Kamis, 29 Maret 2012

12 Cara Menjadi Ibu Hebat

Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatulahi Wabarakatuh


3291223203 acbcce9483 m 12 Cara Menjadi Ibu Hebat
Ibu.

Apa yang terlintas di benak Anda saat mendengar kata itu?
Sosok perempuan yang darinya kita berasal? Pengurus utama rumah tangga? Wanita paling perkasa sekaligus paling lembut yang pernah kita kenal? Sosok multitasking? Ah, sepertinya berjuta kata tak akan pernah cukup untuk menggambarkan sosok ibu, ya?


Ibu memang tak tergantikan. Di pundaknya tersandang berbagai peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Tanpa ibu, kita tiada. Pola asuh yang diterapkan ibu pada anaknya memberi sumbangsih yang besar terhadap perilaku anak. Bagaimana anak berkembang di masyarakat, terkait apa yang ditanamkan padanya di dalam rumah. Tak hanya dituntut berperilaku baik, seorang ibu wajib mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada anaknya
Well, tugas seorang ibu memang berat. Sebenarnya, ibu tak selalu harus sempurna di mata anak,kok. Bagaimana pun, ibu hanya manusia biasa. Ada kala jenuh, capek, bosan, dan tak dapat menghindari stress. Semakin ibu berusaha untuk menjadi sempurna, semakin ia bisa merasa tertekan. Padahal, untuk menjadi ibu yang hebat di mata anak-anaknya ukurannya bisa sangat subyektif. Kebutuhan tiap anak/keluarga akan sosok ibu yang sempurna bagi mereka berbeda-beda.

Menjadi hebat, juga bukan berarti harus selalu nomor satu.

Beberapa penjabaran berikut ini mungkin bisa membantu Anda untuk menjadi sosok ibu hebat. Tapi sekali lagi, tips-tips ini bukan harga mati. Anda dan anak-anak Andalah penentu utamanya!

 1. Ibu hebat adalah ibu yang dicintai anak-anaknya.

Lalu, bagaimana agar ibu bisa dicintai oleh anak-anaknya? Syarat utama, tentulah ibu harus mengasuh anak-anaknya dengan cinta. Ya, sesederhana itu. Tapi penerapannya tentu tidaklah sederhana. Pemahaman akan cinta kadang diterjemahkan secara berbeda oleh ibu dan anak. Jika ibu dan anak tidak sepaham, yang terjadi adalah benturan.

 2. Bangun komunikasi yang santun dan  nyaman dengan anak.

2634681982 fe778d3a50 m 12 Cara Menjadi Ibu HebatCarilah tahu apa yang disukai dan tidak disukai, atau yang diinginkan dan tidak diinginkan oleh anak. Jangan sungkan juga beritahu apa keinginan dan yang disukai ibu. Ketidaksepahaman sudah pasti ada. Itulah gunanya komunikasi. Ajak anak mengobrol dengan santai namun serius. Jangan memaksakan kehendak ibu pada anak. Jika ibu punya nilai tertentu yang wajib dituruti, berikan penjelasan yang logis.
Satu lagi yang penting, biasakan untuk mengucap tolong, terima kasih, dan maaf.

3. Ibu harus menyadari betul bahwa ia tak bisa melakukan segala hal sendirian.

Yup, seorang ibu pun butuh bantuan orang lain dalam mengasuh anak-anaknya. Ada Suami, orang tua, saudara, dokter, guru, dll.

Mungkin ibu pernah berpikir, “Ah,saya bisa, kok! Biar saya saja yang melakukannya. Saya toh ibunya.”
Ya, tapi ibu juga bisa capek, bukan? Jika tubuh capek, pikiran dan perasaan pun tertular. Akibatnya, stress! Kalau ibu stress, siapa yang kena imbasnya? Ah, lagi-lagi anak!

4. Selami jiwa anak Anda.

Terkait dengan poin nomor 2, komunikasi yang lancar dan santai adalah jembatan bagi hubungan ibu-anak. Selain sebagai orang tua, tak ada salahnya ibu menempatkan diri sebagai sahabat. Akan menyenangkan bukan, jika ibu bisa selalu berbincang tentang masalah apa saja dengan anak?

5. Ceria dan Bugar.

Nah, agar ibu bisa selalu ceria, ibu harus menjaga tubuh dan pikiran tetap sehat. Makan cukup, hindari stress. Tak ada salahnya ibu memiliki me time atau waktu yang khusus digunakan untuk ibu menyenangkan diri sendiri. Istirahat cukup, ke salon, shoping, atau membaca buku tanpa gangguan anak untuk beberapa waktu bisa menjadi alternatif.

 6. Menyajikan makanan istimewa.

Tak pandai memasak? Anda pesan di katering, beli di warung makan, atau asisten rumah tangga Anda juga bertugas memasak? Jangan berkecil hati. Anda bisa memberi sentuhan personal pada makanan yang akan disajikan pada buah hati tercinta. Menyusunnya di piring dengan bentuk-bentuk yang lucu, misalnya.

Tapi, belajar memasak satu atau dua makanan yang disukai anak akan membuat anak lebih bahagia dan menghargai Anda, loh! Tak percaya? Coba awali dengan membuat makanan yang sederhana saja. Pancake misalnya, ibu pasti bisa membuatnya. Bubuhkan selai yang dibentuk hati atau tulisan I Love You di atas pancake.

Romantis, bukan?

4205827552 4de5885717 m 12 Cara Menjadi Ibu Hebat7. Memperhatikan riwayat kesehatan anak dan belajar menanganinya secara tepat.

Sedih sekali ya, kalau anak sakit? Kadang ibu panik, dan merasa bersalah karena merasa telah bertindak sembrono. Tiap anak itu unik. Kadang, penyakit yang sama pada anak yang berbeda, membutuhkan penanganan yang berbeda pula.

Misal, saat anak A demam, ibunya melakukan metode penyembuhan alamiah. Dengan kompres air hangat, dan obat-obatan tradisional. Cukup berhasil pada anak A. Tapi anak B mengalami kejang ketika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius. Apa pasal? Ternyata orang tua mempunyai riwayat kejang pada saat anak-anak dulu. Nah, untuk anak B, pengobatan alamiah tidak sesuai. Ia harus segera diberi obat penurun panas untuk menghindari kejang.

Dewasa ini, info-info seputar kesehatan mudah sekali didapat. Silahkan browsing di internet, dan tak usah sungkan bertanya langsung pada dokter anak langganan Anda.

8. Curahkan perhatian penuh saat sedang mengasuh atau berbincang dengan anak Anda.

Saking multitaskingnya, ibu kadang tak berkonsentrasi penuh pada anak. Saat anak balita bermain di sekitar Anda, perhatian ibu terbagi untuk mengerjakan hal-hal lain. Bahkan, di era gadget ini, hape menjadi barang yang lepas-lepas dari tangan. Jika anak anda balita, tentu Anda tak boleh lengah. Salah-salah anak terjatuh ketika luput dari perhatian. Tak kalah bahaya bila anak Anda remaja. Bayangkan jika anak Anda tengah curhat namun Anda justru sibuk dengan gadget. Bisa-bisa, anak Anda tak memercayai Anda lagi.
 Anda tak mau jadi ibu yang mencet-mencet handphone melulu saat tengah mengasuh anak, bukan?

9. Ciptakan waktu kebersamaan yang berkualitas.

Bagi ibu pekerja, kesempatan untuk bersama anak lebih sedikit.tak usah bersedih. Maksimalkan saat bersama anak Anda dengan komunikasi dan kegiatan yang intens. Tunjukkan betapa Anda sangat peduli dan menyayangi anak Anda.

Menelepon di sela-sela waktu kerja, atau sesekali membellikan oleh-oleh saat Anda pulang dari kantor merupakan salah satu bentuk perhatian yang menyenangkan bagi anak.

10. Terlibat aktif dalam kegiatan sekolah anak Anda.

Tanyailah anak Anda kegiatan dan kejadian apa saja yang berlangsung selama sekolah.Tanyakan juga kabar teman-teman dan guru-gurunya. Kalau perlu, Anda berkenalan dengan teman-temannya dan menjadi sahabat mereka. Jadilah ibu yang asyik bagi mereka.

Meski Anda ibu pekerja, sempatkan waktu untuk datang ke sekolah pada waktu-waktu khusus seperti pembagian rapor, rapat orang tua murid, atau pementasan dan lomba yang anak Anda ikuti.

11. Bersama suami, jadilah tim yang solid dalam mengurus anak Anda.

Kekompakan Anda dengan suami akan menjadi contoh teladan bagi anak Anda saat mereka membangun rumah tangga nanti. Meski perkawinan Anda tengah bermasalah, usahakan untuk bersikap baik dan saling menghargai di depan anak.

Bagi single mom, usahakan untuk selalu bersikap tegar dan gembira di depan anak. Karena perilaku positif, seeprti halnya perilaku negatif, itu menular. Tergantung pilihan Anda.

 12. Rekreasi

Apa yang lebih menyenangkan dari pada rekreasi? Melepas kepenatan dan rasa bosan akan rutinitas dengan berjalan-jalan ke taman hiburan, bioskop, musium, dan tempat-tempat menarik lainnya?
Rekreasi dapat mempererat dan menghangatkan hubungan antara ibu dan anak. Jadi, jangan tunda-tunda!
Banyak jalan menuju Roma. Banyak jalan lain untuk menjadi ibu hebat. Percayalah, jika hati Anda senantiasa tulus melakukan segala peran sebagai ibu, dengan sendirinya Anda akan berusaha memberikan yang terbaik.


Semoga bermanfaat adanya.

Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

Mas Heru


Disadur dari : SUMBER

Disponsori oleh : PULSAGRAM

Tidak ada komentar: