Kamis, 14 November 2013

Minuman Berkarbonasi dan Efek Negatifnya Untuk Kesehatan

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillahirahmanirahim




Beberapakali saya lihat teman-teman di tempat kerja saya membeli dan meminum beramai-ramai minuman berkarbonasi (bersoda), mereka membeli beberapa botol besar salah satu merek minuman berkarbonasi, kemudian bersama-sama meminumnya. Ketika ditawari saya hanya menggelengkan kepala sambil berkata :" Terimakasih...saya tidak minum minuman yang berkarbonasi...". Dan kemudian pertanyaan pun bermunculan dan terlontar dari bibir mereka....kalau sudah begini terpaksa harus membuka file memori dan memberi sedikit penjelasan kepada mereka semua.

Minuman bersoda/berkarbonasi memang menyegarkan untuk diminum, apalagi diminum di siang hari yang terik dan minumnya ditambah dengan es batu....aaahhhhh segaaarrrrr.....ya khan teman-teman penikmat minuman bersoda ?
Akan tetapi dibalik kesegaran tersebut, sadarkan teman-teman akan akibat buruk dari minuman jenis ini untuk kesehatan teman-teman semua ?




Detikfood telah merangkum berbagai gangguan pada tubuh akibat terlalu banyak meminum soda. Inilah daftarnya:


1. Obesitas, makan berlebihan



Baik soda biasa maupun diet soda, kandungan gula atau pemanis buatan di dalamnya bisa membuat lingkar pinggang membesar. Soda dapat mengubah metabolisme tubuh, dari membakar lemak untuk energi menjadi membakar gula. Tak heran jika orang yang meminumnya kesulitan menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Bahkan, konsumsi diet soda justru bisa memicu makan berlebihan. 

2. Kecanduan



Sudah tahu efek buruk soda tapi tak bisa berhenti meminumnya? Mungkin Anda sudah kecanduan seperti Zoe Cross, remaja asal Inggris. Karena terbiasa meminum delapan liter Coca-cola setiap hari selama empat tahun, ia harus dirawat di rumah sakit. Sebaiknya Anda segera menghentikan kebiasaan ini agar jangan sampai seperti Natasha Marie Harris, wanita asal Selandia Baru. Setiap hari, selama delapan tahun, ia meneguk 18 liter Coca-Cola dan tewas karenanya. Laura Schocker berbagi cerita di sebuah postingan blog tentang betapa sulitnya untuk menghentikan kebiasaan minum Diet Coke. Ia membutuhkan berbulan-bulan lamanya untuk melakukan detox dan dengan kemauan yang kuat untuk berhenti minum minuman ini.


3. Osteoporosis
  



Menurut berita yang dilansir Huffington Post (11/05/12), kandungan phosphoric acid dalam Cola biasa maupun diet dapat mempertinggi kadar asam di darah. Untuk mengembalikan keseimbangan dan menetralkan asam, tubuh mengambil kalsium dari tulang. Dibanding wanita yang minum selain Cola, mereka yang meneguk Cola tiga kali seminggu rata-rata kehilangan massa tulang hingga lebih dari 4%.


4. Sulit hamil, kelahiran prematur



Bagi Anda yang ingin atau sedang hamil, hindarilah soda. Pasalnya, konsumsi dua porsi soda per hari dapat mengurangi kemungkinan hamil hingga 20%. Saat hamilpun risiko melahirkan prematur meningkat 11-41% jika sering meneguk minuman manis seperti soda.

5. Penuaan



Soda mengandung fosfat. Saat diteliti pada tikus percobaan, mereka yang mendapat asupan fosfat tinggi hanya mampu bertahan hidup 8-15 minggu. Sementara itu, kadar fosfat rendah membuat tikus sanggup bertahan hidup hingga 20 minggu. Selain itu, tingginya kadar fosfat dapat merusak jaringan ginjal, otot, dan memicu gangguan jantung.

6. Sindrom metabolik dan lemak hati


 
Menurut Huffington Post (11/05/12), kelebihan gula dalam soda diubah menjadi jaringan lemak atau trigliserida dalam tubuh. Lemak ini meliputi organ seperti hati, sehingga muncullah masalah sindrom metabolik dan penyakit lemak hati. Di Amerika, 56% peminum diet soda rutin mengalami sindrom metabolik. Gangguan kesehatan yang juga disebut 'sindrom x' ini merupakan kumpulan faktor risiko terjadinya penyakit seperti serangan jantung, stroke, dan diabetes tipe 2. 

7. Diabetes tipe 2
  


Menurut data Nurse Health Study (11/05/12), wanita yang meminum satu minuman manis atau lebih per hari berisiko dua kali lebih besar terkena diabetes tipe 2. Pasalnya, minuman tersebut meningkatkan kadarfasting glucose dan resistansi insulin. Keduanya merupakan tanda pradiabetes.


8. Tekanan darah tinggi

 

Dibanding yang tak minum soda, mereka yang menenggak soda setiap hari berisiko 43% lebih tinggi pembuluh darahnya tidak bekerja dengan baik. Akibatnya, pengonsumsinya dapat mengalami tekanan darah tinggi.


9. Stroke


 

Para wanita sebaiknya mengurangi konsumsi soda berpemanis. Pasalnya, sebuah studi menyebutkan bahwa wanita yang minum soda setiap hari mengalamirisiko penggumpalan darah di otak sebesar 80%. Namun, angka tersebut tak begitu besar pada pria.


10. Jantung
  

Peneliti dari Harvard School of Public Health menemukan bahwa seporsi minuman manis per hari dapat menaikkan risiko jantung koroner pada pria hingga 20%. Mereka yang rutin meminum diet soda juga 40% lebih tinggi risikonya terkena serangan jantung atau stroke. Selain itu, kandungan gula dan kafein berlebih pada soda bisa membuat jantung berdetak dua kali lebih cepat dan kencang. Hal ini dapat memicu terjadinya serangan jantung dini.

Nah bagaimana teman-teman kayaknya tidak sebanding ya antara kenikmatan dan efek negatif dari minuman bersoda ini. Oleh karena itulah saya sudah lama tidak mengkonsumsi minuman yang satu ini.

Ada cerita dari salah satu teman di link pertemanan saya di FB. Teman saya yang satu ini suka makan makanan yang berlemak dan ditutup dengan minuman bersoda. Apa yang kemudian dia alami ? Dia mengalami stroke mata. Jadi lemak yang dikonsum bersamaan denga soda akan menggumpal dan jalan-jalan di pembuluh darah. Gumpalan lemak ini bisa berhenti dimana saja disepanjang pembuluh darah tersebut mengalir. Dan ketika menyumbat pembuluh darah dan membuatnya oecah maka terjadilah stroke. kebetulan teman saya ini pembuluh darah mata yang mengalami pecah. Hhmmmm....tidak sebanding khan antara kenikmatan dan sakit yang diderita ???

Bagaimana dengan teman-teman, masih akan lanjut untuk mengkonsumsi minuman bersoda/berkarbonasi ? Itu pilihan teman-teman sendiri....tapi kalau memang ingin tetap mengkonsumsinya resiko ditanggung sendiri yaaaa....jika kemudian menderita salah satu penyakit diatas jangan cemas saya ada solusinya kok...Mau tahu ? silahkan call saya di phone 083866947437 atau di email cholicm@gmail.com....

Semoga bermanfaat adanya.



Wassalam,
Salam sehat selalu

M C Heru Purnomo

- Owner of Duta Synergy
- Owner of Duta Dexon
- Owner of Duta Pulsa
- Co-Founder of Organic Duta
- Independent Distributor of Synergy Worldwide

Artikel diambil dari : SUMBER


Jumat, 01 November 2013

Strategi Menembus Pasar Luar Negeri Melalui Internet

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Bismillahirahmanirahim
 


Internet adalah sebuah jaringan komputer dunia, yang tidak mengenal batas antara negara. Kita bisa terhubung dengan siapa saja di belahan dunia lain melalui Internet dengan begitu mudahnya. Dengan karakter seperti itu, semestinya Internet dapat dimanfaatkan sebagai medium untuk menembus pasar ekspor. Kita bisa menenjual barang ke manca negara tanpa harus melalukan pameran di luar negeri atau bertemu langsung dengan calon buyer secara lansung.

Jika kita berhasil menembus pasar ekspor hanya melalui Internet, maka margin usaha kita akan tinggi, mengingat salah satu biaya terbesar eksportir adalah biaya promosi roadshow di luar negeri.

Bagaimana strateginya? Di bawah ini saya uraikan beberapa strategi mendasar yang wajib dilakukan.

Memiliki Situs Web yang Sesuai Pasar

Memiliki situs web adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk menembus ekspor via Internet. Melalui situs web inilah calon pembeli mendapatkan informasi selengkap mungkin mengenai siapa kita, barang apa saja yang diproduksi, berapa besar kapasitas produksi, bagaimana kualitas barang, serta informasi pendukung lainnya. Anggaplah ini sebagai catalog produk yang biasanya dicetak oleh para eksportir dan disebarluaskan ke calon-calon buyernya di berbagai Negara. Bedanya, di situs web kita bisa memperbarui produk-produk dengan mudah dan cepat sehingga calon buyer selalu mendapat informasi terbaru.

Tentu saja, situs web bukan hanya pengganti katalog produk. Situs web juga sebuah media komunikasi yang interaktif dengan calon pembeli. Oleh karena itu, situs web harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk berkomunikasi langsung, baik dalam bentuk email maupun chat.

Kecuali itu, karakter situs harus disesuaikan dengan karakter pasar. Jika ingin lebih mudah menembus pasar Eropa misalnya, desain situs web sebaiknya sederhana, klasik, tanpa animasi aneh-aneh, karena memang seperti itulah kebanyakan karakter desain Eropa. Sebaliknya, jika ingin menembus Amerika Serikat, karakter desain yang modern kreatif akan mempermudah orang Amerika untuk tertarik membuka situs web kita.

Untuk bahasa, apa boleh buat, bahasa Inggris adalah sebuah keharusan. Namun jika ingin lebih efektif lagi menembus Eropa, buat beberapa versi bahasa untuk negara-negara yang lebih nyaman dengan bahasa ibunya, misalnya Perancis dan Spanyol.

Search Engine Friendly

Pengguna Internet memiliki perilaku khusus dalam hal mencari informasi produk. Mereka tidak terlalu suka langsung masuk ke situs web sebuah perusahaan dan mencari informasi produknya di sana. Mereka lebih senang mencarinya melalui search engine seperti Google, Yahoo!, MSN Live dan lainnya. Statistik dari berbagai lembaga riset menunjukkan, sekitar 68% pengguna Internet mencari informasi produk melalui mesin pencarian.

Oleh karena itu, wajib hukumnya memiliki situs web yang search engine friendly. Situs yang memenuhi standar ini akan mudah dan cepat diindeks oleh berbagai search engine utama, seperti Google, Yahoo! dan MSN Live. Banyak perusahaan yang seringkali abai dengan hal-hal semacam ini. Perhatian mereka lebih terfokus pada tampilan indah tidaknya sebuah situs. Padahal, search engine friendly ini justru memiliki nilai startegis agar mudah dicari pengguna Internet.

Menguasai Keyword yang Tepat

Jika kita berjualan furniture, maka kita harus melakukan audit, apakah ketika pengguna Internet mengetik keyword atau kata-kata kunci yang berkaitan dengan furniture itu, situs kita berada di halaman hasil pencarian yang strategis? Tidak harus no nomor satu hasil pencarian. Berada di halaman satu hasil pencarian sudah cukup bagus. Bagaimana pun, pengguna Internet masih rela membaca hasil pencarian sampai halaman ke lima.

Meski demikian, penguasaan kata kunci pun perlu strategi khusus. Saya sering bertemu dengan pemilik situs yang bangga bahwa kata kunci nama domiannya menduduki nomor satu hasil pencarian di search engine. Sebenarnya itu hal yang biasa saja. Yang justru harus diriset dengan serius adalah, kata kunci apa yang diketik oleh calon buyer kita berkaitan dengan produk yang kita tawarkan. Ketika kita menjual handphone misalnya, akankah menggunakan kata kunci handphone, mobile phone, atau cell phone? Memahami istilah-istilah yang berkaitan dengan produk yang kita jual ke negara-negara tertentu amat strategis dalam menembus ekspor.

Promosi Online

Meski calon buyer akan datang dengan sendirinya jika situs kita search engine friendly dan menguasai keyword yang tepat, tetap saja sebuah web yang berorientasi penjualan harus dipromosikan dengan serius untuk mendapatkan pengunjung berkualitas. Sedikitnya ada tiga hal yang penting dilakukan.

Pertama, bergabung dengan e-marketplace dunia, seperti Alibaba.com, Globalsources.com dan eBay.com serta emarket place vertical yang sesuai dengan produk yang kita jual. Di tempat maya itulah para buyer dan seller seluruh dunia bertemu. Memang di sana persaingan amat ketat, banyak penjual produk yang sama dari negara lain atau bahkan dari sesama perusahaan Indonesia. Namun dari situlah kita akan mudah ditemukan oleh calon pembeli yang serius.

Kedua, bergabung dengan social networking dunia. Karena yang bergabung di social networking itu manusia, maka sebaiknya eksekutif perusahaan, bukan perusahaanya, yang bergabung ke socian networking itu. Jika ingin menembus pasar luar negeri, maka salah satu yang saya rekomendasikan adalah Linkedin.com. Inilah jaringan social dunia maya para eksekutif dan pebisnis dunia. Masuklah ke sana, bergabunglah dengan kelompok-kelompok orang yang diasumsikan membutuhkan produk kita.

Ketiga, promosi melalui Google Adwords, yang amat bermanfaat ketika kita tidak mampu menguasai keyword-keyword tertentu.

Paham Seluk Beluk Ekspor

Ini langkah strategis yang harus disiapkan jauh-jauh hari. Percuma saja kita mendapatkan banyak potential buyer jika kita pada akhirnya tidak bisa mengirim barangnya ke negara tujuan karena tidak paham prosedur ekspor. Hal lain yang harus jadi perhatian adalah soal pembayaran. Kita harus paham betul soal LC dan prosedur pembayaran gara jangan sampai kita tertipu. Selalu ada saja peluang kita ditipu oleh buyer yang mau menerima barang tapi enggan membayar. Apalagi di dunia Internet, di mana kita tidak pernah bertemu dengan buyer kita.

Oleh karena itu, lengkapilah diri dengan ilmu ekspor impor.

Selamat menembus pasar luar negeri melalui dunia maya!


*) Nukman Luthfie

Penulis adalah CEO Virtual Consulting, www.virtual.co.id, perusahaan konsultan strategi Internet.

Artikel ini dimuat di SWA


Semoga bermanfaat adanya.

Wassalam,
Salam sejahtera selalu,


M C Heru Purnomo


Owner of Duta Synergy
Owner of DUTA DEXON

Artikel diambil dari : SUMBER