Kamis, 29 Maret 2012

ETIKA BERTELEPON

Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh



A. ETIKA BERTELEPON DALAM PROSES BISNIS

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan saat melakukan telepon di perkantoran/ bisnis perdagangan dari ciputra entrepreneurship.

1. Gunakan nama depan Anda saat memperkenalkan diri. Ini merupakan bentuk lain dari salam pembuka yang ramah dan hangat dalam standar bisnis profesional.

2. Jika klien atau pelanggan menelepon Anda duluan, cobalah untuk tidak membiarkan mereka menunggu terlalu lama. Bila Anda tidak bisa membantunya secepat mungkin, katakan padanya bahwa Anda akan menelponnya kembali.

3. Bersikaplah sabar dan bersahabat. Dengarkan secara seksama hal-hal yang klien atau pelanggan sampaikan. Hindari menyela atau melontarkan jawaban sebelum klien atau pelanggan menyelesaikan pembicaraannya.

4. Segera tindak lanjuti telepon dari klien atau pelanggan. Ini penting untuk meningkatkan kepercayaan dari mereka sekaligus menunjukan bentuk pelayanan terbaik dari Anda.

5. Cobalah untuk bersuara lembut dan ramah saat berinteraksi via telepon dengan mereka. Seringlah menyapa dengan menyebut namanya setiap kali Anda meneleponnya.

6. Tersenyumlah setiap kali Anda berbicara dengan di telepon. Karena, meskipun senyum Anda tidak terlihat, namun suara dan nada bicara Anda akan terdengar lebih menyenangkan jika dibandingkan dengan bicara tanpa tersenyum.

7. Hindari menerima telepon dengan terburu-buru. Jika Anda merasa tidak mampu menangani telepon yang masuk dengan baik, biarkanlah mesin penjawab yang menjawabnya sampai Anda benar-benar siap menerima telepon.

8. Tidak ada salahnya jika Anda ingin menelepon mereka hingga beberapa kali untuk menindaklanjuti beberapa proses bisnis atau memperkenalkan sebuah produk. Tapi jangan terlalu sering, karena bisa jadi Anda malah dicap sebagai pengganggu. Jika klien atau pelanggan merasa terganggu, risikonya Anda malah jadi kehilangan peluang.










B. ETIKA BERTELEPON DALAM KEGIATAN UMUM

1. Segera angkat gagang telepon sebelum telepon berdering utk yang ke 3 kalinya.

2. Jangan mengganggap bahwa panggilan telepon merupakan gangguan pekerjaan anda.

3. Berhati-hati agar nada kesal tidak terdengar pada lawan bicara anda.

4. Jawablah telepon dengan menyebutkan indentitas anda, sesuai kebijakan pimpinan.

5. Segera tanyakan dengan siapa saya berbicara dan tanyakan apa keperluannya.

6. Pada waktu anda menerima telepon, kata-kata yang diucapkan harus jelas, berilah penekanan pada
kata-kata secara beruntun.

7. Batasi pembicaraan di telepon secara pribadi karena urusan pribadi di kantor sangat tidak
menyenangakan bagi siapapun yang mendengarkan.

8. Apabila pimpinan anda tidak berada di kantor janganlah memberi tahukan di mana pimpinan anda berada.

9. Apabila anda menerima telepon untuk pimpinan tanyakan dulu pada pimpinan apakah beliau bersedia menerima telepon atau tidak.

10. Apabila pimpinan anda sedang berada di kantor tetapi sedang melakukan pembicaraan di telepon dengan orang lain, sedangkan ada telepon lain untuk pimpinan, tanyakan kepada penelepon untuk menunggu (apabila penelepon lebih memilih menunggu, jangan biarkan penelepon menunggu lebih dari 2 menit ) atau tanyakan apabila penelepon bersedia menelepon kembali.

Semoga bermanfaat.


Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

Mas Heru


Disalin dari : SUMBER

Disponsori oleh : PULSAGRAM





Tidak ada komentar: