Rabu, 31 Oktober 2012

KOMUNIKASI PERSONAL DALAM KONTEKS PERSAHABATAN

Bismillahirahmanirahim
Assalamau'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yamg menggambarkan perilaku kerjasama dan saling mendukung antar dua orang atau lebih. Dalam pengertian ini, istilah-istilah persahabatan mengambarkan suatu hubungan yang melibatkan beberapa hal. Hal tersebut antara lain bahwa sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukan kesetiaan satu sama lain. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku saling menolong, saling memberi seperti tukar menukar nasehat saling member masukan dan menolong dalam kesulitan. Sahabat adalah orang yang akan memperlihatkan perilaku yang bebalasan dan reflektif. Meskipun demikian bagi banyak orang persahabatan seringkali tidak lebih dari pada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan dan menyakiti mereka.
Nilai yang terdapat dalam persahabatan sering kali apa yang di hasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan perlakuan yang konsisten, perlakuan tersebut antara lain:
-       Perlakuan memberikan apa yang terbaik bagi satu sama lain
-       Simpati atau empati
-       Kejujuran ,meskipun dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk   mengucapkan kebenaran
-       Saling pengertian
Sering kali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat di ungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit , ketika mereka datang untuk menolong, dibandingkan hubungan pribadi persahabatan di anggap lebih dekat daripada sekedar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antara kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda, bagi banyak orang persahabatan merupakan hubungan yang lebih dekat, serta lebih mengenal satu sama lain daripada pertemanan. Dalam konteks persahabatan ada 3 hal pedoman untuk memupuk kepercayaan komunikasi antar personal di dalam hubungan persahabatan , yaitu :
a) Berusaha aktif memperluas kepercayaan terhadap sesuatu yang terjadi di sekeliling kita, meskipun pada sebagian orang, hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama
b) Kepercayaan terhadap orang lain haruslah bersifat sementara, dilakukan sedikit demi sedikit dengan memberikan penjelasan mengenai apa yang kita kawatirkan “ apa yang kita terapkan dari teman kita “, serta “ apa yang ingin kita capai “
c) Kepercayaan tidak banyak diberikan tetapi juga diperoleh. Ketika kita menjalani hubungan persahabatan , kita akan mengharapkan adanya kepecayaan terhadap sahabat kita dan juga akan memberikan kepercayaan kepadanya. Selain kepercayaan , kita juga perlu mengembangkan ras tanggung jawab dalam membina hubungan persahabatan yang baik.
Dalam komunikasi antar personal terdapat beberapa hambatan yang ada, hambatn-hambatan tersebut antara lain sebgai berikut :
1.    Bahasa
Dalam komunikasi peranan bahasa sangat penting karena bahasa merupakan salah satu alat bahasa verbal yang digunakan dalam berkomunikasi. Bila dalam suatu komunikasi ada kesalahpahaman yang terjadi yang disebabkan oleh bahasa itu akan menjadi hambatan dalam komunikasi .
2.    Budaya
Budaya juga sangat penting dan berpengaruh. Bila dalam komunikasi ada perbedaan latar budaya dan tidak terdapat titik temu antar satu dengan yang lain hal ini dapat menjadi bomerang dalam proses komunikasi sehingga dapat menimbulkan kesalahpahaman antar personal yang dapat membuat perpecahan.
3.    Kebenaran yang semu
Maksud dari kebenaran yang semu adalah benar tidak dan salahpun juga tidak. Dan dalam kata-kata yang digunakan ada bumbu kebohongan di dalamnya.Dalam sebuah komunikasi harus ada kejelasan ataupun kejujuran agar ada keterbukaan antar personal.
4.    Penipuan
Hambatan komunikasi yang lain adalah penipuan. Dalam sebuah komuikasi bila terjadi penipuan akan merusak keakraban yang sudah terjadi dan sudah terpelihara selama ini.
5.    Tujuan yang tidak jelas.
Dalam komunikasi harus ada kejelasan dalam berhubungan agar ada tujuan yang pasti,apabila tidak ada tujuan yang jelas akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.Misalnya misskomunikasi yang dapat memecahkan hubungan antar sahabat ataupun hubungan antar personal yang lainya.
6.    Salah paham
Terkadang di dalam suatu komunikasi terjadi salah paham dalam interpretasi, respon, dan asumsi. Dan ini membuat suatu kesalahpahaman dalam berkomunikasi sehingga dari kesaahpahaman ini bisa terjadi perusakan suatu komunikasi.Selain itu apabila kesalahpahaman terus berlanjut dalam suatu hubungan komunikasi.Hubungan komunikasi antar personal tersebut bisa pecah atau ada pemutusan hubungan.
7.    Sisi historis/ pengalaman
Setiap orang pasti memiliki pengalaman sendiri-sendiri bila dari pengalaman orang yang satu dengan yang lain tidak ada titik temu maka terjadi kesalahpahaman. Dan bila orang yang bersangkutan tidak segera memperbaiki bisa saja terjadi perusakan yang berakhir dengan pemutusan suatu hubungan atau komunikasi.
8.    Menganggap enteng lawan bicara
Dalam suatu komunikasi atau hubungan kita harus bisa menghormati antar personal agar tercipta suatu hubungan yang harmonis. Tapi apabila tidak ada rasa saling menghormatimaka akan terjadi hal-halyang tidak diiiginkan misalnya pemutusan hubungan.
9.    Mendominasi pembicaraan
Komunikasi dua arah akan berhasil bila kita saling mengisi dan melengkapi. Bila ada seorang yang lebih mendominasi suatu pembicaraan komunikasi tersebut tidak akan efektif dan tidak akan berjalan dengan lancar.
10. Pihak ketiga
Ketika terjadi komunikasi dua arahjangan sampai ada pihak ketiga yangdatang karena pihak ketiga atau orang yang tidak diundang dapat merusak suatu komunkasi yang sudah terbina dari awal. Hal ini dapat terjadi karena pihak ketiga tidak tahu dari awala apa yang terjadidalam komunikasi dua arah yang sebelumnya dan dai bisa merusak sedikit demisedikit komunikasi atau hubungan yang sudah etrciptasebelumnya.
Dengan adanya, tiap personal terjadi proses komunikasi yang bertujuan untuk mengenali satu dengan lainnya, maka dari itu komunikasi yang terjalin harus terdapat pengertian serta kepercayaan antar persona, selain itu terdapat beberapa komponen yang harus dijaga untuk menjaga hubungan komunikasi agar tidak terjadi kesalah-pahaman yang dapat mengakibatkan perusakan atau pemutusan.
Semoga bermanfaat adanya.
Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

Mochamad Choliq Heru Purnomo.



Disadur dari : SUMBER

Disponsori oleh : 



Solusi tepat alih belanja pulsa Anda. Daftar GRATIS dan bonus MELIMPAH.






Selasa, 30 Oktober 2012

Uniknya Rumah Bambu Di Green Village

Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh





Bekerja sama dengan Green School, “Green Village” merupakan sebuah desa yang terdiri atas kumpulan bangunan rumah bambu yang ramah lingkungan yang dibangun di sepanjang Sungai Ayung oleh Lembaga Pendidikan Green School di Bali. Jarak antara Green School dengan Green Village bisa dicapai dengan berjalan kaki dari lembaga pendidikan tersebut.




Green School sendiri merupakan salah satu pusat pendidikan yang sudah dianugerahi penghargaan oleh U.S. Green Building Council’s Center sebagai “sekolah alam terhijau di bumi” tahun 2012. Sedangkan Green Village merupakan desa yang terdiri atas kumpulan rumah-rumah yang sengaja dibangun untuk bisa disewakan ke turis, dimana hasil pendapatan sewa rumah tersebut akan didonasikan untuk pemberian beasiswa kepada murid-murid di Green School.
Elora Hardy, arsitek sekaligus CEO dari proyek pembangunan rumah di Green Village, mengajak para tukang kayu setempat untuk ikut berpartisipasi merancang pembangunan rumah di Green Villge. Konsep hunian rumah yang hidup berdampingan dengan pemandangan alam ini, hanya menggunakan bambu sebagai satu-satunya bahan bangunan.



Ya, bambu memang termasuk kayu-kayuan yang fleksibel. Bambu dengan mudah bisa ditekuk-tekuk mengikuti bentuk arsitektur yang diinginkan. Selain itu bambu juga termasuk material yang kuat dan tahan terhadap tekanan. Hanya saja untuk bisa awet, butuh pengawetan secara khusus sebelum dipakai menjadi bahan bangunan. Apalagi rayap sangat suka memakan material bambu yang bisa menyebabkan konstruksi rumah menjadi keropos.




Fitur unik lain dari rumah ini selain bahan materialnya yang semuanya terbuat dari bambu, adalah bentuk jendela dan pintunya yang dibuka dengan cara diputar. Semua pintu dan jendela diberi kaca besar transparan sehingga cahaya matahari dapat keluar masuk dengan bebas. Desain interior rumah ini juga sangat futuristik dan lepas dari kesan ketinggalan zaman. Lihat saja bentuk kursi, meja, kasur dan furnitur bamboo lainnya yang berbentuk sangat unik, fashionable dan nyaman.







Semoga bermanfaat adanya.

Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

Mochamad Choliq Heru Purnomo


Dikutip dari : SUMBER

Disponsori oleh :


Solusi tepat alih belanja pulsa Anda. Daftar GRATIS dan bonus MELIMPAH.
















Rabu, 24 Oktober 2012

Nyontek Bisnis, Sah-Sah Saja !!!

Bismillahirahmanirrahim
Asalmu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh






Mungkin sebagian pembaca pernah mendengar nama atau bahkan mungkin pernah juga mengenyam bimbingan belajar di Lembaga Pendidikan Primagama. Primagama pada awalnya didirikan oleh Purdie Candra bersama teman-temanya pada tanggal 10 Maret 1982. Pada saat mendirikan lembaga pendidikan ini, Purdie masih berstatus sebagai mahasiswa di 4 fakultas dari 2 Perguruan Tinggi Negeri di Yogyakarta. Namun karena merasa “tidak mendapat apa-apa” ia nekad meninggalkan dunia pendidikan untuk menggeluti dunia bisnis.Secara tak resmi, pria kelahiran Lampung 9 September 1959 ini memang sudah mulai berbisnis sejak ia masih duduk di bangku SMP di Lampung, yakni ketika dirinya beternak ayam dan bebek, dan kemudian menjual telurnya di pasar.

Pada masa awal , Candra banyak megalami kesulitan dalam merintis lembaga bimbingan . Hal ini dikarenakan masih banyaknya orang yang tak menyadari akan pentingnya pendidikan belajar di luar sekolah dan masih belum terkenalnya sistem lembaga belajar atau les. Dengan “jatuh bangun” Purdi menjalankan Primagama. Dari semula hanya 1 outlet dengan hanya 2 murid, Primagama sedikit demi sedikit berkembang. Purdi selalu ditemani sang istri untuk berkeliling kota di seluruh Indonesia membuka cabang-cabang Primagama. Dan atas bantuan istrinya pula usaha tersebut makin berkembang.

Kini murid Primagama sudah menjadi lebih dari 100 ribu orang per-tahun, dengan ratusan outlet di ratusan kota di Indonesia. Karena perkembangan itu Primagama ahirnya dikukuhkan sebagai Bimbingan Belajar Terbesar di Indonesia oleh MURI (Museum Rekor Indonesia). Bahkan kini Primagama sudah menjadi Holding Company yang membawahi lebih dari 20 anak perusahaan yang bergerak di berbagai bidang seperti: Pendidikan Formal, Pendidikan Non-Formal, Telekomunikasi, Biro Perjalanan, Rumah Makan, Supermarket, Asuransi, Meubelair, Lapangan Golf dan lain sebagainya. la sukses membuat Primagama beromset hampir 70 milyar per tahun, dengan 200 outlet di lebih dari 106 kota.

Sebagai tokoh yang bergerak di bidang pendidikan, apa kata Purdie Candra tentang nyontek dalam berbisnis ? Ini artikelnya :





Apa boleh kita menyontek bisnis atau kesuksesan pengusaha lain? Saya kira dalam dunia usaha, itu sah-sah saja. Apalagi bagi kita yang baru belajar memulai usaha. Saya sendiri ketika pertama kali buka usaha sewaktu mahasiswa dulu, saya juga bingung mau usaha apa. Saya lihat, Sky Mulyono sukses besar buka bimbingan belajar di Jakarta. Saya pikir, kenapa saya tidak buka bimbingan belajar di Yogya.

Waktu itu saya belum punya pengalaman bisnis. Pokoknya saya buka saja. Saya tak pernah menghitung-hitung, apakah bisnis itu feasible atau tidak. Karena saya yakin kalau usaha Sky Mulyono bisa sukses, maka saya pun bisa sukses. Pendeknya saya memberanikan membuka usaha bimbingan belajar itu, baru hitungan bisnisnya menyusul. Bukan sebaliknya, kita banyak hitungan bisnis, tapi akhirnya usaha tak pernah muncul-muncul, dan hanya sekedar ide. Akhirnya saya buka bimbingan belajar Primagama. Begitu juga, ketika saya buka restoran Padang Prima Raja, saya juga meniru kesuksesan restoran Padang Sari Ratu di Jakarta.

Ini beda dengan tradisi sistem pendidikan kita di sekolah. Jadi yang namanya nyontek dilarang keras. Padahal, menurut saya orang nyontek itu kratif. Nyontek dalam bisnis itu sah-sah saja. Maka Bambang Rahmadi nyontek membuka McDonald-nya lewat franchise bisa sukses. Begitu juga pengusaha Pizza Hut, Kentucky Fried Chicken, dan masih banyak usaha lainnya.

Usaha mereka makin jadi besar juga bukan karena modal besar. Sebaliknya mereka sukses dari modal kecil. Memang tak sedikit tantangan atau kegagalan yang dialaminya. Tapi semuanya dilalui dengan sabar karena mereka ingin meraih sukses dalam usahanya.

Saya yakin, kita pun bisa demikian. Kalau orang lain maju usahanya, kita semestinya harus maju pula. Oleh karena itu menurut saya “Kita tak usah khawatir dengan resiko bisnis kalaupun itu muncul”. Hadapilah dengan sabar dan penuh percaya diri. Kita harus yakin pada usaha kita.

Memang benar apa yang pernah dikatakan Peter F. Drucker, bahwa, “ Sebenarnya tiap orang dapat belajar jadi entrepreneur sukses”. Sebab untuk jadi entrepreneur tidak ada yang misterius. Buktinya coba kalau kita jeli, sebenarnya peluang bisnis di depan mata kita, yang kita jalankan. Namun, memang akhirnya kembali pada kita. “Beranikah untuk mencoba peluang tersebut?”

Saya jadi teringat dengan apa yang dikatakan oleh  Prof Rhenald Kasali PhD yang mengatakan "....menjalankan bisnis yang sama hanya akan menjadikan produk sebagai komoditi. Kemudian yang akan terjadi adalah persaingan harga....Jika semua orang melihat peluang yang sama, lalu memutuskan menjalankan usaha yang sama maka akan terjadi over supply....Jika terjadi over supply, pebisnis akan bermain harga dan akibatnya harga jatuh,"  

Menurut Rhenald, pebisnis perlu mencari diferensiasi untuk menangkap peluang bisnis yang bagus. Caranya, pebisnis perlu jeli melihat masalah. Pebisnis perlu memiliki multi perspektif. Meyakini bahwa di mana ada problem pasti ada solusi. Baca artikelnya dengan judul Jadilah Trendsetter, Bukan Follower.


Nah lho...kata  Purdie Candra menyontek bisnis itu sah-sah saja, sementara Prof Rhenald Kasali PhD menganjurkan untuk mencari deferensiasi, mana nih yang musti diikuti ?

Saya pikir keduanya bisa kita jalankan. Seperti Purdie Candra dalam artikelnya, beliau memang melakukan pencotekan dari bisnisnya (Primagama). Ini hanya pada sisi ide orisinalnya. Dia mencontek usaha orang lain yang bergerak dibidang bimbingan belajar atau les. Yang dicontek itu berada di Jakarta sementara beliau tinggal di Yogyakarta dan di daerah tersebut memang masih jarang ada institusi/lembaga pendidikan yang bernama bimbingan belajar pada saat itu. Belum ada yang mengenal malah. Jadi idenya memang menyontek tapi penerapannya yang beda. Tiap daerah pasti punya budayanya sendiri dan tiap orang juga punya karakternya sendiri. Meski Purdie Candra menyontek bisnis orang lain tapi beliau melakukan deferensiasi dengan melakukan perubahan-perubahan disesuaikan dengan karakter daerah dan karakter pribadinya serta penemuan solusi atas permasalahan yang muncul bersamaan dengan perjalanan bisnisnya. Dengan demikian apa yang dikatakan Prof Rhenald Kasali ada betulnya. Bahwa deferensiasi diperlukan dalam bisnis. 

So teman-teman kalau memang tidak punya ide bisnis boleh-boleh saja kok menyontek bisnis orang lain, tapi lakukanlah deferensiasi agar produknya tidak over supply yang akan berimbas pada permainan harga dan persaingan bisnis...


Semoga bermanfaat adanya.


Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

Mochamad Choliq Heru Purnomo.


Disadur dari sumber :





Disponsori oleh : 



Solusi tepat alih belanja pulsa Anda. Daftar GRATIS dan bonus MELIMPAH.









Selasa, 23 Oktober 2012

PRODUK KERAJINAN PELUANG BISNIS RUMAHAN UNTUK IBU RUMAH TANGGA



Bismillahirahmanirahim
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Sebagian  besar wanita yang sudah berumahtangga, harus meninggalkan pekerjaan kantoran yang telah ditekuninya karena tidak mendapatkan ijin dari suami atau keluarganya untuk melanjutkan pekerjaan yang telah ditekuninya. Menurut hasil survey, rata–rata para wanita meninggalkan dunia kerjanya, setelah beralih profesi menjadi seorang ibu rumah tangga. 

Mungkin bagi sebagian wanita hal ini merupakan keputusan yang cukup berat, karena mereka terbiasa beraktivitas dikantor dan sekarang hanya berkutat dengan pekerjaan rumah saja. Ditambah lagi banyaknya kewajiban rumah tangga yang menjadi tanggungjawabnya, membuat mereka tidak bisa lagi kembali bekerja fulltime sesuai dengan jam kerja kantoran.

Sebagai alternatif kini banyak dari mereka yang memilih untuk mencoba bisnis sampingan untuk disela–sela kesibukannya mengurusi anak dan suaminya. Dengan menjadi seorang mompreneur atau ibu rumah tangga yang memiliki usaha sendiri, mereka dapat berkarya dan mengembangkan diri mereka dengan kreativitas yang dimilikinya.

Alasan setiap wanita untuk menjadi mompreneur umumnya berbeda-beda, beberapa alasan yang memotivasi ibu rumah tangga untuk memulai usaha rumahan antara lain karena mereka ingin meringankan beban suaminya dengan memberikan pendapatan tambahan, alasan yang kedua karena mereka ingin menyalurkan hobinya, selain itu bagi sebagian dari mereka yang menjadi single parent memang membutuhkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya, bahkan ada pula yang mencoba usaha rumahan karena iseng untuk mengisi waktu kosong mereka selama di rumah.



Konsumen

Target pasar mompreneur adalah seluruh ibu rumah tangga, khususnya bagi ibu rumah tangga yang tidak bekerja dimanapun. Sehingga mereka memiliki waktu luang untuk menjalankan bisnis sampingan dari rumah, ditengah kesibukannya mengurusi keperluan rumah tangganya.

Info bisnis

Sebelum menjalankan bisnis ibu rumah tangga, usahakan untuk memilih bisnis yang sesuai dengan hobi dan keterampilan yang Anda miliki. Selain itu sesuaikan pula modal yang Anda miliki dengan besarnya kebutuhan modal yang dibutuhkan usaha tersebut, sebaiknya pilih peluang usaha modal kecil. Dan yang terpenting adalah jangan abaikan peran Anda sebagai seorang ibu rumah tangga, oleh karena itu pilihlah peluang usaha yang tidak menyita waktu Anda.

Peluang Usaha.

Berikut kami berikan beberapa contoh peluang bisnis yang dapat dicoba oleh para ibu rumah tangga :

Bagi para ibu yang hobi memasak, bisa mencoba peluang bisnis kue, bisnis katering, bisnis warung makan, bisnis makanan dan minuman (seperti bakso, soto, lotek, es jus, es buah,dll), atau bisa juga membuka bisnis kursus memasak.

Bagi ibu yang hobi menjahit, bisa memanfaatkan hobinya dengan membuka bisnis jasa jahitan, bisnis bordir, bisnis permak baju dan celana, atau membuka pelatihan
menjahit.


Bagi ibu yang hobi dengan tanaman, sebaiknya mencoba bisnis penjualan tanaman hias, atau bisnis persewaan tanaman hias.




Bagi ibu yang hobi dengan kerajinan, dapat mencoba menghasilkan karya kerajinan dari rajut, kerajinan daur ulang, kerajinan dari kain perca, bisnis aksesoris wanita, bisnis souvenir pernikahan, atau bahkan bisa juga membuka kursus pembuatan aksesoris wanita.

Bagi ibu yang hobi dengan kecantikan, bisa mencoba bisnis salon, bisnis jasa perias pengantin, atau bisnis kursus kecantikan.






Bagi ibu yang hobi dengan dunia fashion, dapat menjalankan bisnis butik, menjual buasana muslim, menjual baju anak, memproduksi baju atau jilbab, dll.
Atau bisa juga mencoba bisnis jasa seperti bisnis laundry, bisnis online, penerjemah, bisnis kost dan kontrakan, bisnis les privat, penulis, bisnis penyewaan buku, desainer grafis freelance, atau bisa juga menjadi reseller produk yang dibutuhkan para ibu rumah tangga.

Kelebihan bisnis

Karena berbagai bisnis tersebut bisa dilakukan dari rumah dan bisa dikerjakan pada waktu luang, maka para ibu masih bisa memberikan perhatian lebih bagi keluarganya. Disamping itu dengan adanya bisnis ini, dapat membantu memberikan tambahan pendapatan bagi keluarga tersebut. Sehingga dapat mencukupi kebutuhan rumah tangga yang setiap harinya semakin meningkat. Disamping itu bagi sebagian wanita, menjadi mompreneur merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya.

Kekurangan bisnis

Namun menjadi seorang mompreneur memerlukan pengorbanan ekstra, baik korban tenaga, pikiran, maupun mengorbankan waktu istirahat Anda untuk menjalankan bisnis
ini. Sebab dengan menjadi mompreneur, akan menambah kesibukan seorang ibu. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar untuk membagi waktu antara waktu keluarga, waktu untuk lingkungan sekitar, waktu untuk diri sendiri, dan waktu untuk fokus menjalankan bisnis. Kebanyakan mompreneur gagal dalam menjalankan bisnisnya, karena mereka belum bisa membagi waktu dan fokus mereka untuk urusan keluarga dan urusan bisnis mereka.

Pemasaran

Strategi yang digunakan untuk memasarkan bisnis ibu rumah tangga, bisa melalui promosi dari mulut ke mulut. Apalagi dengan adanya kebiasaan para ibu rumah tangga yang senang berkumpul untuk arisan dan berbagi cerita. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk mengenalkan produk rumahan kepada masyarakat sekitar. Selain itu banyak pula mompreneur yang memasarkan bisnis mereka melalui media online maupun media offline seperti majalah dan televisi. Ini dibuktikan dengan adanya liputan berita, yang meliput beberapa bisnis ibu rumah tangga sukses. Pemasaran juga bisa dilakukan dengan mengikuti berbagai pameran UKM yang sering diadakan di kota Anda dan sekitarnya. Dengan mengikuti pameran, biasanya sebuah produk akan lebih dikenal oleh masyarakat. Sehingga peluang pasarnya semakin luas.

Kunci Sukses

Yang terpenting, sebelum menjalankan bisnis sampingan sebaiknya diskusikan terlebih dulu kepada suami dan keluarga Anda. Sebab dukungan mereka sangat berpengaruh terhadap kemajuan bisnis Anda, selain itu Anda juga bisa berbagi pikiran dan peran dengan suami dan keluarga dalam menjalankan bisnis tersebut. Selanjutnya bisnis ibu rumah tangga juga membutuhkan fokus yang cukup tinggi, oleh karena itu pembagian waktu yang tepat antara bisnis dan keluarga sangat diperlukan untuk perkembangan bisnis ini. Tips yang terakhir, pilihlah usaha yang Anda sukai agar bisnis yang Anda jalankan tidak memberikan beban bagi Anda.




Semoga bermanfaat adanya.


Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

Mochamad Choliq Heru Purnomo

Sumber artikel dari Majalah Digital Bisnis UKM. Untuk memiliki majalah digital ini silahkan kunjungi website BisnisUKM.com. Download majalahnya gratis, dan petik manfaat dari ilmu bisnisnya serta dapatkan juga pula peluang-peluang usaha yang ada. Agar rutin mendapatkan masukan dari web ini saya rekomendasikan untuk menjadi anggota/member dari BisnisUKM.com ini. 
  

Senin, 22 Oktober 2012

Why Our First Love Never Die ????

                                         First Love - Nikka Costa



Bismillahirahmanirahim
Assalamu’alikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Kenapa bisa ada kalimat itu? Apakah karena cinta pertama sangat indah? Lebih indah dari cinta-cinta selanjutnya? Apa cinta terakhir sudah tak indah lagi? Jawabannya adalah, karena cinta pertama adalah cinta paling murni dalam sejarah perjalanan lelaki dan perempuan.

Cinta pertama bukan pacar pertama. Cinta pertama adalah saat kita jatuh cinta pertama kali pada seseorang. Biasanya pada usia belia. Bisa 10 , 12, 13 bahkan 8 tahun! Pada usia sehijau itu, kita bahkan tidak tahu apa itu cinta yang sesungghnya atau bukan. Yang jelas kita kasmaran pada seseorang. Tak bisa tidur. Lagu First Love-nya Nikka Costa sangat mewakili perasaan itu…. “Everyone can see…there’ s a change in me…bla bla bla”. ( Ingin tahu seperti apa lagu dan liriknya, silahkan klik Youtube di atas ).

Di usia sebelia itu, bayangan kita tentang cinta sangatlah indah dan mulia. Tidak ada bumbu seks. Boro-boro deh. Tepat sekali kalau diibaratkan cinta masa itu sebagai domba kecill yang cute dan innocent. Lembut, polos, kekanakan dan menggemaskan. Bebas dari dosa. Sungguh definisi cinta dalam arti paling murni.

Seiring waktu, usia tambah dewasa dan cinta pertama pun terlupakan. Menyusul cinta kedua, ketiga, kesebelas..ke sekian puluh…ke seratus..dan seterusnya. Kian angka itu bertambah, kian jauh dari gambaran indah. Ada seks, nafsu, obsesi materi, dan sejenisnya. Pada saat itulah, kenangan yang indah tentang manisnya, indahnya, dan tulusnya cinta pertama pun akan terkenang kembali, dirindukan kembali kehadirannya.

Kalau cinta pertama adalah domba yang imut, maka semua hal buruk-buruk yang menyelingi cinta berikut-berikutnya adalah serigala. Katakanlah seks itu serigala. Maka sekarang, di usia yang tak lagi belia, yang banyak beredar itu adalah serigala berbulu domba. Tambah sulit saja mengenali mana domba sejati. Bahkan mungkin tidak ada lagi.

Itulah mengapa dikatakan cinta pertama tidak pernah mati. Sebab memang cinta pertama dianggap cinta yang paling murni dalam  hubungan lelaki-perempuan. Tidak ada nafsu seks, obsesi kecantikan, ketampanan, kekayaan, ambisi ingin memiliki, dan sebagainya. Dan kini yang kita jumpai dimana-mana adalah serigala berbulu domba. Sungguh ironis!


Semoga bermanfaat adanya.


Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

Mochamad Choliq Heru Purnomo.


Disadur dari : SUMBER

Disponsori oleh :



Solusi tepat alih belanja pulsa Anda. Daftar GRATIS dan bonus MELIMPAH.