnya Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Terdapat empat jenis virus dengue berbeda, namun berelasi dekat, yang dapat menyebabkan demam berdarah. Virus dengue merupakan virus dari genus Flavivirus, famili Flaviviridae. Penyakit demam berdarah ditemukan di daerah tropis dan subtropis di berbagai belahan dunia, terutama di musim hujan yang lembap. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan setiap tahunnya terdapat 50-100 juta kasus infeksi virus dengue di seluruh dunia.

Penyebab

Penyebab utama penyakit demam berdarah adalah virus dengue, yang merupakan virus dari famili Flaviviridae. Terdapat 4 jenis virus dengue yang diketahui dapat menyebabkan penyakit demam berdarah. Keempat virus tersebut adalah DEN-1, DEN-2, DEN-3, dan DEN-4. Gejala demam berdarah baru muncul saat seseorang yang pernah terinfeksi oleh salah satu dari empat jenis virus dengue mengalami infeksi oleh jenis virus dengue yang berbeda. Sistem imun yang sudah terbentuk di dalam tubuh setelah infeksi pertama justru akan mengakibatkan kemunculan gejala penyakit yang lebih parah saat terinfeksi untuk ke dua kalinya. Seseorang dapat terinfeksi oleh sedikitnya dua jenis virus dengue selama masa hidup, namun jenis virus yang sama hanya dapat menginfeksi satu kali akibat adanya sistem imun tubuh yang terbentuk.


Virus dengue dapat masuk ke tubuh manusia melalui gigitan vektor pembawanya, yaitu nyamuk dari genus Aedes seperti Aedes aegypti betina dan Aedes albopictus. Aedes aegypti adalah vektor yang paling banyak ditemukan menyebabkan penyakit ini. Nyamuk dapat membawa virus dengue setelah menghisap darah orang yang telah terinfeksi virus tersebut. Sesudah masa inkubasi virus di dalam nyamuk selama 8-10 hari, nyamuk yang terinfeksi dapat mentransmisikan virus dengue tersebut ke manusia sehat yang digigitnya. Nyamuk betina juga dapat menyebarkan virus dengue yang dibawanya ke keturunannya melalui telur (transovarial). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa monyet juga dapat terjangkit oleh virus dengue, serta dapat pula berperan sebagai sumber infeksi bagi monyet lainnya bila digigit oleh vektor nyamuk.



Tingkat risiko terjangkit penyakit demam berdarah meningkat pada seseorang yang memiliki antibodi terhadap virus dengue akibat infeksi pertama. Selain itu, risiko demam berdarah juga lebih tinggi pada wanita, seseorang yang berusia kurang dari 12 tahun, atau seseorang yang berasal dari ras Kaukasia. (1)

Gejala dan Tanda-tanda
 
Gejala utama dari demam berdarah dengue adalah demam yang mendadak tinggi (>39oC), terus menerus  selama 2-7 hari, kemudian turun dengan cepat dan biasanya diikuti dengan;
  • Nyeri kepala
  • Menggigil
  • Lemas
  • Nyeri di belakang mata
  • Nyeri otot dan tulang
  • Ruam kulit (kulit kemerahan)
  • Anoreksia
  • Mual muntah
Selanjutnya akan diikuti oleh tanda perdarahan seperti;
  • Gusi berdarah
  • Mimisan
  • Timbul bintik-bintik merah pada kulit (petekie)
  • Muntah darah
  • Buang air besar berwarna hitam
Pada fase demam biasanya diikuti oleh fase kritis selama 2-3 hari. Pada fase kritis ini suhu tubuh menurun, bagian tubuh seperti tangan dan kaki dingin dan biasanya merasa seperti sudah sembuh. Padahal pada fase ini kita harus waspada, sebab bisa terjadi sindrom syok dengue yang dapat mengancam jiwa.
 
Laboratorium

Pada awal fase demam akan dijumpai jumlah leukosit normal, kemudian jumlah leukosit akan menurun selama fase demam.  Jumlah trombosit pada awal demam pada umumnya normal,  penurunan jumlah trombosit (< 100.000/mm3) biasanya ditemukan antara hari ketiga sampai ketujuh. Pemeriksaan trombosit perlu diulang sampai terbukti bahwa jumlah trombosit dalam batas normal atau menurun.  Peningkatan kadar hematokrit (Ht) selalu dijumpai pada DBD, karena hal ini merupakan indikator terjadinya kebocoran plasma.  Untuk pemeriksaan radiologis (foto rontgen dada) hanya untuk melihat adanya kebocoran cairan ke dalam rongga dada.

Pencegahan

Pemberantasan DBD seperti juga penyakit menular lain, didasarkan atas pemutusan rantai penularan. Dalam hal DBD, komponen penularan terdiri dari virus, Aedes aegypti dan manusia. Karena sampai saat ini belum terdapat vaksin yang efektif terhadap virus itu, maka pemberantasan ditujukan pada menusia dan terutama pada vektornya dengan melaksanakan Pemberantasan Sarang Nyamuk DBD (PSN-DBD). Tempat berkembang biak nyamuk Aedes aegypti adalah penampungan air bersih yang tidak langsung berhubungan dengan tanah seperti : bak mandi/wc, minuman burung, air tandon, air tempayan/gentong, kaleng, ban bekas, talang air, dll.  



Pengobatan

Pada dasarnya pengobatan DBD bersifat suportif, yaitu mengatasi kehilangan cairan sebagai akibat dari kebocoran plasma dan perdarahan. Obat-obatan yang diberikan bersifat simtomatik (mengobati gejala) bila demam diberikan antipiretik (penurun demam), mual diberikan antiemetik dst. Rasa haus dan keadaan kekurangan cairan dapat timbul sebagai akibat demam tinggi, anoreksia dan muntah. Jenis minuman yang dianjurkan adalah jus buah, teh manis, sirup, susu, serta larutan oralit. Apabila cairan oral tidak dapat diberikan maka sebaiknya pasien dirawat untuk diberikan cairan infus. Pasien diharapkan tirah baring selama masih demam maupun fase syok dan selalu di monitor kadar trombosit serta kadar hematokrit sampai normal kembali. (2)

Pengobatan Alternatif DBD Dengan Produk-produk Synergy World Wide

Synergy World Wide sebagai salah satu perusahaan yang perduli dengan kesehatan masyarakat telah mengeluarkan produk-produk berkualitas yang akan membantu menunjang kesehatan dan kesembuhan penyakit yang diderita oleh kita. Tidak tekecuali penyakit Demam Berdarah Dengue ini. Produk Synergy yang bisa kami rekomendasikan adalah Synergy Liquid Chlorophyll dan Synergy Colostrom.



Fungsi utama klorofil :
  • Meningkatkan jumlah sel-sel darah, khususnya meningkatkan produksi hemoglobin dalam darah
  • Mengatasi anemia
  • Membersihkan jaringan tubuh
  • Membersihkan hati dan membantu fungsi hati
  • Meningkatkan daya tahan tubuh terhadap senyawa asing (virus, bakteri, parasit, dan lain-lain)
  • Memperkuat sel
  • Melindungi DNA terhadap kerusakan. Yang terpenting dari molekul klorofil ini adalah aman terhadap tubuh.
Mengingat serangan virus dengue menyebabkan gejala-gejala perdarahan dan menurunnya jumlah trombosit, pengobatan dengan klorofil selayaknya dilirik sebagai upaya alternatif bagi pengobatan Demam Berdarah. Dari sisi pencegahan, mengonsumsi klorofil merupakan tindakan bijaksana dalam meningkatkan pertahanan tubuh sehingga memungkinkan kita melawan benda asing yang masuk ke dalam tubuh, tak terkecuali virus dengue. Sirkulasi darah yang bersih dan kaya akan sel darah merah untuk membawa oksigen merupakan mekanisme pertahanan tubuh alamiah yang paling andal. Synergy telah mengembangkan produk Liquid Chlorophyll yang merupakan ekstrak zat hijau daun Alfafa.

Klorofil mengobati penyakit demam berdarah melalui aktifitasnya yang merangsang mekanisme perubahan protrombin menjadi trombin dan trombin menjadi trombosit di dalam tubuh. Pasien yang terserang virus dengue, mengalami penurunan trombosit yang tajam dan diikuti dengan tubuh yang melemah. Klorofil membantu meningkatkan kekebalan tubuh disamping potensi utamanya mengubah protrombin-trombin-trombosit sehingga dalam waktu 24 jam, tingkat pembentukan trombosit dapat dipulihkan.



Manfaat Colostrum :
  • Suplemen gizi bagi anak-anak maupun orang dewasa.
  • Nutrisi yang cocok untuk ibu hamil dan usia lanjut.
  • Membantu meningkatkan daya tahan tubuh ( Anti Bodi)
  • Memberikan kontribusi kalsium.
  • Berfungsi sebagai antibakteri, antitoksin dan antivirus.
  • Kandungan IGF-1-nya berguna untuk menormalkan kadar gula darah.
  • Mengatasi masalah pencernaan.
  • Menunrunkan kadar Kolesterol.
  • Menghindari Osteoporosis. Membantu menyehatkan dan menghaluskan kulit.
  • Membantu pencegahan dan penyembuhan berbagai penyakit ( diabetes, Bronchitis, Alergi, Liver, Amandel, Malaria, Migrain, TBC, Penyakit kelamin,Pharangitis, Kanker, Keropos tulang, Herpes, Asma Dll.)
Faktor imun Colostrum membantu tubuh melawan berbagai “penyerbu” yang berbahaya, seperti virus, bakteri, ragi, dan jamur. Setiap faktor memiliki peranan yang spesifik dalam pertahanan tubuh kita melawan “penyerbu – penyerbu” ini. Colostrum mengandung lebih dari 20 antibodi yang spesifik untuk patogen – patogen E coli salmonella, rotavirus, candidda, streptococcus, staphylococcus, H pylori, dan cryptosporidia. Dengan kandungan Imuno Globulin yang terkandung dalam Colostrum ini maka daya tahan tubuh bisa ditingkatkan. Sehingga serangan virus Dengue akan bisa dihalau keluar dari tubuh dengan segera.

Semoga bermanfaat adanya.

Wassalam,
Salam sehat selalu,


Synergy WorldWide's Independent Distributor

Owner of Duta Synergy

NB :

Untuk mengetahui detail dari produk Synergy World Wide untuk penyakit Demam Berdarah Dengue (BDB) ini silahkan kontak kami di :

Email   : cholicm@gmail.com
Phone  : 083866947437

Tidak ada komentar: