Jumat, 30 Maret 2012

Personal Branding, Emang Perlu?

Bismillahirahmanirahim

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




Saya pernah membuat catatan tentang Personal Branding yang saya ambilkan dari pendapat Leonita Julian. Bagi teman-teman yang belum pernah membacanya silahkan klik DISINI. Apa dan siapakah Leonita Julian ini, silahkan ikuti artikelnya berikut ini.


=====oo000oo=====

Leonita Julian tak pernah menyangka bila apa yang dia capai saat ini sudah melampaui yang pernah dicita-citakan semasa remaja. Menjadi wanita yang memiliki banyak koneksi, berani tampil, dan bersuara. Saat ini, Leoni aktif sebagai pembicara dan konsultan personal branding. Berkat kepercayaan dirinya dalam menulis di leonisecret.com dia dipercaya sebagai Blogger Ambassador Acer 2010 dan 2011. Dan kini Leoni sedang menyiapkan buku perdananya.

Bagi Leoni, perjalanan menjadi wanita global seperti sekarang ini tidak pernah mudah. Bukan tentang persaingan, juga bukan tentang kesempatan. Leoni banyak berurusan dengan dirinya sendiri. Sejak remaja Leoni mengaku menjadi ‘’orang rumahan’’. Tak banyak kegiatan yang dia ikuti. Bahkan seringkali merasa malu untuk mengungkapkan dirinya. Untuk menjadi apa yang dia raih saat ini baginya seperti mimpi.

‘’Karena itu banyak di tulisan-tulisan saya yang mengajak anak muda untuk tidak malu dan menyerah bermimpi. Lihat saya aja. Saya sering meragukan kemampuan sendiri, tapi ternyata, saya bisa. Untuk bisa merealisasikan mimpi dibutuhkan keberanian dan kemauan untuk membuka diri,’’ kata Leoni. 


Langkah pertama yang dia lakukan, memiliki akun social media. Baik blog, facebook, dan twitter. Dalam tulisan-tulisannya di leonisecret, Leoni sering mengamati bagaimana social media mempertemukan beragam manusia, membentuk komunitas dan lifestyle baru. Setelah sempat bergabung dalam pertemuan teman-teman social media, nama dan tulisan-tulisan Leoni makin dikenal. ‘’Bertepatan dengan gempa Padang, saya membentuk aksi sosial bernama #aksisosialindonesiaunite yang menampung donasi dan menyalurkannya langsung. Dan dalam waktu satu minggu bersama @pandji kita berhasil mengumpulkan 30 juta,’’ kenangnya.

Dari berbagai aksi #indonesiaunite dan #aksisosialindonesiaunita yang dia lakukan, dia berkenalan dengan banyak tokoh yang dulu hanya jadi idola di majalah. Seperti Hermawan Kertajaya, Boris Sebastian, dan Nukman Luthfie. ‘’Kayak mimpi rasanya. Dulu cuma bisa baca tulisannya. Sekarang kalau ketemu cukup BBM-an (Black Berry Messanger),’’ katanya diselingi tawa. 

Leoni dan Personal Branding 

Menjadi berbeda dan berkemampuan adalah inti dari personal branding. Menurut Leoni, personal branding bukan politik pencitraan dan bukan tentang how to sell your self saja. Personal branding bicara tentang bagaimana seseorang melengkapi diri dengan kemampuan dan sisi unik yang ‘’menjual’’ dalam dirinya. ‘‘Personal branding itu tidak jaim (jaga image, red). Personal branding bukan tentang table manner. Karena yang dibutuhkan penampilan apa adanya bukan juga seadanya,’’ kata Leoni. 

Bagaimana menciptakannya? ‘’Kita harus tahu positioning. Dimana keahlian kita dan bagaimana posisi kompetitor. Kita kuatkan apa yang jadi karakter positif. Konsisten dan otentik. Orang akan melihat apa yang kita lakukan. Bukan sekadar yang kita bicarakan,’’ saran Leoni.

foto-foto : leonisecret.com

 =====oo000oo=====

Coba bayangkan teman-teman, wanita cantik ini yang masih tergolong muda tapi sudah mempunyai prestasi yang positif, minimal positif untuk pengembangan kepribadian diri sendiri. Hanya berdasarkan pada minat dan bakat menulisnya, serta berusaha untuk mengembangkan diri, yang dilakukan secara konsisten dengan passion/rasa cinta yang tinggi akhirnya bisa mengangkat nama dan citranya/brandingnya hingga menjadi konsultan untuk masalah-masalah branding ini. Sebuah pencapaian yang patut diacungi jempol. Bagaimana dengan teman-teman semua : Sudahkah teman-teman melakukan pengembangan diri dan personal brandingnya ?...lakukan segera dan sekarang juga sebelum waktu menahan laju perbaikan yang akan teman-teman lakukan...




Semoga bermanfaat.


Wassalam,
Salam sejahtera selalu,


Mas Heru




Disadur dari : SUMBER




Disponsori oleh : PULSAGRAM

Tidak ada komentar: