Kamis, 22 Maret 2012

Promosi Yang Kreatif

 Bismilahirrahmanirahim

Assalamu ‘alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Semalam saya dimasukkan kedalam sebuah group yang masih ada kaitannya dengan bisnis. Adminnya menamakan groupnya dengan nama Pusat Promosi dan Informasi Rakyat Indonesia. Pada awalnya saya masih buta dengan group ini, kemana arahnya. Setelah saya buka profilnya ternyata disini boleh melakukan promosi apapun. Maka saya sarankan agar tdk hanya melakukan promosi tapi jadikan group ini untuk saling berbagi ilmu tentang bisnis.

Untuk membuka dan mengawali hal tersebut maka pagi ini (16/12/2011) saya coba untuk memancing tanggapan dari anggota group ini. Saya tulis di wall group ini :

"Topik hari ini :

''Promosi yg kreatif''

Ada masukan dari teman2?...

Monggo silahkan dibahas bersama2..."

Dan ternyata ada satu jawaban yang cukup menarik untuk kita pelajari bersama. Jawaban/komen ini ditulis Oleh salah satu membernya yang memakai nama Galeri Mazaya. Berikut ini tulisannya :

" ...Penjualan merupakan salah satu elemen terpenting dalam sebuah bisnis. Tanpa penjualan, maka tidak ada bisnis. Penjualan yang bagus juga didukung oleh pemasaran / promosi yang efektif. Tahukah anda bahwa promosi yang kreatif dan sedikit tidak lazim dapat dengan cepat melonjakkan penjualan produk anda?


Nah, berikut ini ada beberapa tips pemasaran / promosi kreatif yang Insya Allah bisa membantu meningkatkan penjualan bisnis anda. Mau tau? Berikut ini beberapa diantaranya:


1. Bikin sebuah produk edisi khusus dengan jumlah terbatas

Misalnya bisnis anda adalah menjual busana. Nah, bikin sebuah produk ekslusif berkualitas tinggi (ini penting! Jangan berkualitas seadanya) dengan harga premium yang hanya anda produksi terbatas (misalnya hanya 20 potong). Jika bisnis anda sebelumnya sudah punya pelanggan setia, tentunya mereka tidak akan keberatan untuk membeli produk eksklusif tersebut. Dan jika memang nantinya produk itu habis dalam waktu singkat, anda dapat mengulang strategi tersebut di kemudian hari, tetapi setelah rentang waktu yang cukup lama.


2. Berikan souvenir yang dapat dikumpulkan dan berhadiah heboh

Maksudnya adalah dari setiap penjualan produk kepada pelanggan, anda memberikan sebuah souvenir atau kenang – kenangan yang unik yang dapat dikumpulkan oleh pelanggan anda sampai batas waktu yang anda tentukan. Souvenir tersebut tidak harus mahal. Bisa berupa gantungan kunci dengan brand anda, jepit kuku, pembuka botol atau apapun yang unik! Contoh yang bagus dari kasus ini adalah Steak Hotel by Holycow. Para Carnivores (sebutan untuk para pelanggan mereka) yang makan di Holycow dianjurkan untuk mengumpulkan sebuah bendera kecil yang berlambangkan logo Holycow sebanyak – banyaknya untuk memenangkan sebuah hadiah yang heboh. Apa hadiahnya? Jalan – jalan ke Singapura melihat pembukaan cabang ketiga Holycow! Kan heboh tuh…!!! Udah gitu, pemenangnya ga diundi, tapi dilihat berdasarkan siapa yang paling banyak mengumpulkan bendera tersebut. Uang saku, biaya perjalanan dan hotel semua ditanggung Holycow. Nah, anda juga bisa mengadaptasi strategi tersebut untuk bisnis anda :)


3. Promosi berdasarkan umur
Jika anda ingin memberikan potongan harga atau diskon pada produk yang anda miliki, gunakan diskon sesuai dengan usia pelanggan pada saat mereka membelinya. Dijamin heboh! Seperti yang pernah dilakukan oleh brand lokal Sour Sally yang menjual frozen yoghurt. Ceritanya, dua hari sebelum Sour Sally merayakan ulang tahunnya, direktur pemasaran Sour Sally mengirim satu kali SMS ke lima nomor ponsel pelanggan Sour Sally di empat kota besar serta satu kali tweet melalui Twitter yang menginformasikan pemberian diskon sesuai dengan umur pelanggan. Walhasil pada hari ‘H’ nya semua outlet Sour Sally di Indonesia mengalami antrian panjang yang cukup heboh. Bahkan, lucunya sampai yang sudah kakek nenek juga ikut ngantri demi mendapatkan diskon tersebut.


4. Kemasan tidak harus mahal

Anda ingin produk anda dikemas dengan kemasan yang unik dan menarik, tapi pusing memikirkan biayanya yang cukup tinggi? Coba trik promosi yang satu ini. Anda beli kemasan yang anda inginkan dalam kondisi polos (tidak ada logo, tulisan atau apapun…yang penting polos), kemudian anda beli atau buat sebuah cap yang berlogo unik atau berlogo bisnis anda dengan ukuran yang cukup besar. Beli inkpad dengan warna cerah seperti merah, pink, hijau dsb. Selanjutnya, anda tinggal memberi cap untuk setiap kemasan produk yang hendak anda jual pada pelanggan anda. Kan unik tuh! Plus hemat lagi :) Cap ini akan lebih bagus jika bahan dasar kemasan tersebut terbuat dari kertas.


5. Brosur dengan daya tarik yang unik

Misalkan anda berniat untuk menyebarkan brosur tentang bisnis anda, nah buatlah brosur anda tersebut seunik mungkin sehingga memaksa orang untuk membacanya sampai tuntas. Contoh kasus berikut ini mungkin bisa menjadi inspiras yaitu bagaimana sebuah bisnis potong rambut (barber shop) yang ada di Amerika yang bernama 7th South of Hair yang sudah hampir bangkrut tidak bisa menghasilkan arus kas yang positif, apalagi menghasilkan profit. Akhirnya melalui sebuah agensi periklanan, mereka segera merancang program marketing yang terbilang unik, yaitu dengan mencari gambar - gambar orang yang terkenal dengan potongan rambut yang acak - acakan. Misalnya, foto Albert Einstein dikemas dalam bentuk poster dan mempunyai slogan yang cukup 'jahil': "Potongan rambut seperti ini akan membuat orang yang pintar pun menjadi kelihatan bodoh." Atau slogan lainnya dengan gambar uang kertas yang memuat seorang tokoh yang juga mempunyai rambut yang 'berantakan': "Potongan rambut seperti ini akan membuat Anda hilang dari peredaran...". Dengan kampanye marketing yang unik seperti itu akhirnya bisnis tersebut pun kembali bangkit dan menghasilkan profit dalam waktu yang singkat.


6. Mendatangkan kerumunan orang dengan cepat
Inti dari promosi ini adalah bagaimana mendatangkan orang ke tempat anda dengan cepat agar dapat anda menginformasikan tentang penawaran bisnis anda. Misalnya anda menjual busana, kerajinan, atau apapun juga di rumah anda, nah… coba anda buat sebuah acara makan skala kecil. Masak ikan atau ayam bakar atau sate atau apapun yang bisa dimasak di halaman rumah anda dan undang tetangga sekitar yang lewat atau kalau perlu telepon mereka agar datang dan menikmati ‘pesta’ kecil anda. Sambil ngobrol – ngobrol ringan, berikan informasi tentang bisnis anda. Lebih bagus jika anda mempunyai brosur. Cara ini dijamin akan cepat menyebarkan informasi tentang bisnis anda kepada lebih banyak orang. Contoh kasusnya adalah sebuah Bank yang berlokasi di Seattle, Washington Amerika sana. Mereka selalu mengadakan pesta barbekyu setiap hari Jumat sore. Sambil sang manajer bank memasak hot dog dan hamburger, banyak dari pelanggan mereka yang akhirnya mampir dan ngobrol dan kemudian menerima informasi tentang produk dari bank tersebut.


7. Menjual produk sampingan yang lagi ‘hot’

Jika bisnis anda belum begitu dikenal, coba strategi yang satu ini. Jual produk lain yang lagi trend saat itu dan digandrungi oleh orang dewasa maupun anak –anak, tetapi tidak berhubungan dengan produk / jasa yang anda jual. Misalnya bisnis anda adalah menjual bunga. Nah agar semakin banyak dikenal, coba anda jual misalnya mainan boneka dari tokoh terkenal seperti Mickey Mouse, Winnie the Pooh, Angry Birds dan sebagainya. Pasang iklan kecil di koran yang menerangkan bahwa toko anda menjual barang tersebut pada hari Kamis mulai jam 8:00 pagi. Atau anda bisa juga membuat pengumuman di sebuah spanduk yang dapat anda gantungkan di depan toko anda yang menerangkan informasi yang sama. Intinya adalah anda harus mengetahui terlebih dahulu produk – produk yang sedang trend pada saat itu dan bagaimana anda bisa memanfaatkannya untuk mendatangkan pelanggan ke toko anda.


Itulah beberapa tips promosi kreatif dan mungkin sedikit tidak lazim, yang bisa membuat penjualan produk atau jasa anda meningkat. Promosi tidak harus dengan memasang iklan mahal di berbagai media.Dengan trik diatas,anda dapat menghemat ratusan ribu atau bahkan jutaan rupiah untuk mempromosikan bisnis anda.Dengan cara–cara diatas, anda juga bisa dengan cepat meledakkan penjualan produk / jasa anda. Nah sekarang, cara bagaimana yang akan anda adaptasi? :)..."


Trik-trik berpromosi yang tidak lazim, tapi saya setuju dengan penulisnya, justru yang tidak lazim itulah yang akan menarik perhatian calon konsumen, yang pada akhirnya akan meningkatkan penjualan produk dari bisnis kita.

Selamat mempelajari dan selamat mencoba teman-teman.



Semoga bermanfaat adanya.

Wassalam,
Salam sejahtera selalu,

Mas Heru











NB :
Special Thanks to Galeri Mazaya


Disponsori oleh : PULSAGRAM

Tidak ada komentar: