Jumat, 30 Maret 2012

8 Sumber Pertengkaran dan Cara Mengatasinya

Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




Pertengkaran kerap terjadi dan menjadi bumbu dalam sebuah hubungan. Hingga batas tertentu, berbeda pendapat dan berselisih dengan pasangan sangat wajar terjadi.

Tahukah Anda, pertengkaran apa saja yang paling sering terjadi diantara pasangan? All Women Talk mengungkap, ada delapan pertengkaran yang umum terjadi dan cara menghadapinya :

1. Uang



Penyebab utama pertengkaran pasangan adalah masalah uang. Kekurangan penghasilan atau kebiasaan mengeluarkan uang kerap menjadi sumber ketegangan. Oleh karenya, bila telah menyentuh topik ini pastikan Anda berdua tak membiarkannya berlarut-larut, cari solusi yang disepakati bersama. Kecuali Anda ingin hubungan kalian terus memanas.
Sebenarnya kita bisa menjauhkan pertengkaran dari masalah yang satu ini. 

Caran Mengatasinya : Kita bikin bajet dalam setiap bulannya,jika kamu adalah seorang istri yang pintar dalam mengolah keuangan pasti semua akan berjalan dengan lancar tanpa harus bertengkar dan selalu ribut soal Uang. Pastikan kalau perhitungan anda mulai dari masalah dapur hingga pendidikan anak- anak anda adalah benar dan tepat maka kehidupan Rumah Tangga kalian akan selalu bahagia dan harmonis.  So....pandai - pandailah menjadi seorang Istri yang bisa mengatur keuangan dalam Rumah tangga, bukan malah membuat pusing Suami anda
.

2. Cemburu

Ketegangan hubungan berikutnya bersumber dari sebuah fakta umum : rasa cemburu. Kekasih yang berhubungan dengan wanita lain sangat mungkin membuat pasangan cemburu, walaupun mereka hanya teman biasa. Sama halnya bila Anda berhubungan dengan seorang teman pria. Setelah mengetahuinya, ingat untuk menjaga kecemburuan Anda agar tak berlebihan. Perlu diingat juga, jangan menyulut perasaan tak aman kekasih dengan terlalu dekat dengan teman pria.



Cara Mengatasinya : Baik wanita maupun pria,asal kalian bisa saling memberi kepercayaan pada pasangan anda maka hubungan yang kalian jalani akan selalu lancar dan baik-baik saja, tapi...dengan catatan ( Jangan pernah menyalah gunakan kepercayaan yang telah diberikan pada anda ) kalian harus bisa menjaga kepercayaan yang telah diberikan, bukan malah mengkhianati kepercayaan itu.

3. Ketidakcocokan

Kadang-kadang, Anda bisa merasa sangat cocok dengan seseorang namun merasa tak menemukan kecocokan lagi di kemudian hari. Jika kalian memiliki hidup berseberangan, bisa jadi kalian berdua memiliki kepentingan maupun gaya hidup yang berbeda. Saling berkomunikasi dan mencari titik tengah dari semua perbedaan ini dapat menyelamatkan hubungan. Namun, jika perbedaan kalian sudah terlalu banyak sehingga menimbulkan pertengkaran terus menerus, mungkin sudah saatnya mengevaluasi kelanjutan hubungan.



Cara Mengatasinya : Kita harus bisa pintar-pintar menempatkan diri kita pada posisi pasangan kita begitu juga sebaliknya yah.  Saling melengkapi, saling menghargai, saling mengisi maka ketidakcocokan yg tadi selalu kerap terjadi akan menjadi sebuah kecocokan yang tiada akan pernah terjadi lagi. So...,tutupilah kekurangan pasangan kita dengan kelebihan kita begitu juga sebaliknya.

4. Prioritas
 
Jika menjalin hubungan, prioritas Anda berdua bisa sangat mirip satu sama lain. Jika Anda memprioritaskan keluarga, si dia kemungkinan besar memiliki prioritas serupa. Bila karier sesuatu yang penting Anda, itu juga harus penting bagi pasangan. Ini adalah hal penting yang perlu Anda ingat jika berpikir menjalin hubungan jangka panjang bersama seseorang.


Cara Mengatasinya : Ajak pasangan kita dalam suasana yang cukup rilex,tanpa harus merasa ada beban sedikitpun. Bicaralah dari hati ke hati, bawalah suasana pada saat itu se-rileks mungkin, katakan, sayang...aku mau tanya apa prioritas dalam hidup kamu ? jika pasanganmu menjawab Pekerjaannya pasti dia mempunyai alasan kenapa dia memilih itu, tanyakan pada nya dan dengarkan alasannya jika memang alasan yang diberikan cukup menguntungkan dalam segala hal termasuk ada menyangkut dalam keluarga maka kita sebagai pasangannya harus bisa mengerti dan katakan padanya bahwa kita akan berjuang bersama, dan kita akan selalu mendukung serta memberi semangat dan yang terpenting Doa, karena keputusan prioritas yang diambil juga buat masa depan yang cemerlang buat kalian bersama.





5. Hubungan Seks

Tak dapat dipungkiri, hubungan intim bisa menjadi sumber pertengkaran dalam banyak kisah cinta. Pasangan pria ingin berhubungan seks lebih banyak sementara wanita merasa tak hanya mengurusi hal ini. Jika mengalaminya, cobalah melihat lebih dalam, mungkin ada makna yang lebih dalam mengapa kalian berdua melewatkan untuk berhubungan seks lebih sering.


Cara Mengatasinya :
Dalam hal ini memang sedikit sulit untuk dikatakan, ada beberapa pasangan yang suka melakukan hal ini ada juga yang menganggap tidak penting. Tapi perlu diingat bahwa hal ini mempunyai makna yang cukup penting dan dalam, hubungan kita pada pasangan kita akan jauh lebih harmonis lagi serta hari-hari yang kita jalankan akan mempunyai warna tersendiri, percayalah khusus untuk para wanita kehidupan kalian akan berubah dengan sendirinya, kalian akan lebih diperhatikan dan disayang sama pasangan kalian ..


6. Masa Lalu

Kisah masa lalu dengan mantan kekasih biasanya pemicu pertengkaran yang sulit diredakan. Ingat, masa lalu adalah masa lalu, Anda tidak dapat mengubahnya dan itu juga telah berakhir. Jika Anda berdua berselisih, jangan mengaitkannya dengan masa lalu. Hindari pula pertengkaran akibat masa lalu.


Cara Mengatasinya : Masa lalu ada yang menyakitkan ada mengesankan, jangan pernah membandingkan pasangan kita saat ini dengan pasangan kita sebelumnya/Mantan. Karena mereka berdua mempunyai kepribadian yang berbeda, sifat serta karakter dan gaya hidup yang berbeda. Mungkin sedikit banyak pasti kita masih memikirkan kebaikan serta kebahagiaan yang pernah diberikan oleh mantan kita semasa kita berpacaran dengannya, tapi itu semua sudah berlalu dan kita hanya bisa menyimpannya dalam hati kita, kita bisa menjadikan kebahagiaan masa lalu kita menjadi yang terindah. Tetapi alangkah baiknya kita jadikan masa depan kita saat ini bersama pasangan kita menjadi kebahagiaan yang tak terlupakan untuk selama-lamanya.

7. Stres

Semua orang di dunia bisa merasa tertekan. Hari-hari yang buruk di tempat kerja atau mengurus rumah jangan sampai terbawa saat bersama pasangan. Pasangan adalah orang yang membuat Anda relaks, bukan sebaliknya.



Cara Mengatasinya : Jangan membawa masalah kita ketempat2 yang tidak seharusnya kena getahnya,terutama pasangan kita. Alangkah baiknya jika kita mempunyai masalah kita bisa share dengan pasangan kita,bukan menjadi pelampiasan amarah kita. Bisa memiliki seseorang yang mau mendengar apa permasalahan kita jauh lebih baik daripada kita menyimpan sendiri.

8. Tempat Kencan

Sumber pertengkaran lainnya yang kadang dialami adalah pilihan kencan yang Anda dan pasangan inginkan. Anda ingin keluar, namun dia sangat nyaman berada di rumah. Atau sebaliknya, dia ingin menghirup udara segar sedangkan Anda ingin menonton televisi berdua saja. Bila mengalaminya, kompromi adalah jawaban yang adil. Anda juga tak ingin berkencan di luar sepanjang waktu atau hanya tinggal di rumah terus-terusan  bukan? Sekali-sekali, lakukan kencan sesuai keinginan Anda dan pasangan secara bergantian.



Cara Mengatasinya : Pertama - tama kenalilah sifat juga kepribadian pasangan kalian, apa maunya dan apa yang disukai olehnya, jika pasangan anda lebih suka berkencan diluar rumah sebisa mungkin anda ciptakan suasana yang romantis, buat acara kencan dinner kalian seromantis mungkin, karena itu akan menjadi moment yang tak akan pernah pasangan kalian lupakan sepanjang hidupnya. Contohnya : buat diacara dinner kalian sambil mendengarkan musik yang ia sukai, setelah itu ajaklah berdansa dan berikan ia bunga kesukaannya, maka malam dinner kalian pada hari itu akan menjadi malam yang terindah buat kalian.

Semoga bermanfaat adanya.

Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

Mas Heru



Disadur dari sumber di internet.


Disponsori oleh : PULSAGRAM





Tidak ada komentar: