Minggu, 13 Januari 2013

Tips Sukses Berjualan Online

Bismillahirahmanirahim
Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



Berjualan di dunia maya sudah bukan sesuatu yang aneh lagi. Dulu mungkin tak banyak orang yang melakukan hal ini, tapi sekarang hampir seluruh orang yang berjualan mulai merambah dunia maya.

Persaingan semakin ketat. Berbagai strategi pemasaran pun disiapkan dan dilancarkan demi meningkatkan profit. Tapi tidak usah khawatir, tersedia banyak ruang di dunia maya baik untuk veteran maupun pemula.

Mark Kirschner, Vice CMO Rakuten, salah satu situs belanja online terbesar di Jepang membagi tips untuk sukses berjualan melalui dunia maya. Berikut empat tips darinya yang dikutip dari Business Daily, Senin (4/6/2012).


1. Selalu sediakan yang terbaik


Berjualan di dunia maya itu seperti berbelanja minuman lewat mesin alias vending machine tapi berukuran super besar. Anda lihat, Anda bayar, Anda terima barang. Pihak penjual selalu berharap barang diterima konsumen tanpa cacat, dijual di harga terbaik sesuai spesifikasi. Supaya semuanya terpenuhi dengan baik ini sangatlah krusial.

Jika semuanya terpenuhi, maka Anda sudah siap untuk berjualan di dunia maya dan konsumen pun dipastikan akan mulai melirik Anda. Agar konsumen bisa setia, Anda harus menciptakan sebuah layanan yang tak terlupakan bagi konsumen.

Layanan seperti ini disebut Omotenashi oleh orang Jepang, yaitu layanan yang diberikan secara maksimal tanpa melihat bentuk barangnya, baik itu murah maupun mahal. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan bonus, diskon, atau hadiah kecil. Loyalitas konsumen itu tidak bisa dibeli dengan uang.



2. Biarkan pembeli punya kenyamanan berbelanja sendiri

Pembeli jaman sekarang tidak bisa 'dipaksa' hanya melalui iklan. Mereka terhubung dengan baik ke berbagai sumber di dunia maya, mulai dari blog, review, tweet dan bahkan Facebook. Penjual yang baik adalah yang bisa menyediakan barang dagangannya di berbagai media tersebut.

Kecepatan juga menjadi kunci dalam berjualan online. Respon penjual harus cepat tanggap dalam menyediakan barang yang diinginkan pembeli. Jika sedikit lambat saja, si pembeli biasanya sudah menemukan barang yang diinginkan di tempat lain.

 

3. Berceritalah kepada pelanggan

 


Internet adalah media yang sangat tepat untuk bercerita. Dengan memberikan kisah serta latar belakang toko, si penjual biasanya bisa menarik hati pelanggan lebih dalam dari hanya ketimbang memberikan diskon atau bonus.

Pelanggan selalu ingin tahu lebih dalam mengenai produk yang mereka gunakan, dan ingin percaya terhadap toko yang menjualnya. Berceritalah tanpa batas, mulai dari di blog, Twitter hingga Facebook. Jangan pelit gunakan ruang, pakai foto, video dan penghias laman lainnya.

Jangan sampai Anda hanya menjadi situs jual-beli yang kaku tanpa keinginan untuk menjadi teman dari pelanggan Anda.



4. Dekati teman Anda, tapi lebih dekati lagi musuh Anda

Jual-beli online semakin hari semakin marak. Inovasi-inovasi baru diciptakan banyak orang untuk menjaring pelanggan. Jangan tinggal diam, perhatikan juga apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda.

Amati perkembangan mereka dan cari langkah untuk bisa mengungguli mereka. Cari tahu bagaimana mereka memperlakukan pelanggan, melakukan promosi, sampai jenis barang yang dijual di situsnya.

Anda juga bisa memonitor perkembangan kompetitor melalui blog, Twitter hingga Facebook tadi. Jangan hanya fokus kepada 'musuh' saja, Anda juga harus pantau perkembangan pelanggan dengan lebih baik lagi.

 

Secara lebih terperinci Forum Buka Lapak.com memberikan tips sebagai berikut :

 

1. Berdoa kepada Tuhan YME dan minta ridho orangtua untuk berjualan, niscaya bisnis akan lancar.

 

2. Yakinlah pada kemampuan diri untuk sukses dalam berjualan karena kita adalah apa yang kita pikirkan.

 

3. Tanpa keberanian, kita tak akan maju maka berani mengambil tindakan dan resiko adalah perlu.

 

4. Buat target yang akan dicapai dalam berjualan dan jadikan itu sebagai motivasi.

 

5. Belajarlah dari orang-orang sukses dan carilah mentor sebagai konsultan dalam berjualan.

 

6. Yang penting bukan siapa yang kita kenal tapi siapa yang kenal kita. Perbanyak jaringan teman/bisnis.

 

7. Buatlah produk yang penuh keunikan untuk dijual seperti @maicih/@infomaicih dengan produknya yg berlevel.

 

8. Rumus sakti dalam berjualan: Amati, Tiru dan Modifikasi ( ATM )

 

9. Kunci sukses entrepreneur harus memiliki: inovasi, risk taking dan fokus.

 

10. Tambahkan 'sesuatu' pada bisnis jualan kita agar berbeda dengan kompetitor lainnya.

11. Berbisnis pada bidang yg kita cintai & mengerti tentang bisnis tsb, Insya Allah hasilnya baik. (Bambang Sutantio)

12. Buat rencana berjualan, mulai dari bentuk bisnis, promosi, target konsumen dan rekrutmen SDM.

13. Belajarlah pengelolaan keuangan dalam bisnis.

14. Minta feedback dari konsumen dan catat saran & kritik sebagai media pembelajaran dimasa depan.

 

15. Kejujuran adalah hal utama yang wajib dimiliki setiap penjual.

 

16. Mintalah rekomendasi dari pelanggan kita sebagai modal mendapatkan trust dari konsumen lain.

 

17. Jangan pernah menyalahkan konsumen, tak ada yang mau disalahkan jadi bijaklah bila timbul salah paham.

18. Buat skema harga produk yang menarik untuk konsumen.

19. Manfaatkan media sosial sebagai alat promosi.

20. Tak perlu minder pada umur.

21. Hindari berbisnis dengan tujuan uang, tapi bisnislah demi kebaikan semua orang. (Elang Gumilang).

 

22. Bangun kepercayaan pada konsumen, sehingga mereka loyal dan merekomendasikan jualan kita. 

 

23. Berikan sesuatu yang lebih dari yang kita janjikan, misal bonus/diskon/voucher tiap transaksi ulang. 

 

24. Jaga silaturahmi pada pemasok, karyawan/mitra bisnis lainnya krn tanpa mereka bisnis kita tak akan sukses. 

 

25. Selalu buat inovasi dalam berjualan, dari segi produk, harga ataupun teknik pemasarannya.

 

 26. Manfaatkan event besar di masyarakat sebagai media promosi, misal memberikan diskon akhir tahun jelang natal.

 

27. Bangun merek agar diingat orang.

28. Bantu konsumen temukan produk yang terbaik untuknya bukan menjerumuskannya demi profit kita semata.

 

29. Tak perlu ragu merekomendasikan produk kompetitor bila kita tak punya produk yg diinginkannya. 

 

30. Ingat 3S (senyum, salam, sapa) sebagai SOP pelayanan untuk tiap konsumen. 

 

31. Belajar dari penjual sukses lain spt para narasumber.

 

32. Ingat selalu berdoa dan sedekah agar bisnis kita dimudahkan Tuhan.

 

33. Lebih baik langsung melakukan tanpa rencana daripada terlalu banyak rencana yang tak dilakukan. 

 

Semoga bermanfaat adanya.

 

Wassalam,

Salam sejahtera selalu

M C Heru Purnomo

 

 Artikel disadur dari : 

1. finance.detik.com

2. forum.bukalapak.com

 


1 komentar:

Catatan Mas Heru mengatakan...

Sama-sama agan Adit Irawan yang tengah merintis jual baju gamis. Semoga bisa bermanfaat ya gan...